Hal yang Harus Dihindari oleh Pemula Usaha Rumahan

Big Match yang selalu dinanti dalam pertandingan Liga Inggris 2022/2023

 

Tak dapat dipungkiri bahwa usaha rumahan kini mulai digemari oleh kebanyakan orang, bukan hanya dapat memberikan penghasilan tambahan, tapi banyak juga usaha rumahan yang ditekuni secara serius hingga menjadi usaha  yang menjanjikan. Melihat banyaknya peluang yang ada, usaha rumahan pun semakin gencar bermunculan, apalagi sejak banyaknya pemberhentian kerja yang terpaksa dilakukan oleh beberapa perusahaan yang sedang berjuang di masa pandemi Covid-19 ini.

 

Apabila kamu ingin atau bahkan sedang menjadi seorang pemula dalam menjalankan usaha rumahan, pembahasan di artikel kali ini nggak boleh kamu lewatkan. Yes, Telkomsel akan membahas beberapa hal yang harus dihindari pemula usaha rumahan. Langsung cari tahu di bawah ini, ya.

 

1. Kurangnya Rencana yang Matang

Hal pertama yang harus dihindari oleh seorang pemula usaha rumahan adalah kurangnya rencana yang matang. Rencana yang matang amat penting untuk memulai sebuah usaha rumahan, selain sebagai ‘pegangan’, rencana ini juga akan membantumu dalam menghadapi kendala yang mungkin ditemui kelak. Rencana yang matang juga dapat digunakan sebagai alat ‘track’ untuk melihat apakah usaha rumahan yang kamu sudah sesuai di jalannya.

 

2. Tidak Menerima Gaji

Banyak banget nih, yang memilih untuk tidak menikmati sedikit keuntungan dari usaha rumahan mereka dengan alasan agar bisa menggunakannya sebagai modal tambahan, padahal anggapan ini keliru banget. Dengan tidak menerapkan sistem gaji dalam usaha rumahan kamu, semangat dan motivasi untuk menjalankan usaha akan terus menurun. Nah, kalau mengambil terlalu banyak uang dari modal untuk keperluan pribadi juga berujung keliru. Maka dari itu, terapkan lah sistem gaji agar semuanya tetap sesuai. 

 

3. Tak Ada Rencana Cadangan

Meskipun telah membuat rencana utama dalam menjalankan usaha rumahan, amat penting bagimu mempunyai rencana cadangan untuk berjaga-jaga. Dalam menjalankan sebuah usaha, segala situasi mungkin terjadi, baik naik maupun turun. Jadi, alangkah baiknya apabila kamu sudah menyiapkan rencana cadangan agar dapat menghadapi situasi terburuk sekalipun. 

 

4. Mencampurkan Kas Perusahaan dengan Keuangan Pribadi

Seperti yang sudah dibahas pada beberapa poin di atas, penting untuk membedakan kas perusahaan dengan keuangan pribadi, jangan sampai modal usaha rumahan kamu justru dipakai untuk memenuhi kebutuhan yang tak berhubungan. Dengan memisahkan kas perusahaan dan keuangan pribadi, maka kamu juga akan menjadi lebih mudah menghitung pengeluaran, laba, ataupun kerugian yang dialami oleh usaha rumahan milikmu. 

 

5. Manajemen yang Kurang Memadai

Seorang pemilik usaha memang cukup pandai untuk membuat barang atau jasa yang ia ciptakan, namun terkadang kemampuan manajemen yang ia miliki masih kurang memadai. Dengan kemampuan manajemen yang kurang memadai ini maka ia akan mengalami kesulitan dalam mengelola aspek-aspek lain dalam menjalankan usaha rumahan seperti keuangan, pemasaran, hingga karyawan lain. Maka dari itu, mempelajari manajemen dalam mengelola bisnis juga merupakan suatu hal yang amat penting.

 

6. Kurang Memahami Kondisi Pasar

Memahami kondisi pasar juga merupakan salah satu faktor penting dalam menjalankan sebuah usaha. Apabila kamu dapat memahami permintaan pasar dan menyediakannya, maka usaha kamu juga akan cepat diterima. Dengan melihat lebih dekat kondisi pasar, kamu juga akan semakin cermat dalam melihat berbagai peluang yang ada. Maka dari itu, sering-sering lakukan riset terhadap pasar, ya.

 

7. Modal yang Tidak Memadai 

Kondisi ini sering kali dihadapi oleh pemula usaha rumahan. Rencana yang sudah matang dan baik pun tidak akan dapat direalisasikan dengan maksimal tanpa adanya modal yang memadai. Lalu, kita harus bagaimana, dong? Ada beberapa cara yang bisa kamu coba dalam situasi ini. Pertama, kamu bisa mencari relasi atau koneksi yang mau berinvestasi dalam usaha rumahan yang kamu buat. Tapi, kalau kamu mengambil langkah ini, pastikan kamu siap akan segala konsekuensinya dan bersungguh-sungguh dalam menjalankan usaha tersebut. Cara kedua adalah dengan mencari usaha rumahan alternatif sesuai dengan budget yang sudah kamu miliki. 

 

Menjadi pemula usaha rumahan memang bukanlah hal yang mudah, banyak sekali hal-hal yang harus kamu antisipasi juga naik turun dunia usaha yang tak bisa dihindari. Untungnya, sekarang kamu bisa belajar langsung dari para ahli lewat aplikasi Kuncie. Dengan mengunduh aplikasi Kuncie di App Store atau Google Play Store, kamu bisa belajar dan mengetahui lebih dalam tips & trick mengembangkan usaha dari pada pemilik bisnis lokal, sebut saja Putri Tanjung hingga CEO Fore Coffee, Elisa Suteja. 

 

Memulai usaha rumahan memang bukanlah hal mudah, tapi tak ada yang tak mungkin jika kamu terus semangat berusaha. Semangat, ya!

 

Paket InternetMAX