Usaha Sampingan Anti Gagal dengan Menghindari Hal Ini

Big Match yang selalu dinanti dalam pertandingan Liga Inggris 2022/2023

 

Memiliki usaha sampingan sepertinya sudah menjadi hal yang biasa kita temui akhir-akhir ini, terlebih lagi dengan banyaknya waktu luang di rumah akibat terbatasnya aktivitas di luar rumah. Ada berbagai macam jenis usaha sampingan yang mulai bermunculan, mulai dari usaha catering makanan, bisnis kue kering, sampai pelayanan jasa seperti jasa desain.

 

Sayangnya, masih banyak usaha sampingan yang harus terhenti di tengah jalan karena satu dan lain hal. Kita simak beberapa hal yang harus kamu hindari agar usaha sampinganmu anti gagal, yuk!

 

1. Perhatikan Usaha Sampingan yang Kamu Pilih

Hal yang pertama harus kamu perhatikan saat memulai usaha sampingan adalah memilih ide atau jenis usaha sampingan yang akan ditekuni. Kebanyakan usaha sampingan yang sering kali gagal di tengah jalan disebabkan karena sang pemilik usaha hanya sekadar ikut-ikutan orang lain atau mengikuti trend tanpa disesuaikan dengan minat dan bakatnya. Jadi, usahakan untuk selalu memilih jenis usaha sampingan yang sesuai dengan kemampuan atau kamu senangi, ya.

 

2. Perencanaan Kurang Matang

Kalau diibaratkan, rencana awal adalah ‘jantung’ dari usaha sampingan yang akan kamu mulai, maka dari itu harus benar-benar diperhatikan. Meskipun usaha sampingan dilakukan hanya untuk mendapatkan penghasilan tambahan, tapi perencanaan yang matang tetap penting untuk dibuat untuk meminimalisir kegagalan. Selain itu, kamu juga akan menjadi lebih siap dalam menjalankan setiap proses dalam usaha sampinganmu. 

 

3. Menyepelekan Kompetitor

Wah, jangan sampai kamu menyepelekan kompetitor dalam menjalankan usaha sampingan, ya. Daripada menyepelekan, lebih baik jadikanlah kompetitor sebagai motivasi kamu dalam mencari inovasi-inovasi baru untuk usaha sampingan. Banyak lho, usaha sampingan gagal karena sang pemilik usaha memandang rendah kompetitornya, sedangkan sang kompetitor justru semakin fokus mencari cara-cara baru untuk mengembangkan bisnis. Be aware, guys!

 

Baca juga: Telkomsel Enterprise Dorong Komunitas Pelaku UMKM untuk Bisa “Go Digital” dalam Menjalankan Aktivitas Bisnis

 

4. Ingin Serba Cepat!

Salah satu kendala usaha sampingan yang kerap kali ditemui adalah adanya pola pikir ingin serba cepat ini. Sering kali usaha sampingan gagal karena pola pikir yang salah yakni ingin langsung sukses dan berhasil. Kamu harus memahami bahwa rintangan dan naik-turun dalam menjalankan usaha pasti akan ditemukan. Maka dari itu, daripada memiliki pola pikir yang keliru, lebih baik kalau kamu mempersiapkan beberapa rencana cadangan sebagai solusi jika usaha sampingan milikmu menemukan halangan atau rintangan. 

 

5. Tidak Mampu Mengatur Keuangan

Tujuan mendapatkan penghasilan tambahan bisa berujung tragis jika kamu kurang mampu mengatur keuangan. Salah satu cara yang bisa kamu lakukan untuk menghindari kegagalan dalam mengatur keuangan adalah dengan memisahkan uang pribadi dengan kas usaha sampingan. Selain itu, usahakan juga untuk tidak membeli barang-barang yang kurang dibutuhkan selama menjalankan usaha sampingan.

 

6. Kurang Jaringan

Percaya atau tidak, jaringan dan koneksi secara tidak langsung juga akan mempengaruhi keberhasilan usaha sampinganmu. Misalnya, kalau kamu memulai usaha sampingan dengan dana terbatas, dengan adanya koneksi, ia bisa membantu kamu dengan memberikan dana tambahan melalui investasi. Ruang gerak untuk melakukan eksplorasi pun kian luas dan kesempatan berkembang semakin besar. 

 

7. Sulit Menentukan Prioritas

Kesulitan menentukan prioritas ini akan mulai terasa ketika pekerjaan tetap sedang banyak-banyaknya sedangkan usaha sampingan tetap berjalan. Salah satu cara yang bisa kamu lakukan untuk mengatasi hal ini adalah dengan memanfaatkan waktu sebaik-baiknya. Coba untuk memanfaatkan waktu weekend-mu untuk mengelola usaha sampingan agar tak diganggu dengan pekerjaan tetap. Tapi, jangan lupa juga untuk tetap menyediakan waktu untuk beristirahat, ya.

 

Selain menghindari hal-hal di atas agar usaha sampingan terhindar dari kegagalan, kamu juga bisa belajar langsung lewat para pemilik usaha lokal Indonesia lewat Kuncie. Apa sih, Kuncie itu? Kuncie adalah aplikasi yang bisa kamu unduh untuk mendapatkan tips & trick menjalankan usaha hingga menikmati berbagai video tutor langsung dari para pemilik usaha di Indonesia seperti Pamela Wirjadinata, Putri Tanjung, hingga Sandiaga Uno. 

 

Bukan itu aja, kamu juga bisa memulai ‘Learning Plan’ atau rencana pembelajaran yang pas buat bisnis kamu. Jadi, tunggu apalagi? Yuk, download Kuncie di Google Play Store atau App Store sekarang!

 

Temukan paket terbaik khusus untuk Anda