Kenali Apa Itu Franchise dan Tantangannya

Big Match yang selalu dinanti dalam pertandingan Liga Inggris 2022/2023

 

Dalam berbisnis, kamu akan kenal dengan istilah yang bernama franchise. Memang, apa ya franchise itu? Franchise merupakan sistem usaha waralaba. Kata franchise sendiri berasal dari dialek kuno bahasa Prancis yang artinya ‘keistimewaan’ atau ‘kebebasan’.

 

Arti Franchise

Di terjemahan bahasa Indonesia, franchise berarti ‘waralaba’. Wara artinya ‘lebih’, dan ‘laba’ artinya ‘untung’. Maka, waralaba berarti ‘lebih untung’ jika diterjemahkan secara harfiah.

 

Dalam bisnis, franchise artinya perjanjian pembelian hak dalam menjual produk dan jasa dari pemilik usaha. Pemilik usahanya disebut pewaralaba atau franchisor, sedangkan pembeli haknya bernama terwaralaba atau franchisee.

 

Sistemnya yaitu franchisor memberikan lisensi penggunaan nama brand dari produk, standar perlengkapan produksi, proses produksi, operasional, manajemen SDM, sampai pengelolaan keuangan kepada franchisee.

 

Baca Juga: Solusi Bisnis Terlengkap bagi Perusahaan di Era Digital

 

Franchisee harus memberikan imbalan kepada franchisor berupaya pembayaran royalti secara rutin. Franchisee (terwaralaba) dan franchisor (pewaralaba) harus punya STPW atau Surat Tanda Pendaftaran Waralaba.

 

Tantangan Franchise

Walaupun terdengar cukup mudah untuk dilakukan, bisnis waralaba atau franchise ini memiliki beberapa tantangan tersendiri yang harus diperhatikan. Berikut ini beberapa tantangan berbisnis franchise:
 

  1. Belum adanya standarisasi bisnis franchise
    Untuk memulai sebuah bisnis franchise, franchisor dan franchisee harus melengkapi berbagai persyaratan administrasi. Hal ini dilakukan demi menjaga kualitas franchise tersebut.

    Akan tetapi, standarisasi yang menentukan penegasan antara sistem franchise dan peluang usaha biasa belum ada di beberapa negara.
     
  2. Pertumbuhan yang pesat tanpa rencana yang matang
    Bila produk atau jasanya menarik dan unik, sebuah franchise bisa berkembang dengan pesat dalam waktu yang singkat. Franchisor harus sudah memikirkan rencana yang matang sebelumnya supaya pertumbuhan ini bisa diantisipasi dengan baik.

    Jika tidak dibuat rencana yang matang, sebuah bisnis franchise rentan untuk jatuh dalam waktu yang singkat juga. Ini karena pemilik usaha bisa saja kurang siap untuk menghadapi berbagai tantangan yang muncul saat perkembangan franchise naik pesat. 
     
  3. Risiko bisnis Franchise ditanggung oleh Franchisee
    Peran utama seorang franchisor pada bisnis franchise adalah memberikan lisensi kepada franchisee. Setelah itu, segala pengelolaan bisnis franchise harus diurus oleh pengelola usaha atau franchisee itu sendiri.

    Walaupun membawa nama brand besar, tidak semua bisnis franchise bisa untung. Ada banyak faktor yang bisa menentukan kesuksesan sebuah bisnis franchise.

    Nah, kalau rugi, risiko kerugian franchise akan ditanggung oleh franchisee atau terwaralaba. Maka dari itu, perlu pertimbangan yang matang untuk buat maupun join bisnis franchise, ya!

 

Tips Sukses Berbisnis Franchise

Salah satu tips sukses dalam berbisnis franchise yaitu mengatur strategi manajemen yang baik. Caranya bisa berupa menyusun proses rekrutmen, pelatihan keterampilan karyawan, hingga promosi bisnis.

 

Standar kerja dan sistem operasional yang ada di bisnis franchise juga harus dibangun dengan baik. Sebenarnya, keunggulan bisnis franchise dari bisnis tradisional sendiri adalah karena franchise mengacu pada standar.

 

Selain itu, kamu harus menunjukkan citra brand yang baik dari bisnis franchise kamu supaya bisa menarik konsumen. Misalnya, bisnismu memberikan pelayanan yang membuat para pelanggan terus melakukan kembali untuk membeli. Promo harga bisa juga jadi alternatif untuk menarik perhatian pada bisnismu.

 

Bisnis apapun pasti punya tantangannya tersendiri. Untuk franchise, beberapa poin di atas adalah tantangannya. Dengan mengetahui berbagai tantangan dari sebuah bisnis, kamu bisa menentukan apa kamu ingin lanjut atau menyempurnakan rencanamu sampai matang dahulu.

 

Kalau kamu mau buka bisnis franchise dan ingin bisa antisipasi tantangan-tantangan tersebut, kamu bisa belajar bisnis dari Kuncie. Di platform ini, kamu bisa mendapatkan rencana pembelajaran bisnis dan berbagai tips dalam berbisnis. 

 

Telkomsel juga punya platform beriklan bisnis bernama MyAds yang bisa kamu gunakan untuk memasarkan bisnismu ke pengguna Telkomsel. Iklanmu akan muncul secara tertarget dan spesifik.

 

Saat ini, banyak masyarakat yang mencari tahu berbagai informasi tentang sebuah toko dari internet. Kamu perlu membuat akun media sosial untuk bisnismu supaya mudah dijangkau oleh calon pembeli. 

 

Untuk menemani bisnismu, Telkomsel menyediakan berbagai paket internet, dari mulai paket dengan kuota besar dan harga yang terjangkau yaitu Internet Sakti hingga paket yang sudah termasuk kuota internet, SMS, dan telepon yaitu Combo Sakti. Ada juga paket lainnya yang bisa kamu lihat di MyTelkomsel. Sesuaikan paketnya dengan kebutuhanmu, ya!

 

Baca Juga: Tips Memulai Bisnis Online