Apa Itu Metabolisme dan Perannya Bagi Tubuh?

Big Match yang selalu dinanti dalam pertandingan Liga Inggris 2022/2023

 

Kamu penasaran nggak sih sama proses yang terjadi terhadap makanan dan minuman setelah masuk ke dalam tubuh kita? Nah, proses tersebut biasanya dikenal dengan istilah metabolisme. Sebenarnya apa itu metabolisme, sih? Dilansir dari berbagai sumber, metabolisme merupakan proses kimia pengubahan makanan dan minuman yang kamu konsumsi hingga menjadi energi tubuh. Semua proses metabolisme ini terjadi di dalam sel tubuh. Nah, nantinya energi yang telah dihasilkan dari proses metabolisme akan berguna untuk menjaga sel dan jaringan tubuh agar lebih sehat, berkembang, serta menjalankan fungsinya dengan baik. 

 

Nggak sampai di situ aja, tapi ada banyak juga fungsi tubuh yang ternyata sangat dipengaruhi oleh jalannya metabolisme seseorang, seperti proses perbaikan dan perbaruan sel, bernapas, mencerna makanan, mengalirkan darah, hingga menjaga fungsi otak dan saraf. Selain itu, metabolisme ini juga yang membuat setiap orang memiliki suhu tubuh yang berbeda-beda. Kecepatan metabolisme basal setiap orang berbeda-beda, maka dari itu, suhu tubuh pun berbeda-beda bagi setiap orang.  Wah, ternyata peran metabolisme bagi tubuh ini penting banget, ya!

 

Kamu juga pasti pernah dengar deh, kalau metabolisme ini akan mempengaruhi berat badan seseorang. Kira-kira, ini fakta atau mitos, ya? Dilansir dari website ALODOKTER yang bekerja sama dengan Kementerian Kesehatan Republik Indonesia, banyak banget nih, sebenarnya faktor yang mempengaruhi metabolisme seseorang, misalnya usia, genetik, hingga fungsi hormon. Sedangkan pertambahan berat badan seseorang tak melulu karena metabolisme yang lambat, tapi karena kalori yang masuk lebih banyak dari kalori yang dibakar. Maka dari itu, sebenarnya berat badan berlebih bisa diantisipasi dengan mengkonsumsi makanan yang kaya nutrisi dan olahraga teratur agar laju metabolisme meningkat. 

 

Masih dilansir dari website yang sama, proses metabolisme sendiri biasanya dibagi menjadi dua yaitu anabolisme dan katabolisme. Anabolisme merupakan proses membakar energi di dalam tubuh kamu dengan tujuan memperbaiki dan mengganti sel-sel yang rusak. Sel yang rusak tersebut akan diperbaiki dan jaringan baru pun akan terbentuk. Bukan itu saja, selama proses anabolisme, berbagai hormon juga akan diproduksi. 

 

Berbeda dengan anabolisme, katabolisme adalah proses yang menghasilkan energi bagi sel-sel tubuh manusia. Pada saat katabolisme berlangsung, sel akan memecah karbohidrat dan lemak hingga menghasilkan energi. Energi ini nantinya dibutuhkan oleh tubuh untuk melakukan aktivitas sehari-harim, membuat otot agar berkontraksi, menghangatkan badan hingga membuat tubuh bergerak.

 

Itu dia dua proses metabolisme yang terjadi di tubuh kamu. Setelah proses ini berlangsung, maka akan muncul sisa-sisa metabolisme yang akan dibuang melalui ginjal, kulit paru-paru, dan usus. 

 

Baca juga: Manfaat Olahraga Jadi Sia-sia Karena Hal ini!

 

Setelah membaca penjelasan tentang proses metabolisme, kamu jadi makin paham kan sama peran pentingnya bagi tubuh? Tapi, nggak jarang nih, ada juga proses metabolisme  yang terganggu hingga menimbulkan berbagai penyakit seperti diabetes dan penyakit tiroid.  Nah, tapi kamu nggak perlu khawatir, guys! Ada beberapa cara yang bisa kamu tempuh untuk mengoptimalkan kerja metabolisme dalam tubuh, seperti makan sedikit tapi sering, tidur yang cukup, perbanyak minum air putih hingga olahraga rutin. Intinya, metabolisme tubuh ini bisa kamu jaga dan optimalkan dengan menetapkan gaya hidup sehat. Tenang, banyak banget aplikasi yang bisa membantu kamu untuk memulai hidup sehat di masa sekarang, kok, salah satunya adalah FITA. 

 

FITA adalah aplikasi yang bisa membantumu memulai gaya hidup sehat melalui beberapa fitur yang ditawarkan. Beberapa fitur tersebut antara lain, konten-konten lokal tentang gaya hidup sehat yang sesuai dengan kebutuhan orang Indonesia, program olahraga serta pola hidup sehat yang bisa disesuaikan dengan kebutuhan personal, resep sehat, rencana olahraga, serta pencatatan jumlah kalori sesuai dengan asupan harian kamu. Aplikasi FITA by Telkomsel ini bisa dengan mudah kamu unduh di Google Play Store atau App Store untuk langsung digunakan. 

 

Di era digital ini, kamu juga bisa semakin rajin olahraga dengan berbagai video tutorial gratis yang bertebaran di dunia maya. Misalnya nih, video-video yoga atau olahraga lainnya yang ada di Youtube dan bisa ditonton sampe puas pakai Kuota Ketengan Telkomsel. Tunggu apalagi? Yuk, mulai gaya hidup sehatmu sekarang agar metabolisme lebih lancar!

 

Beli paketnya