Cara Aman Unduh Video YouTube Mp4 ke Mp3

Big Match yang selalu dinanti dalam pertandingan Liga Inggris 2022/2023

 

Apa kamu sedang mencari cara ubah video YouTube MP4 menjadi audio dengan format MP3? Kalau iya, kamu ada di artikel yang tepat! Di artikel ini, Telkomsel akan bahas cara paling mudah untuk mengunduh sebuah video YouTube menjadi format audio MP3 menggunakan aplikasi YouTube Music.

 

Terkadang, kita memang butuh mengubah format video ke audio untuk beberapa hal, misalnya untuk menghemat kuota dan mengurangi penyimpanan yang terpakai. Bagaimanapun juga, ukuran penyimpanan format MP3 lebih kecil dibandingkan ukuran penyimpanan format video MP4. Dengan mengubah video ke audio, kamu akan lebih mudah membawanya. 

 

Untuk mengunduh lagu dengan YouTube Music, masih ada program 1 (satu) bulan gratis langganan yang bisa kamu gunakan untuk mencoba berlangganan dengan YouTube Music. Dalam satu bulan, kamu bisa mendengarkan lagu dari YouTube Music secara offline. Setelahnya, kamu harus membayar tagihan sebesar 49 ribu rupiah per bulannya. 

 

Ada 2 (dua) jenis paket berlangganan lain yaitu paket keluarga dan paket pelajar. Semua paket mendapatkan 1 (bulan) gratis untuk masa percobaan. Untuk paket keluarga, biaya langganannya yaitu 75 ribu rupiah per bulan dan bisa untuk 5 (lima) anggota keluarga berumur 13 tahun ke atas. Sedangkan, biaya bulanan paket pelajar yaitu Rp24.990 per bulan. Terlihat bahwa harga paket akan lebih hemat untuk kamu yang pelajar atau menggunakan paket keluarga.

 

Ada beberapa keuntungan yang bisa kamu dapatkan dengan berlangganan YouTube Music Premium, yaitu kamu bisa:

  1. Mendengarkan lagu tanpa iklan
  2. Mengunduh lagu dan bisa didengarkan secara offline
  3. Mendengarkan lagu dengan layar mati

Menguntungkan, ya? Selain keuntungan tersebut, pastinya kamu juga tidak usah khawatir saat mengunduh lagu karena aplikasi YouTube Music sudah pasti aman dari pelanggaran hak cipta yang bisa terjadi jika mengunduh secara sembarangan. Dengan bantuan YouTube, kamu bisa mendapatkan izin dari pemilik lagu untuk mengunduhnya.

 

Baca Juga: Telkomsel Hadirkan Paket OMG!, Pelanggan Makin Suka-suka Mengakses Youtube dan Social Media

 

Ada dua cara yang bisa kamu lakukan untuk download musik di YouTube Music Premium:

 

1. Mengaktifkan Smart download. Dengan fitur ini, aplikasi akan secara otomatis mengunduh lagu berdasarkan histori lagu yang kamu dengarkan sebelumnya tanpa perlu melakukan apapun.

 

Caranya yaitu sebagai berikut:

  1. Unduh aplikasi YouTube Music melalui App Store atau Google Play Store
  2. Buka aplikasi YouTube Music kamu
  3. Aktifkan YouTube Music Premium
  4. Klik foto profil akunmu.
  5. Klik Hasil download,
  6. Klik Setelan.
  7. Aktifkan “Smart download”.

 

Setelah kamu mengaktifkan Smart download, musik-musik yang sudah kamu dengarkan dapat diunduh secara otomatis. Kamu juga bisa menjeda maupun menghapus histori untuk mengelola musik yang akan diunduh. Kamu juga bisa menghapus hasil download.

 

2. Pilih playlist, album, atau lagu untuk kamu download.

  1. Nah, langkah-langkah dari cara ini yaitu sebagai berikut:
  2.  Unduh aplikasi YouTube Music melalui App Store atau Google Play Store
  3. Buka aplikasi YouTube Music kamu
  4. Aktifkan YouTube Music Premium
  5. Klik menu titik tiga pada sebuah lagu, playlist, atau album
  6. Pilih Download atau klik panah download di detail album maupun playlist
  7. Pilih ‘Audio Only’ untuk mengunduh audionya saja
  8. Tunggu hingga proses unduhan selesai dan lagu tersimpan ke penyimpanan lagu
  9. Kamu sudah bisa memainkan lagunya secara offline!

 

Lagu yang kamu unduh tersebut hanya bisa didengarkan melalui YouTube Music, ya! Selain itu, jumlah lagu yang bisa kamu unduh tergantung pada jumlah ruang penyimpanan yang kosong pada perangkatmu. Durasi dan kualitas file juga mempengaruhi jumlah lagu terunduh.

 

Kamu juga bisa menentukan jenis koneksi yang akan digunakan untuk mengunduh lagu. Misalnya, kamu ingin menghemat kuota sehingga kamu memilih koneksi Wi-Fi untuk mengunduh lagu-lagunya.

 

Mudah sekali kan cara unduh video youtube MP4 menjadi format audio MP3 dengan YouTube Music? Kini, kamu bisa menyimpan dan mendengarkan lagu dengan format audio! Jadi lebih mudah dibawa-bawa kemana-mana, deh!


Buat kamu-kamu yang seneng Youtube-an, Telkomsel menyediakan paket khusus untuk paket Youtube-an juga, loh! Namanya Kuota Ketengan Youtube. Dengan harga 5 ribu rupiah, kamu bisa punya kuota nonton Youtube sebesar 1 GB! Kamu juga bisa cek-cek paket Ketengan lainnya dari Telkomsel. Ada juga paket MAXstream yang cocok untuk kamu-kamu para pecinta streaming! Kamu juga bisa pakai paket Telkomsel lain seperti Internet Sakti dan Combo Sakti buat paket bulanan kamu! Selamat internetan sambil mencoba cara di atas ya!

Paket Telkomsel Video