INDICO dan Universitas Padjadjaran Berkomitmen Garap Digitalisasi Peternakan | Telkomsel
BAGIKAN

INDICO dan Universitas Padjadjaran Berkomitmen Garap Digitalisasi Peternakan

Article
INDICO dan Universitas Padjadjaran melakukan penandatanganan nota kesepahaman untuk mengeksplorasi digitalisasi peternakan

Bandung, 14 Agustus 2023 - INDICO, anak perusahaan Telkomsel yang berfokus pada pengembangan ekosistem digital, berkolaborasi dengan Universitas Padjadjaran (Unpad) dalam upaya menghadirkan solusi digital lintas sektor. Setelah sukses dalam pilot project pengembangan platform bisnis Digital Food Ecosystem (DFE) pada subsektor tanaman pangan di sektor agrikultur, INDICO akan memperluas ruang lingkup DFE dengan membangun solusi digital di subsektor peternakan.

 

Komitmen tersebut ditandai dengan penandatanganan nota kesepahaman antara CEO INDICO Andi Kristianto dan Wakil Rektor Bidang Riset dan Inovasi Unpad Prof. Dr. Ir. Hendarmawan, M.Sc. di Kampus Unpad Jatinangor, Sumedang, Jawa Barat. Dalam kolaborasi ini, INDICO berperan sebagai penyedia platform teknologi digital, sementara Unpad akan menjadi pelaksana aktivitas budidaya peternakan.

 

INDICO Pertanian

 

Keberhasilan pilot project DFE di subsektor tanaman pangan melalui komoditas padi baru-baru ini menginspirasi INDICO untuk memperluas cakupan dampak positif yang INDICO hadirkan ke subsektor yang lain. Peternakan merupakan salah satu subsektor yang berperan penting dalam pertumbuhan ekonomi nasional. Kementerian Koordinator Bidang Perekonomian RI menyebutkan bahwa subsektor peternakan memberikan kontribusi sebesar 1,58% terhadap Produk Domestik Bruto (PDB).

 

“Kolaborasi dengan Unpad menjadi langkah awal strategis kami dalam digitalisasi subsektor peternakan mengingat Unpad merupakan salah satu institusi yang memiliki pengalaman dan keahlian yang mumpuni dalam pengembangan solusi di subsektor tersebut. Melalui kolaborasi ini, kami optimis digitalisasi yang kami lakukan bisa memberikan manfaat yang eksponensial bagi ekosistem di subsektor peternakan. Ke depannya, kami berharap upaya kami ini bisa turut berkontribusi dalam memperkuat ketahanan dan kedaulatan pangan nasional,” jelas Andi.

 

“Digitalisasi peternakan merupakan salah satu inisiatif yang memperkaya upaya kami dalam memajukan subsektor peternakan. Melalui kolaborasi dengan INDICO, kami akan memperoleh kapabilitas yang dibutuhkan untuk mewujudkan digitalisasi tersebut. Kami sangat menantikan hasil optimal dari kolaborasi ini untuk memberikan dampak positif bagi seluruh pemangku kepentingan di subsektor peternakan,” papar Hendarmawan.

 

Dalam kolaborasi tersebut, INDICO dan Unpad akan mengeksplorasi potensi pengembangan solusi digital dalam budidaya kambing perah dan susu kambing. Kambing menjadi salah satu komoditas ternak dengan potensi yang menjanjikan, di mana permintaan akan produk olahan kambing selama ini baru terpenuhi sekira 30% dari kebutuhan nasional. Ke depannya, INDICO juga akan menjajaki peluang kolaborasi dengan Unpad di luar sektor agrikultur, termasuk sektor pendidikan melalui Kuncie, portofolio INDICO yang bergerak di sektor edutech.