5 Tips yang Bikin Jualan Kamu Makin Laris | Telkomsel
BAGIKAN

5 Tips yang Bikin Jualan Kamu Makin Laris

Article
5 Tips yang Bikin Jualan Kamu Makin Laris

Padahal udah pakai platform digital, tapi kok usaha yang kamu jalanin masih gini-gini aja? Nah, mungkin ada yang salah tuh dari cara kamu memanfaatkan platform digital dalam menjalankan usaha. Emang sih, di era yang serba digital seperti saat ini, penting banget untuk go digital.

 

Dengan go digital, kamu bisa dengan mudah mengatur penjualan dan menjangkau pasar yang lebih luas lagi. Apalagi di masa pandemi dan new normal seperti saat ini, digitalisasi bisa membantu para pelaku UMKM untuk mengembangkan bisnis lebih baik lagi.

 

Namun, menjadi UMKM yang go digital tidak serta merta hanya memanfaatkan media sosial dan platform e-commerce. Berikut ini ada beberapa tips yang mungkin bisa kamu terapkan dalam membangun bisnismu secara digital.

 

Baca Juga: 3 Solusi Digital Marketing dan Digital Advertising di Masa Depan

 

Beradaptasi dan berinovasi

 

Perkembangan digital itu terjadi sangat pesat, lho. Buat kamu yang sudah terjun ke dunia digital, jangan sampai ketinggalan mengikuti arus perkembangan dari dunia digital itu sendiri. Kunci utamanya adalah untuk terus berinovasi dan beradaptasi dengan tren yang ada.

 

Misalnya, jika beberapa tahun yang lalu tren lebih ke arah media sosial Instagram, maka kini sudah saatnya kamu terjun menggunakan platform media sosial yang lain, salah satunya TikTok. Memang sih, bagi pemula kamu mungkin kesulitan untuk menggunakan platform baru. Tapi, hal tersebut bisa teratasi jika kamu terus belajar dan beradaptasi.

 

Pelajari perilaku konsumen

 

Tips berikutnya agar bisa survive di dunia digital adalah pelajari behavior atau perilaku konsumen. Nah, caranya adalah dengan melakukan riset pasar. Sebagai penjual kamu harus bisa menentukan posisi yang tepat dari produk yang akan kamu jual.

 

Di samping itu, kamu juga harus mengetahui apa yang sedang tren di pasaran, produk apa sih yang disukai oleh mereka, aktivitas digital seperti apa yang mereka suka, dan sebagainya. Bangun komunikasi yang baik dengan konsumen. Sebisa mungkin bikin postingan yang sifatnya engagement agar kamu juga bisa tahu nih feedback dan apa yang diinginkan oleh konsumen.

 

Baca Juga: Kuncie, Kunci Sukses buat Upgrade Skill Kamu

 

Edukasi manfaat dan fitur produkmu

 

Ketika ingin menjual sebuah produk, apalagi produk yang masih asing terdengar di telinga masyarakat, upayakan untuk memberikan edukasi. Yap, edukasi itu penting banget, karena tidak semua orang tahu akan produk yang kamu jual. Ada banyak cara yang bisa kamu lakukan untuk mengedukasi, seperti misalnya membuat deskripsi produk yang lengkap, baik di postingan media sosial maupun e-commerce.

 

Memberikan edukasi juga bisa dilakukan dengan cara berkolaborasi bersama selebriti atau influencer. Jadi, tak hanya bertugas mempromosikan produk, para influencer ini juga bisa dimanfaatkan untuk memberikan edukasi seputar produkmu dan membangun brand awareness.

 

Posisikan dirimu sebagai pembeli

 

Hal berikutnya yang wajib dilakukan kamu sebagai pelaku usaha adalah, jangan hanya memposisikan dirimu sebagai penjual, tapi juga sebagai pembeli. Kamu bisa membayangkan seperti apa produk yang kamu jual jika dilihat oleh orang lain, apakah terlihat bagus atau masih perlu ditingkatkan.

 

Maka dari itu, usahakan untuk menampilkan foto produk dengan good quality. Bikin juga deskripsi dengan pemilihan kata-kata yang eye-catching dan informasi yang lengkap, sehingga semua pesan dapat tersampaikan dengan baik ke calon pembeli.

 

Bikin usaha/produkmu trustworthy

 

Di zaman serba digital seperti saat ini, membangun kepercayaan di antara konsumen juga tak kalah penting. Karenanya, tips berikutnya yang bisa kamu terapkan sebagai pelaku usaha adalah membuat produk yang trustworthy. Hal ini karena ketika ingin membeli sebuah produk, orang akan cenderung melihat berbagai hal, mulai dari review produk, relevansi antara foto dan deskripsi, hingga memeriksa apakah si penjual reliable atau tidak.

 

Nah, selain bagus dari sisi penampilan dan marketing, kamu juga harus memeriksa kualitas produk dan menjaga pelayanan after sales. Jangan sampai mereka kecewa pada saat produk sudah kebeli. Nanti yang ada malah akan menjadi omongan dari mulut ke mulut.

 

Baca Juga: Mengenal TADEX dan Manfaatnya

 

Membangun bisnis digital itu sangat penting. Tapi, yang paling penting adalah bagaimana kamu mengembangkan potensi bisnis digital dan beradaptasi dengan segala perkembangan yang ada. Jangan pernah merasa puas dengan pencapaian sekarang ini. Selalu ingat bahwa digital berkembang sangat pesat, sehingga kita sebagai manusia modern harus selalu siap mengikuti zaman.

 

Nah, buat kamu yang punya usaha di bidang kuliner, fashion, dan kerajinan tangan, yuk kembangkan usahamu lewat program Digital Creative Entrepreneurs.  Kamu bisa belajar untuk scale up kemampuan digital agar usaha yang kamu jalankan makin siap bersaing di era yang kompetitif ini. Kunjungi dce.co.id buat lakukan pendaftaran ya!