Telkomsel | 22 November 2018
0 shares

                  5 Langkah Membuat Sticker Personal untuk WhatsApp

Tak bisa dipungkiri jika kita belakangan ini sangat bergantung pada aplikasi chat WhatsApp untuk berkomunikasi dengan orang lain maupun keluarga di rumah. Hanya bayar dengan data internet, kita bisa menelepon, melakukan video call, atau berkirim sticker agar komunikasi lebih berwarna.

Nah, waktu berkirim sticker saat ngobrol di WhatsApp ini, pernahkah terpikir bahwa gambar atau foto sticker itu bisa menggunakan wajah kita sendiri, atau wajah orang lain yang kita kenal? Lucu kan ngebayanginnya.

Sejak WhatsApp punya versi terbaru, tepatnya versi 2.18.357, banyak pengguna yang langsung meng-update. Pemicunya karena sekarang WhatsApp memungkinkan penggunanya berkirim sticker. Tak lama fitur itu diperkenalkan, keinginan pengguna yang menginginkan wajah mereka dijadikan sticker pun diijabah. WhatsApp punya sticker personal.

Untuk membuat sticker personal, yang menggunakan wajah kita atau orang yang kita kenal, yang dibutuhkan hanya 3 langkah. Sayangnya, ini hanya bisa untuk pengguna WhatsApp di Android, bukan iOS.

1. Siapkan lebih dari 3 foto dengan ekspresi berbeda-beda.

Sticker dikirimkan untuk mewakili ekspresi kita saat berkomunikasi. Oleh karena itu, kita harus mempersiapkan satu wajah dengan banyak ekspresi. Mulai dari bahagia, cemberut, marah, sampai menangis. Jika ingin membuat paket sticker dengan wajah anda sendiri, setidaknya ambil foto dengan lebih dari 20 ekspresi berbeda. Minimal 3. Kurang dari itu, WhatsApp tidak mau menerima.

Untuk mendapatkan hasil foto yang bagus, berfotolah di luar ruangan dengan pencahayaan matahari yang cukup, langsung ke arah wajah.

2. Tambahkan teks.

Sebelum background foto dikrop dan dijadikan sticker, tambahkan dulu kata-kata yang mengekspresikan sticker tersebut. Penambahan kata ini, bisa dilakukan lewat aplikasi edit foto. Namun jika tak ingin membebani smartphone, gunakan saja Instagram. Buka menu dimana kita biasa mempersiapkan InstaStory. Pilih gambar, lalu tambahkan teks atau sticker lain ala Instagram. Jika sudah selesai, jangan klik ‘Share’, tapi ‘Download’. Lihat di ‘Galler’y untuk meyakinkan diri jika foto tersebut sudah dibubuhi teks.

3. Unduh aplikasi background eraser

Hampir semua format file sticker berbasis PNG dan tidak memiliki background dalam gambar. Potong latar dalam foto sehingga yang tersisa adalah obyek yang ingin djadikan stiker. Lalu save foto tersebut dalam format PNG. Aplikasi yang digunakan untuk menghapus latar foto ada banyak. Salah duanya adalah ‘PicsArt’ dan ‘Background Eraser’. PicsArt bisa diunduh untuk menambahkan teks atau memotong background.

Sayang, jika Background Eraser gratis, Picsart berbayar.  Walaupun PicsArt menyediakan free trial selama 3 hari.

4. Unduh aplikasi Personal Sticker for Whatsapp

Personal sticker untuk WhatsApp bisa diunduh di Google PlayStore. Sepertinya hanya bisa di toko aplikasi tersebut karena di iPhone belum ditemukan. Saat aplikasi tersebut terbuka, secara otomatis akan mendeteksi dan menampilkan gambar-gambar berformat PNG yang ada di Gallery. Nah, dari situ, tinggal tekan tombol Add.

5. Pastikan kuota data internet cukup

Sebelum membuat dan berkirim sticker, hal yang paling penting adalah memiliki kuota data internet. Pakai saja simPATI Internet Vaganza. Dengan Rp99 ribu kamu bisa dapatkan 12GB kuota internet untuk 30 hari. Bisa internetan 24 jam di semua jaringan yang kualitasnya udah pasti terbaek! Atau cukup pantau terus paket-paket data lainnya yang sesuai dengan kebutuhannya, cukup cek dan aktivasi langsung melalui UMB *363# atau di aplikasi MyTelkomsel.

Kalau internet sudah mencukupi, buka aplikasi WhatsApp, sentuh tanda emoji dan cari menu sticker di posisi paling kanan. Usai kolom sticker disentuh, akan tampil kumpulan sticker yang tersimpan, termasuk personal sticker yang tadi kita buat.

Selain wajah kita sendiri, bisa juga membuat sticker dari wajah anak-anak kita, orang tua, sampai teman, dengan ekspresi lucu. Semua bisa asal ada stok foto berbagai ekspresi.


Related Blogs