Pentingnya Watermark TikTok untuk Content Creator

Big Match yang selalu dinanti dalam pertandingan Liga Inggris 2022/2023

 

Watermark TikTok punya peran penting lho untuk para content creator! Beberapa dari kamu mungkin merasa kalau watermark sedikit mengganggu keindahan dari video atau foto yang sedang ditampilkan, tetapi watermark memiliki lebih banyak kegunaan untuk dipakai dibanding kekurangannya.

 

Apa sih watermark itu? Telkomsel jelaskan sedikit ya. Watermark adalah tanda air yang biasa digunakan untuk menandai sebuah hasil karya, bisa berupa foto, video, dan lainnya supaya orang lain yang melihat karya tersebut dapat mengetahui penulis atau pembuatnya. Biasanya, ada nama, inisial, logo, atau username yang ditampilkan pada sebuah watermark. Namun, ada 2 (dua) jenis watermark secara umum:

 

  1. Visible Watermark
    Watermark jenis ini paling banyak ditemukan sehari-hari, seringkali pada gambar, video, ataupun dokumen. Disebut sebagai visible, alasannya adalah karena watermark dapat dilihat dengan jelas karena bertujuan mencegah pencurian sekaligus mengenalkan sebuah brand

 

  1. Digital Watermark
    Sebagai watermark yang lebih modern, digital watermark tidak dapat dilihat hanya dengan indra penglihatan saja karena watermark ini disisipkan dalam sebuah data, gambar, atau karya. Ini bertujuan untuk menunjukkan tanda kepemilikan. Biasanya, kamu dapat menemukan watermark jenis ini digunakan oleh lembaga perbankan atau berita untuk mengidentifikasi sumber maupun mengautentifikasi medianya.

 

Penggunaan watermark ini adalah sebagai tindakan preventif pencurian karya yang memang sudah tidak asing lagi. Watermark melindungi dari pencurian karya dengan menunjukkan identitas kreator konten yang membuatnya. Pentingnya watermark di konten TikTok ini membuat para kreator konten harus menggunakan watermark pada hasil karya mereka serta mengharuskan para pemilik dokumen penting untuk menaruh watermark di dokumen mereka.

 

Di TikTok, kamu sudah bisa mendapatkan watermark untuk kontenmu secara otomatis ketika mengunduh video TikTok apapun, bahkan video TikTok-mu sendiri. Tampilan watermark dari unduhan TikTok saat ini yaitu logo aplikasi TikTok dan username pembuat video di bawah logo tersebut. Lokasi watermark berada pada pinggir-pinggir video.

 

Baca Juga: Kolaborasi TikTok dan Telkomsel Dukung Masyarakat Lebih Kreatif

 

Manfaat dari watermark TikTok itu sendiri ada beberapa, di antaranya yaitu sebagai berikut:
 

  1. Membuat branding untuk pembuat konten
    Penggunaan watermark TikTok bisa mengenalkan kepada audiens tentang siapa pembuat konten tersebut dan dapat menjadi sebuah brand awareness dari konten kreator.

 

  1. Menunjukkan aplikasi apa yang digunakan
    Khususnya pada TikTok, watermark yang ada menunjukkan logo aplikasi TikTok. Ini membuat audiens mengetahui aplikasi apa yang digunakan untuk publikasi konten video tersebut. Hal ini dapat mendorong audiens melakukan instalasi aplikasi tersebut untuk menemukan konten-konten menarik lainnya dari pembuat konten tersebut maupun kreator konten lainnya.

 

  1. Menghindari pencurian hasil karya
    Dengan menggunakan watermark pada hasil karya maupun dokumen, konten digital yang rentan terhadap pencurian bisa lebih dilindungi. Dengan begini, watermark akan menempel pada hasil karya atau dokumen sehingga ketika diambil tetap ada identitas pembuatnya. Namun, akhir-akhir ini juga banyak kasus terkait pencurian digital walau sudah ada watermark. Jadi, kamu harus tetap berhati-hati ya!

 

  1. Menjadi media promosi
    Tentunya dengan pemakaian watermark ini, kamu dapat mengumumkan kepada audiens bahwa kamu suka membuat konten atau karya. Ini bisa jadi ajang promosi karya-karyamu lainnya. Dengan begini, bisa saja audiens jadi tertarik berkunjung ke akun TikTokmu untuk melihat karya-karyamu yang lain, kan? Apalagi kalau audiens sudah menyukai kontenmu, bisa saja mereka akan menjadi penggemar setia hasil karyamu!

 

Nah, penggunaan watermark untuk TikTok dan aplikasi apapun penting ya! Lebih baik mencegah daripada mengobati, kan! Sebagai tindakan preventif, kamu bisa menggunakan watermark pada hasil karyamu, ya! Buat yang mau main TikTok tapi ngga punya kuota, Telkomsel mau menawarkan paket Ketengan TikTok nih! Mulai dari harga Rp 3.600, kamu sudah bisa dapat kuota TikTok 1 GB untuk satu hari. Ada juga paket-paket lainnya yang bisa kamu cek di sini!

 

Bisa juga pakai paket OMG! Nonton dengan kuota streaming besar yang bisa kamu pake untuk aplikasi-aplikasi nonton! Ada juga paket internet bulanan bernama Internet Sakti yang bisa kamu pakai untuk internetan dengan kuota besar serta harga terjangkau. 

 

Nah, kamu sudah tahu kan pentingnya watermark bagi seorang kreator konten? Yuk, coba pakai watermark supaya hasil karyamu terjaga!


Baca Juga: by.U Berikan Kuota TikTok Everyday 1 GB untuk Dukung Kreativitas Creators Indonesia | Telkomsel

Temukan paket terbaik untuk Anda