Cara Mendapatkan Uang dari TikTok untuk Pemula 1000 Followers

Cara Mendapatkan Uang dari TikTok untuk Pemula 1000 Followers

 

Faktanya jumlah pengguna TikTok di Tanah Air mencapai 99 jutaan orang. Ini berarti kita  berada di urutan kedua pengguna TikTok terbanyak di dunia setelah Amerika Serikat. Karena itu, jangan sampai ketinggalan untuk menjadikan aplikasi video pendek ini sebagai sumber cuan tambahan. Tapi bagaimana cara mendapatkan uang dari TikTok?

 

Yuk simak beberapa strateginya.

 

Bagaimana Cara Mendapatkan Uang dari TikTok

Mulai sekarang jangan cuma jadi penikmat konten di TikTok, tapi coba juga jadi creator untuk menambah penghasilan. Cara mendapatkan uang dari TikTok untuk pemula ini bisa jadi referensi kamu.

 

1. Menjual Official Merchandise

Produk merchandise bisa jadi ide menarik untuk dijual di TikTok. Kamu bisa jualan official merchandise misalnya dari idol atau girl group KPop populer seperti BTS, Stray Kids, Blackpink, dll.

Tapi kalau kamu sudah mempunyai banyak followers, kamu juga bisa menjual merchandise unik dengan desain-desain yang estetik untuk memonetisasi akun milikmu. 

 

Kalau modal yang tersedia nggak terlalu besar, kamu bisa menerapkan sistem PO alias pre order sehingga produksi barang hanya dilakukan sesuai permintaan.

 

Dengan berjualan merchandise kamu akan mendapatkan dua keuntungan sekaligus. Pertama profit penjualan, apalagi untuk produk khusus atau limited edition, dan kedua akunmu juga akan semakin terkenal.

 

Selain merchandise kamu juga bisa menjual produk lain dan mempromosikannya melalui TikTok. Nggak sedikit lho, creator TikTok yang gencar berpromosi dengan menyasar pengikut asal Indonesia. Alasannya tentu karena masyarakat kita adalah pengakses TikTok terbanyak kedua di dunia. 

 

2. Menjual Jasa kepada Followers

Nggak cuma barang, kamu juga bisa menawarkan layanan jasa kepada pengikut akun TikTokmu. Ini antara lain jasa titip barang kalau kamu memang penghobi traveling, jasa penulisan artikel, penerjemahan, desain, pembuatan website, dan sebagainya.

 

Opsi lainnya adalah membuka jasa agensi bagi para influencer TikTok. 

 

Tugas agensi adalah menjadi penghubung antara klien/pemilik brand dengan influencer yang relevan dengan image produknya.

 

3. Mengumpulkan Gift TikTok dari Live

Inspirasi cara menghasilkan uang dari TikTok selanjutnya adalah mengumpulkan gift yang bisa kamu dapatkan dengan melakukan live. Ketika followers merasa senang dengan materi siaran langsung kamu, mereka dapat mengirimkan virtual gift yang bisa ditukar dengan pembayaran dalam bentuk uang.

 

Agar live berlangsung lancar, kamu perlu memilih waktu yang tepat, yaitu ketika mayoritas pengikut tengah online. Selanjutnya kamu dapat memanfaatkan opsi analytics untuk mengecek wawasan calon audiens siaran langsung.

 

Semakin lama durasi siaran akan semakin baik, karena memberi kamu kesempatan untuk berinteraksi lebih dekat dengan audiens. Jangan lupa pastiin koneksi internet kamu stabil demi kelancaran live.

 

Terakhir, aktifkan filter gangguan yang berfungsi memblokir audiens yang melontarkan komentar bullying, spamming, dan sejenisnya.

 

4. Membuat Konten Bersponsor

Di TikTok ternyata kita dapat membuat konten bersponsor untuk mendapatkan bayaran. Kategori kontennya bervariasi dan dapat kamu pilih yang relevan dengan image akunmu. Cara ini sesuai untuk creator TikTok yang sudah masuk kategori influencer dengan jumlah followers besar.

 

Biasanya seleb TikTok atau selebritis media sosial lainnya mendapatkan penghasilan dengan kemitraan bersponsor dengan bayaran sesuai kesepakatan kedua belah pihak.

 

Selain bekerja sama dengan pemilik brand, sistem konten bersponsor ini juga banyak dimanfaatkan untuk menjalin relasi dengan instansi pemerintah atau institusi layanan publik.

 

Biasanya perusahaan atau instansi memilih influencer TikTok yang branding-nya relevan dengan citra perusahaan atau instansi terkait.

 

Misalnya kamu sebagai influencer TikTok mencitrakan diri atau mempunyai branding sebagai chef yang sering berbagi resep hidangan untuk followers. Dengan begitu kamu berkesempatan menjalin kemitraan bisnis dengan brand produk peralatan memasak, bumbu dapur, atau bahan-bahan masakan yang lain. 

 

Tujuannya tentu untuk mempromosikan produk di kalangan pengguna media sosial dengan konten buatanmu.

 

5. Membuat Kampanye TikTok Ads 

Cara cepat dapat uang dari TikTok kelima buat kamu adalah bikin kampanye TikTok Ads. Nggak berbeda dengan media sosial berbasis konten foto atau video, TikTok juga mempunyai fasilitas iklan berbayar yaitu TikTok Ads. Manfaatnya adalah untuk monetisasi akun pengguna agar menjangkau lebih banyak audiens.

 

Sesuai namanya, kamu perlu mengeluarkan dana terlebih dahulu untuk membuat kontenmu dilihat oleh semakin banyak pengguna. Dampak dari fitur ini akan semakin besar untuk akun dengan followers mulai dari sepuluh ribu.

 

Iklan berbayar di TikTok memungkinkan konten promosi baik penawaran produk maupun jasa dapat menjangkau konsumen tertarget dari berbagai kalangan.

 

Penutup

Biar fokus bikin konten-konten kreatif sebagai cara mendapatkan uang dari TikTok kamu perlu jaringan internet cepat dan dapat diandalkan. Telkomsel Orbit sebagai layanan broadband rumah yang menggunakan modem WiFi dan jaringan seluler dapat memenuhi kebutuhan ini.

 

Baca juga: Berbagai Cara Mudah untuk Membeli Modem Telkomsel Orbit

 

Keunggulan produk ini nggak cuma cakupan wilayahnya yang luas, tapi juga fleksibel karena kamu nggak perlu berlangganan. Dengan Telkomsel Orbit kamu tinggal beli kuota internet aja sesuai kebutuhan.

Klik di sini untuk mendapatkan informasi lengkap layanan internet jempolan yang satu ini.

 

Berbagai pilihan paket data