Jadi Ini Manfaat Nonton Drakor bagi Kesehatan Mental

Big Match yang selalu dinanti dalam pertandingan Liga Inggris 2022/2023

 

Perhatian, perhatian untuk kamu-kamu yang suka nonton drakor! Ternyata, terdapat dampak positif drakor bagi kesehatan mental kamu, lho

 

Pernah gak sih kamu merasa kehilangan motivasi melakukan sesuatu dan nggak mood ngapa-ngapain aja gitu? Terus kamu maunya drakoran aja. Tapi, setelah drakoran, kamu merasa ingin produktif karena terbawa oleh karakter yang produktif. Kalau begini, drakor membawa dampak yang baik untuk kamu!

 

Memang, dampak positif drakor tidak hanya muncul di motivasi kamu untuk melakukan sesuatu, tapi juga terhadap kesehatan mental kamu. Inilah manfaat-manfaat nonton drakor bagi kesehatan mental:

 

1.     Mengurangi stress

Dengan nonton drakor, setidaknya kamu dapat refreshing dari stress yang sedang kamu hadapi dengan istirahat sejenak dan cari hiburan dengan nonton drakor. Faktor hiburan inilah yang menjadi alasan terbesar para penggemar suka nonton drakor.

 

2.     Kontrol emosi

Dalam sebuah drakor, karakter-karakter yang sulit mengontrol emosi akan setidaknya mengajarkan kita untuk mengontrol emosi. Di sisi lain, ada juga perasaan karakter-karakter dalam drakor yang bisa saja mencerminkan perasaan yang kamu sedang rasakan. Sehingga, kamu bisa lebih paham cara mengontrol emosi itu setelah memahaminya dari drakor.

 

3.     Dapat motivasi dan inspirasi

Drakor merupakan pembangkit motivasi dan inspirasi yang kuat, terutama untuk jenis drakor yang berkaitan tentang refleksi diri maupun drakor yang fokus dalam belajar atau bekerja. Dengan nonton drakor, kamu bisa terinspirasi untuk mencari pekerjaan yang sama dengan suatu karakter dan memikirkan ide-ide baru. Kamu juga bisa memotivasi diri kamu bahwa apabila kamu bekerja keras, kamu bisa memiliki peluang untuk mencapai suatu keinginanmu seperti yang karakter favoritmu lakukan.

 

4.     Bangun rasa percaya diri

Karakter di drakor juga banyak yang menunjukkan rasa tidak percaya diri, namun pelan-pelan menemukan cara untuk mengatasi rasa tidak percaya dirinya tersebut. Kamu bisa belajar bahwa semua orang pasti memiliki kekurangan, tapi kamu harus tetap memiliki rasa percaya diri dari drakor-drakor semacam ini.

 

Baca Juga: Telkomsel Gelar Awarding InternetBAIK dan Webinar Kesehatan Mental Keluarga di Era Digital

 

Drakor memiliki berbagai tema dengan alur cerita yang berbeda-beda. Ada juga lho drakor dengan tema kesehatan mental! Berikut ini judul-judul drakor bertema kesehatan mental yang dapat kamu tonton sebagai referensi:

 

1.     It's Okay to Not Be Okay (2020)

Drama yang dirilis tahun 2020 ini bercerita tentang seorang laki-laki yang merawat kakak laki-lakinya, penyandang disabilitas mental autisme, serta sering berpindah kota dari satu tempat ke tempat lainnya. Ia bertemu dengan seorang perempuan yang merupakan penulis buku anak-anak dan memiliki gangguan antisosial. Kamu bisa nonton drakor ini di Netflix: https://www.netflix.com/id-en/title/81243992

 

2.     Soul Mechanic (2020)

Soul Mechanic adalah drakor keluaran tahun 2020 yang menceritakan karakter utama dengan profesi psikiater yang sangat ingin membantu menyembuhkan luka emosional yang dimiliki orang lain. Ia memiliki semangat untuk membantu pasien yang datang kepadanya. Suatu hari, ia bertemu dengan bintang musik yang sulit mengatur emosinya, terutama marah. Kalau kamu mau nonton drakor ini, bisa klik di sini: https://www.viu.com/ott/id/id/all/playlist-fix_you_soul_mechanic-playlist-26269352

 

3.     Kill Me, Heal Me (2015)

Dalam drama Kill Me, Heal Me, terdapat seorang laki-laki yang memiliki banyak personality. Nama gangguan kesehatan ini adalah gangguan identitas disosiatif. Terungkap bahwa gangguan ini terjadi akibat trauma masa lalu yang dialaminya. Drama ini mengajarkan kita mengenai salah satu gangguan terkait kesehatan mental dan faktor penyebab gangguan tersebut. Kamu bisa tonton di Netflix atau di Viki: https://www.viki.com/tv/22811c

 

4.     Hyde, Jekyll, Me (2015)

Drama ini bercerita tentang seorang laki-laki yang memiliki gangguan kepribadian ganda (disosiatif). Gangguan ini membuatnya menjadi karakter lain saat detak jantungnya melebihi 150. Ketika sudah melebihi angka tersebut, ia akan berubah menjadi pria berhati lembut dan suka menolong. Seorang perempuan membuat detak jantungnya bertambah drastis. Tonton di sini untuk tau lebih lanjut tentang ceritanya: https://www.netflix.com/id-en/title/81027106

 

Baca Juga: Telkomsel dan Rumah Zakat Salurkan Bantuan APD hingga Sembako kepada Tenaga Kesehatan dan Pemulasaraan Jenazah COVID-19 di Indonesia

 

Jadi, kamu sebenarnya bisa sambil memperhatikan kesehatan mentalmu saat nonton drakor ya! Tapi tetap ya, apapun yang berlebihan itu tidak baik. Usahakan nonton drakor hanya di waktu luangmu sehingga tidak mengganggu waktumu untuk produktif dan melakukan hal lainnya! 

 

Untuk nonton drakor-drakor di atas, kamu bisa membeli paket VIU Premium, Disney+ Hotstar, dan Netflix dari Telkomsel. Beli sekarang untuk bisa nonton drakor-drakor bertema kesehatan mental di atas!

Temukan paket terbaik untuk Anda