Platform Jualan Online Paling Diandalkan Pegiat UMKM

Big Match yang selalu dinanti dalam pertandingan Liga Inggris 2022/2023

 

Ada banyak marketplace untuk jualan online saat ini yang sedang berkembang di Indonesia. Cukup banyak juga pebisnis yang sudah mendaftarkan toko online mereka di beberapa marketplace, bukan hanya satu. Ini karena ada perbedaan segmentasi pengguna di masing-masing marketplace. Tapi, tahukah kamu marketplace apa yang paling diandalkan oleh pegiat UMKM di Indonesia saat ini? 

 

Menurut Hasil Survei “Pemanfaatan eCommerce Paling Dipercaya dan Diandalkan oleh UMKM Indonesia 2022" pada 1000 responden UMKM online dengan umur 18 tahun ke atas yang berjualan di e-commerce oleh tSurvey.id dari Telkomsel, platform Tokopedia adalah e-commerce yang paling dipercaya untuk aktivitas penjualan online para pengusaha UMKM (Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah) Indonesia dengan persentase 76%. 

 

Dari survei yang sama, Tokopedia juga mendapatkan persentase tertinggi dengan 69% sebagai platform jual beli online yang memberikan pengalaman paling memuaskan bagi pengusaha UMKM. 

 

Aspek-aspek yang menjadi keunggulan Tokopedia dari hasil survei yang dilaksanakan pada periode 10 hingga 24 Juni 2022 tersebut yaitu:

  1. sistem pembayaran paling lengkap dengan 73%
  2. memberikan pengalaman paling memuaskan dengan 69%
  3. memiliki pelayanan paling memuaskan dengan 68%
  4. memberikan pelatihan yang berguna bagi UMKM dengan 64%
  5. paling mendukung pertumbuhan UMKM dengan 62%
  6. paling sering digunakan untuk berjualan dengan 47%
  7. paling favorit untuk berjualan dengan 49%

 

Baca Juga: tSurvey.id Rilis Hasil Survei Pemanfaatan eCommerce Paling Dipercaya dan Diandalkan oleh UMKM Indonesia 2022

 

Pada perbandingan antar e-commerce untuk platform yang paling sesuai dengan pernyataan di survei, Tokopedia yang juga mendapat persentase terbanyak. Pernyataan tersebut meliputi tampilan user interface (UI) paling nyaman untuk berjualan online (70%), fasilitas logistik paling memuaskan (70%), layanan pusat resolusi terbaik (66%), dan paling mudah digunakan untuk berjualan online (70%).

 

Kesimpulan yang dapat diambil yaitu platform Tokopedia telah unggul menjadi platform yang paling dipercaya dan diandalkan oleh pelaku UMKM di Indonesia dari hasil survei 1000 responden yang merupakan pengguna Telkomsel. 

 

Detail geografisnya yaitu 60% responden yang ada di Jabodetabek, 30% responden non-Jabodetabek di pulau Jawa, dan 10% lainnya dari luar pulau Jawa. Berdasarkan gender, 60% dari responden adalah laki-laki, dan 40% lainnya merupakan perempuan.

 

Perusahaan e-commerce lokal ini berhasil mendapatkan persentase tertinggi dari responden pada setiap pernyataan yang ada di survei tersebut dibandingkan platform lain yang ada di survei. Hasil berdasarkan data survei ini dapat menjadi referensi bagi para pegiat UMKM Indonesia untuk menentukan platform yang akan digunakan dalam melakukan jual beli secara online nantinya.

 

Para pelaku usaha online dapat memilih aplikasi untuk jualan online yang sesuai dengan kebutuhan masing-masing. Aspek-aspek perbandingan pada Tokopedia dan platform lainnya di survei ini juga bisa jadi referensi kamu yang ingin mulai bisnis. 

 

Kalau kamu berminat untuk mulai bisnis online dan ingin tahu lebih dalam mengenai bisnis online dahulu, kamu bisa belajar dengan Kuncie dari Telkomsel karena ada tips and tricks berbisnis, video bisnis singkat, dan rencana pembelajaran. 

 

Kalau mau coba langsung berbisnis ke akses pasar yang lebih luas dan digitalisasi UKM (Usaha Kecil dan Menengah), ada fitur 99% Usahaku. Kamu juga bisa beriklan dengan menggunakan MyAds dari Telkomsel. Nantinya, iklanmu bisa tersebar ke pengguna Telkomsel secara spesifik dan tertarget. 

 

Untuk paket internet bulananmu dalam berbisnis maupun kegiatan lainnya, kamu bisa pakai paket Internet Sakti yang menyediakan kuota yang besar dengan harga yang terjangkau. Paket bulanannya juga sudah termasuk kuota nonton! Menarik banget pasti untuk kamu yang suka nonton berbagai film dan serial dari Indonesia, Amerika, Korea Selatan, maupun negara lainnya!

 

Ada pula paket Combo Sakti yang sudah termasuk kuota internet, SMS, dan telepon. Paket ini dapat kamu gunakan untuk kegiatan sehari-hari. Selain combo, paketnya juga memiliki kuota internet yang besar dan bisa disesuaikan dengan kebutuhanmu!

 

Sekarang, kamu sudah mengetahui platform jual beli online apa yang paling populer di Indonesia. Melihat data yang ada, kamu bisa mulai bisnis online-mu dengan platform ini. Walaupun begitu, kesuksesan bisnis UMKM-mu tetap ada di tanganmu ya! Jadi, selalu semangat dan berkomitmen dalam merintis usahamu!


Baca Juga: Go Digital, Kiat Sukses Rintis Bisnis UMKM Zaman Now

Temukan paket terbaik khusus untuk Anda