Ada Kisah Nyatanya, Ini Fakta Film Miracle in Cell No. 7

Big Match yang selalu dinanti dalam pertandingan Liga Inggris 2022/2023

 

Film Miracle in Cell No.7 yang versi Indonesia-nya baru aja dirilis bulan September 2022 lalu dan sekarang masih tayang di bioskop ternyata ada kisah nyatanya, lho! Penasaran dengan fakta film Miracle in Cell No.7? Simak di bawah ini!

 

Sinopsis Film Miracle in Cell No. 7

Film berjudul Miracle in Cell No.7 dengan kisah mengharukan ini memang merupakan sebuah remake dari film Korea Selatan dengan judul yang sama persis. Film ini bercerita tentang kisah keluarga dari seorang ayah bernama Dodo Rozak yang menyandang disabilitas intelektual dan anak semata wayangnya yaitu Ika Kartika Rozak. 

 

Mereka berdua menyambung hidup dengan berjualan balon karakter binatang. Suatu ketika, Dodo Rozak diputuskan menjadi seorang tersangka dari sebuah kasus pembunuhan karena ia sedang berada di rumah tersebut. Kasus ini membuatnya harus ditahan dalam sel penjara dan meninggalkan anaknya, Ika, sebatang kara di rumah mereka.

 

Baca Juga: MAXstream Rilis Serial Orisinal “Love in Game”, Perkaya Konten Digital Kreatif untuk Dukung Perkembangan Industri Film dan Gaming Tanah Air

 

Ada Kisah Nyata yang Mirip

Nah, kisah memilukan ini bukan hanya sebuah film adaptasi dari Korea Selatan, tapi ternyata ada kisah nyata yang benar-benar terjadi tentang kasus itu di negeri ginseng tersebut. Hal ini dikonfirmasi oleh sutradara film original Miracle in Cell No.7 Korea Selatan Lee Hwan Kyung yang datang ke Jakarta. 

 

Dalam jumpa pers di kantor Falcon Pictures, kawasan Duren Tiga, Jakarta Selatan, pada hari Rabu tanggal 31 Agustus 2022, sang sutradara menjelaskan bahwa film ini bukan adaptasi dari kisah nyata, tapi kesuksesan film tersebut membuka sebuah kasus yang mirip terjadi di Korea Selatan.

 

Lee Hwan Kyung mengatakan, "Jadi sebenarnya ini bukan berdasarkan kisah nyata, tapi setelah membuat film ini dan responnya bagus sekali, media di Korea tahu ada kisah nyata yang sama dengan film ini makanya kasus itu naik lagi. Jadi, kasusnya naik kembali berkat film ini dan memang kasusnya mirip." 

 

Kejadian yang benar-benar terjadi di Korea Selatan tersebut secara kebetulan mirip dengan film berjudul Miracle in Cell No.7 karya sutradara Lee Hwan Kyung yang diproduksi oleh Fineworks/CL Entertainment ini. Film original ini pun jadi salah satu film komersial paling sukses dalam sejarah Korea Selatan. Bahkan selain Indonesia, film ini juga dibuat ulang oleh negara-negara lain, seperti Filipina, India, dan Turki.

 

Dalam kisah nyatanya, kejadian ini terjadi pada seorang pria Korea Selatan bernama Jeong Won Seop yang punya toko rental komik untuk memenuhi kebutuhan hidupnya sehari-hari. Ia dituduh melakukan pencabulan dan pembunuhan kepada seorang gadis yang masih berumur 11 tahun. Dengan tuduhan ini, ia dimasukkan ke penjara.

 

Gadis yang disebut sebagai korban pembunuhan itu merupakan anak dari kepala polisi Chun Cheon pada tahun 1972. Ia ditemukan dalam keadaan tewas tak lama setelah keluar dari rumahnya untuk mengunjungi toko buku komik. 

 

Kematian tragis dari anak gadis ini dilaporkan ke Presiden Korea Selatan saat itu yaitu Presiden Park Chung-hee yang kemudian membuat sang Presiden memberikan perintah kepada pihak berwajib untuk menangkap pelaku dalam 10 hari. 

 

Nama Jeong Won Seop pun muncul ketika ada tiket toko komik miliknya di kantong korban. Walaupun ia menyangkal, polisi tetap menangkapnya.

 

Dikarenakan tuduhan ini, Jeong Won Seop harus ditahan di dalam sel selama 15 tahun lamanya hingga kemudian ia dibebaskan pada tahun 2008.

 

Kepopuleran Film Miracle in Cell No. 7

Film original Korea Selatan mengharukan yang sangat mirip dengan kisah nyata tersebut telah mendapatkan total 12,8 juta kali ditonton dalam 46 hari penayangannya. Remake versi Indonesia-nya pun juga ditonton lebih dari 5 juta kali setelah 22 hari perilisannya.

 

Rumah produksi Indonesia juga beberapa kali membuat remake film Korea Selatan, seperti My Sassy Girl yang sudah tayang sebelumnya dan Hello Ghost yang akan tayang bulan Oktober 2022. 

 

Yuk, tonton berbagai film Indonesia secara legal di bioskop-bioskop kesayanganmu! Untuk film yang sudah tidak ada di bioskop, bisa kamu tonton di situs nonton legal dengan berlangganan pakai paket HBO GO, Prime Video, Disney+ Hotstar, Netflix, VIU, atau Vidio dari Telkomsel!

 

Gunakan juga paket OMG! Nonton untuk tambahan kuota nonton! Ada juga Kuota Keluarga yang cocok untuk kamu-kamu yang suka sharing kuota dengan keluarga. Yuk, nikmati akhir pekanmu dengan nonton film!


Baca Juga: Menyambut Masa Depan Indonesia dengan Teknologi 5G

Temukan paket terbaik untuk Anda