Manfaat Olahraga Barre yang Jarang Diketahui

Big Match yang selalu dinanti dalam pertandingan Liga Inggris 2022/2023

 

Manfaat olahraga barre masih terhitung jarang untuk dibicarakan oleh masyarakat awam. Mungkin alasannya adalah nama ‘barre’ masih terdengar cukup asing dibandingkan dengan ‘balet’, ‘pilates’, dan ‘yoga’. Jadi, apa itu olahraga barre?

 

Olahraga barre adalah olahraga dengan gerakan kombinasi antara gerakan balet, pilates, dan yoga. Olahraga ini hampir mirip dengan tari balet dan cocok dibarengi dengan olahraga lain yang fokus kardio untuk meningkatkan kebugaran jantung dan paru-paru.

 

Saking miripnya dengan tari balet, olahraga barre umumnya dilakukan di sebuah studio. Alat yang digunakan untuk olahraga ini yaitu dancer bar layaknya tari balet. Tapi, kamu juga bisa melakukan olahraga barre di rumah dengan barang-barang yang kokoh seperti kursi. 

 

Baca Juga: ‘Medicaboo’ Permudah Akses Informasi untuk Pelayanan Kesehatan | Telkomsel

 

Dikarenakan olahraga barre adalah kombinasi tari balet, yoga, dan pilates, manfaat-manfaat dari ketiga gerakan tersebut bisa didapatkan dari olahraga ini. Berikut ini manfaat-manfaat olahraga barre:

 

1. Postur tubuh

Jika kamu mencari olahraga untuk memperbaiki postur tubuh, olahraga ini adalah jawabannya. Dengan melakukan olahraga barre ini, kamu bisa memperbaiki postur tubuh karena gerakan olahraga barre fokus ke arah pembentukan tubuh. Gerakan-gerakan olahraga barre membuat tubuh kamu menghindari posisi bungkuk sehingga terlihat lebih panjang. Postur tubuh ideal bisa mengurangi tekanan pada tulang belakang juga.

 

Bagian pinggul, bokong, dan paha juga bisa dikencangkan dengan olahraga ini, sehingga postur tubuh kamu bisa jadi lebih baik dengan otot bagian bawah tubuh yang kencang.

 

2. Fleksibilitas

Gerakan ini menggabungkan gerakan balet, yoga, dan pilates, sehingga fleksibilitas tubuh akan meningkat. Adanya gerakan-gerakan meregangkan badan akan sangat berpengaruh ke kelenturan atau fleksibilitas tubuh kamu. 

 

Dengan meningkatnya fleksibilitas kamu, resiko untuk cedera otot menjadi lebih kecil dan ruang gerak akan lebih besar. Ini cocok untuk kamu yang aktif bergerak. Kamu bisa say no ke pegel-pegel kalau kamu rutin melakukan olahraga barre ini.

 

3. Keseimbangan tubuh

Dengan gerakan-gerakan yang cukup tenang tapi pasti, dibutuhkan keseimbangan tubuh untuk melakukan olahraga ini. Otot yang difokuskan pada olahraga ini adalah otot pinggul, bokong, serta paha sehingga kamu bisa melatih keseimbangan tubuhmu. Dengan keseimbangan tubuh yang baik, postur tubuh kamu juga bisa menjadi lebih baik.

 

4. Kekuatan

Perpindahan gerakan yang kecil dalam olahraga ini bermanfaat untuk membuat tubuh lebih difokuskan untuk menggunakan otot-otot di area tertentu. 

 

Pertama kali mengikuti olahraga barre, mungkin kaki kamu bisa bergetar sebagai tanda bahwa tubuh kamu sedang beradaptasi. Jadi, jangan khawatir ya! Reaksi itu merupakan hal yang biasa dirasakan oleh orang-orang yang baru pertama kali melakukan olahraga yang fokus di otot.

 

Nah, setelah beberapa kali, kamu akan merasakan bahwa kekuatan tubuh kamu meningkat. Ini karena banyak gerakan yang akan menahan beban seluruh tubuh kamu. Sehingga, kekuatan otot bagian bawah tubuhmu akan sangat dilatih dengan olahraga ini.

 

5. Fokus

Dalam olahraga barre, kamu dilatih fokus agar gerakan-gerakan yang dilakukan bisa maksimal. Sebagai hasilnya, kamu pun bisa lebih fokus dalam kegiatan sehari-hari. Dilansir dari beautynesia, hormon endorphin juga bisa dikeluarkan ketika olahraga barre, sehingga kamu bisa memperbaiki mood kamu serta meningkatkan fokus. 

 

Tertarik untuk melakukan olahraga barre? Untuk permulaan, kamu bisa ikuti tutorial gerakan-gerakan olahraga barre di platform berbagi video karena sudah banyak yang membagikan cara-cara olahraga barre. Supaya lebih mengerti gerakan-gerakannya, kamu juga bisa ikut kelas olahraga barre dengan instruktur. Instruktur akan memperbaiki gerakan-gerakanmu supaya kamu menggunakan otot yang benar dan membuat postur yang baik untuk olahraga barre.

 

Gunakan paket Internet Sakti Telkomsel atau Combo Sakti untuk menonton video tutorial gerakan-gerakan barre. Konsultasikan juga kesehatan tubuhmu dengan dokter di Halodoc melalui Paket Sehat Telkomsel. Bila kamu penggemar olahraga, kamu juga bisa menggunakan paket MAXstream Vidio dari Telkomsel karena ada pertandingan-pertandingan olahraga LIVE yang disiarkan di aplikasi Vidio. 

 

Jadi, gimana? Olahraga barre terdengar menarik ya karena menggabungkan gerakan yoga, pilates, dan tari balet? Jika kamu mencari olahraga dengan manfaat-manfaat di atas, bisa banget untuk cobain olahraga barre. Yuk, cobain olahraga barre untuk postur tubuh yang lebih baik!

 

Baca Juga: Hidup Sehat Bareng Fita, Aplikasi Kesehatan dari Telkomsel

 

Sumber:

 

Temukan paket terbaik khusus untuk Anda