Temukan Platform untuk Mulai Bisnis Online di Sini!

Big Match yang selalu dinanti dalam pertandingan Liga Inggris 2022/2023

 

Kini, bisnis online bisa dilakukan oleh siapapun selama ada niat dan komitmen yang tinggi untuk memulai dan mempertahankannya. Tapi, dimana ya platform yang tepat untuk memasarkan bisnismu?

 

Platform yang tepat tentunya akan bisa menghasilkan keuntungan pula untuk bisnismu. Penting untuk memilih dengan baik saat memulai bisnismu supaya kamu bisa mengurangi waktu yang habis untuk cek platform satu-satu.

 

Maka dari itu, kamu perlu riset yang mendalam pada masing-masing platform yang ada untuk memilih secara tepat. Kamu bisa pilih satu atau beberapa platform untuk berbisnis sesuai kebutuhan bisnismu.

 

Fyi, ada berbagai platform untuk bisnis online yang bisa kamu pilih sekarang ini! Beberapa di antaranya yaitu sebagai berikut:
 

  1. Website
    Kamu bisa membuat sebuah website dengan nama toko online-mu. Di dalam website tersebut, isi dengan deskripsi tokomu dan berbagai produk dari tokomu beserta deskripsi masing-masing produk. 

    Dengan platform ini, kamu bisa mengatur fitur serta tampilan website sesukamu. Misalnya, kamu bisa memasukkan fitur memesan dan lacak pesanan. Dengan fitur ini, calon pembeli bisa membayar langsung dari website dan melacak pesanan mereka.
     
  2. Blog
    Jika kamu belum memiliki modal yang bisa dialokasikan ke website khusus tokomu, kamu bisa pakai blog terlebih dahulu. Dengan fitur yang hampir mirip dengan website, kamu bisa menginformasikan dan mengiklankan produk-produkmu. 

    Perbedaannya adalah adanya tulisan blogspot atau wordpress di link yang dibuat sehingga bisa terlihat kurang profesional dan meragukan untuk customer. Jadi, kamu perlu memastikan bahwa blogmu terlihat profesional serta keterangan tokomu diperjelas ya!
     
  3. Online Marketplace
    Di online marketplace seperti Tokopedia, Bukalapak, Shopee, Lazada, Blibli, dan sebagainya, kamu bisa mulai berbisnis dengan cukup mudah. Pengguna e-commerce tersebut pun biasanya sudah cukup familiar dengan tampilan platform tersebut tanpa kamu perlu repot-repot mengubah tampilannya seperti saat pembuatan website maupun blog.

    Cara memulainya juga terbilang mudah. Kamu tinggal buka tokomu kemudian siapkan produk-produk beserta deskripsi dan varian produknya. Lalu, pengguna e-commerce tersebut akan memilih produk yang mereka inginkan. Jualan online di marketplace ini sudah umum dilakukan banyak orang, dari pemula hingga yang sudah berpengalaman.
     
  4. Media sosial
    Berjualan di media sosial bisa terbilang mudah namun juga sulit karena untuk mengiklankan produkmu, kamu bisa mengunggahnya di akun tokomu. Akan tetapi, beberapa media sosial belum menyediakan tempat untuk memesan, sehingga pembeli tidak bisa langsung memesan dan melihat status pesanan di dalam media sosial tersebut. 

    Cara lain yang biasa dipakai adalah pemesanan langsung dengan menulis sebuah formulir pemesanan. Ini memang terlihat mudah karena tinggal mengisi formulir pemesanan dan bayar, namun kekurangannya yaitu kamu tidak bisa melihat status barangnya dalam sistem, seperti apakah sudah dikemas atau belum, dan lainnya. 

    Itulah mengapa banyak toko online yang menggunakan media sosial hanya untuk iklan, lalu mengarahkan pembeli ke aplikasi jual beli e-commerce. Namun, ada juga media sosial yang sudah menyediakan fitur jual beli.

 

Kamu bisa memilih dari daftar platform yang ada di atas untuk bisnis online milikmu. Carilah yang cocok dengan kebutuhan tokomu dan sesuai dengan modal yang kamu punya.

 

Sebelum memulai bisnis online, pastikan kamu belajar dari dasarnya, seperti tentang strategi berbisnis dan lainnya. Kegiatan belajar bisnis online kamu bisa ditemani oleh Kuncie dari Telkomsel.  Ada rencana pembelajaran juga yang sudah disiapkan serta video tutor untuk kamu pelajari.

 

Di 99% Usahaku dari Telkomsel, kamu bisa terjun ke digitalisasi UKM (Usaha Kecil dan Menengah) dengan berbagai produk bisnis. Platform ini bisa menjangkau pasar yang luas, lho! Produk lain dari Telkomsel yang bisa bantu bisnismu yaitu MyAds yang mengiklankan bisnismu ke seluruh pengguna Telkomsel secara spesifik dan tertarget.

 

Untuk menunjang aktivitas jual beli di internet, kamu pasti butuh kuota internet dan sinyal yang baik. Paket Internet Sakti cocok untuk menemani kegiatan bisnismu karena kuotanya besar dengan harga yang terjangkau! Atau bisa pakai paket Combo Sakti yang sudah termasuk kuota internet, telpon, dan SMSan!

 

Nah, pelajari bisnis online, pilih usaha yang tepat, pilih platform yang cocok, dan jalankan bisnismu dengan semangat, ya! Selamat mencoba!


Baca Juga: Tips Memulai Bisnis Online | Telkomsel

Temukan paket terbaik khusus untuk Anda