Cara Jualan Online Supaya Lebih Untung

Big Match yang selalu dinanti dalam pertandingan Liga Inggris 2022/2023

 

Jualan online merupakan salah satu opsi untuk mendapatkan penghasilan tambahan atau bahkan bisa jadi penghasilan utama di era teknologi sekarang ini. Ini karena kegiatan jual beli online sendiri sudah umum dilakukan banyak orang disebabkan kemudahannya. 

 

Banyaknya orang yang mencari barang secara online ini membuat banyak pebisnis melihat potensi jualan online dan mulai merambah ke pasar online. Dengan semakin banyak pilihan toko online yang tersedia, para pembeli pun akan semakin percaya untuk berbelanja secara online. Inilah alasan jualan online sedang viral di tahun 2022. 

 

Baca Juga: Bisnis Online dan Tips dan Trik Membangunnya di Era Digital

 

Nah, kamu sedang mencoba jualan online juga? Atau kamu mau ikutan jualan online? Di artikel ini, Telkomsel akan kasih tahu cara berjualan online yang bisa bikin jualanmu lebih untung! Simak poin-poin berikut, ya!

 

Cara Berjualan Online Lebih Untung

Yuk, catat tips-tips berjualan online supaya lebih untung berikut ini:

 

  1. Buat Unique Selling Point
    Pertama-tama, coba cari USP produk atau tokomu. Unique Selling Point (USP) itu apa ya? USP adalah keunikan produk yang kamu jual jika dibandingkan dengan produk yang dijual di pasaran.

    Contohnya yaitu ada berbagai kopi yang dijual di pasaran, dari harga yang cukup murah hingga mahal. Namun, kopi yang mahal tetap banyak pembelinya. Kenapa bisa begitu? Ini karena brand kopi tersebut memiliki unique selling point berupa kualitas premium. 

 

  1. Pelajari data yang ada
    Kemudian, kamu harus rajin mempelajari data yang ada, termasuk data penjualan dan promosi produk. Data merupakan faktor yang penting untuk berbisnis karena bisa menentukan strategi yang akan kamu gunakan selanjutnya.

    Data penjualan yang kamu dapatkan kemudian bisa kamu gunakan untuk mengetahui kebutuhan pelanggan saat ini. Misalnya, banyak pelanggan yang membeli produk A. Kamu bisa memperbanyak produk A dibandingkan produk lain karena kebutuhannya sedang banyak.

    Lewat data lainnya, kamu bisa tahu performa tokomu, seperti siapa yang tertarik pada iklan tokomu. Nah, kamu bisa memperbaiki strategi marketing-mu untuk disesuaikan dengan target pembeli tokomu.

 

  1. Pakai strategi Content Marketing
    Lalu, berbagai strategi content marketing bisa kamu gunakan untuk meningkatkan keuntungan yang kamu dapatkan. Content marketing adalah promosi yang fokus pada pembuatan konten. Konten yang dibuat bukan hanya berisi iklan produk tapi juga harus bermanfaat bagi para pelanggan.

    Pembuatan content marketing bisa gratis bisa berbayar. Untuk pembuatan konten yang gratis, kamu bisa menggunakan blog atau wordpress.

 

  1. Gunakan Paid Ads
    Keempat, manfaatkan Paid Ads. Salah satu cara yang terbukti paling efektif untuk meningkatkan keuntungan yang bisa kamu dapatkan yaitu dengan paid ads atau iklan berbayar. Dengan menggunakan iklan berbayar, kamu bisa menjangkau lebih banyak orang secara tertarget. Ini akan memudahkanmu dalam memasarkan produk.

 

  1. Coba strategi Word of Mouth
    Kelima, coba strategi bernama Word of Mouth. Terkadang, kamu lebih percaya dengan rekomendasi produk yang telah dipakai oleh temanmu dahulu dibandingkan iklan yang ada, kan? Nah, inilah yang dinamakan Word of Mouth

    Kalau kamu percaya dengan selera maupun perkataan seseorang lalu orang itu merekomendasikan suatu produk,  kamu bisa jadi lebih yakin untuk membeli produk tersebut. Maka dari itu, ada jasa influencer. Biasanya, hal yang direkomendasikan oleh seorang influencer besar bisa jadi sangat populer. Nah, kamu bisa pakai strategi ini untuk bisnismu!

 

  1. Tingkatkan visual dari brand
    Poin keenam yaitu visual brand. Tampilan yang atraktif akan menarik perhatian pula. Visual dari sebuah brand akan menjadi identitas brand tersebut dan melekat pada setiap produk yang dijual. Itulah mengapa visual yang baik dan unik diperlukan sebagai branding.

    Nah, penting sekali untuk memikirkan tampilan brand yang akan kamu pakai untuk bisnismu. Setelah menyiapkan visualnya, kamu bisa melakukan brand awareness supaya makin banyak orang yang mengenal tokomu ketika hanya melihat logo dan warna kemasannya. 

 

  1. Berikan promo yang menarik
    Terakhir, tawarkan berbagai promo. Promo merupakan hal yang paling menarik dari sebuah campaign bagi para konsumen. Dengan memberikan promo, akan lebih banyak orang yang mencoba untuk membeli produkmu. 

    Dengan begini, kamu bisa mengenalkan produkmu ke banyak orang. Akan tetapi, penentuan promo sebaiknya dipikirkan matang-matang supaya para pembeli akan melakukan repeat order nantinya. 

 

Itu dia ketujuh cara jualan online supaya bisnismu bisa lebih laris manis! Buat belajar berbagai strategi bisnis online lainnya, kamu bisa gunakan paket Kuncie dari Telkomsel, ya! Ada juga 99% Usahaku yang merupakan akses pasar yang lebih luas untuk berbisnis. 

 

Untuk menemanimu jualan online, kamu bisa pakai paket Internet Sakti atau Combo Sakti dari Telkomsel! Dua-duanya dapat kuota internet besar dengan harga yang terjangkau! 

 

Yuk, cobain cara-cara jualan online di atas!


Baca Juga: Perhatikan Hal Ini Sebelum Mulai Usaha Sampingan

Temukan paket terbaik khusus untuk Anda