7 Mobil Listrik Termahal di Dunia, Harganya Rp42,2 Miliar

7 Mobil Listrik Termahal di Dunia, Harganya Rp42,2 Miliar

 

Sepertinya nggak butuh waktu lama lagi untuk membuat masyarakat dunia beralih pada mobil listrik demi kelestarian alam. Apalagi pabrikan mobil-mobil mahal juga udah mulai memproduksi mobil listrik mewah. Beberapa di antaranya bahkan dibanderol dengan harga fantastis.

 

Daftar Mobil Listrik Termahal

Penasaran apa aja mobil-mobil listrik yang digelari paling mahal? 

 

1. Lotus Evija

Lotus, pabrikan supercar Inggris merilis mobil mewah listrik Lotus Evija pada 2020, yang konon adalah mobil dengan power paling besar di seluruh dunia. Desainnya sendiri sangat elegan yang menunjukkan kelasnya sebagai mobil eksklusif.

 

Grill-nya ramping dengan spoiler yang estetik ditambah kaca spion warna hitam yang menambah keunikannya. Selain itu Lotus juga telah membekali mobil ini dengan sistem keselamatan yang optimal. 

 

Lotus hanya membuat 130 unit mobil ini dan semuanya telah laku terjual. Harganya berada pada kisaran 2,7 juta dollar AS atau setara dengan Rp40 miliaran. Nggak heran kalau gelar mobil termahal di dunia jatuh pada varian yang satu ini.

 

2. Porsche Taycan Turbo S

Di posisi kedua ada Porsche Taycan Turbo S yang dibanderol mulai dari Rp2,5 miliar sampai Rp6 miliar. Sports Car elektrik ini memiliki beberapa varian, yaitu Taycan 4S yang merupakan base model, Taycan Tubo, serta Taycan Turbo S.

 

Dengan berbekal 93,4 kWh, mobil mewah ini mampu menghasilkan tenaga hingga 623 hp dan torsi maksimal 940 Nm. Sementara untuk kapasitas baterainya, dalam sekali pengisian mobil ini sanggup dikendarai hingga jarak 390-416 km. Dibutuhkan waktu hingga 9 jam untuk mengisi baterai mulai 0 sampai 100%.

 

3. Lucid Air Dream Edition

Selanjutnya ada Lucid Air Dram Edition yang nggak kalah mewahnya. Setiap menit pengisian daya baterai dengan mode pengisian cepat DC, sama dengan 32 km jarak tempuh.

 

Pengguna mobil ini cuma butuh mengecas selama 20 menit untuk menjangkau jarak sejauh 482 km. Semua ini karena bekalan baterai 113 kWh dalam bodinya. Sementara pada sektor daya pacu, kendaraan ini memiliki sepasang motor yang sanggup menghasilkan tenaga mencapai 1.080 dk. Sedangkan akselerasinya mencapai 60 kpj dalam waktu 2,4 detik aja.

 

Untuk membawa mobil canggih ini pulang, kamu perlu menyiapkan dana sejumlah Rp2,2 miliar. 

 

4. Tesla Model S

Brand yang satu ini memang penguasanya market mobil listrik di dunia. Walaupun bukan yang termahal, namun varian Model S ini masuk dalam kategori mobil Tesla termahal di dunia.

 

Bagian mesinnya berbekal tiga motor listrik bertipe All-Wheel Drive serta mampu menghasilkan tenaga yang gahar, mencapai 1.100 dk untuk kendaraan sekelas sedan. 

 

Sementara untuk performanya, Tesla sanggup berakselerasi dalam waktu 2 detik dari 0 sampai 96 km/jam dan untuk speed tertingginya mencapai 320 km. Tesla Model S Plaid akan mampu melaju sejauh 836 km dalam sekali pengisian daya.

 

Untuk harganya, mobil listrik mewah ini dibanderol Rp1,87 miliar.

 

5. Mercedes-Benz EQS

Pabrikan asal Jerman ini juga merilis dua varian Mercedes-Benz EQS yang bisa jadi pilihan penggemarnya, yaitu EQS 450+ dan EQS 580 4MATIC.

 

Mobil ini menggendong baterai berkapasitas 107,8 kWh yang dapat dicas mulai 0 sampai 100% dalam waktu 11,25 jam. Namun jika pakai charger DC 200 kW, pengisian daya hanya memerlukan waktu 31 menit aja.

 

Dalam sekali pengisian, kamu bisa menyetir mobil ini hingga jarak sekitar 700 km berdasarkan hasil uji coba Worldwide Harmonised Light Vehicle Test Procedure (WLTP). Untuk banderol harganya adalah Rp1,85 miliar per unitnya. 

 

6. Audi e-Tron

Audi e-Tron adalah mobil listrik perdana buatan Audi yang rilis pada tahun 2018. Terkait akselerasinya, e-Tron dapat melaju hingga 60 mil per jam hanya dalam 3,9 detik hingga mencapai kecepatan tertingginya, yaitu 152 mpj.

 

Produsen mobil asal Jerman ini menanamkan baterai lithium-ion 93,4 kilowatt-hour, sama dengan Taycan Turbo S milik Porsche. Pengisian dayanya hanya butuh waktu 22,5 menit aja dari 5% hingga mencapai 80% pada fast charging DC.

 

Untuk model Quattro Premium Plus, yang merupakan model paling basic harganya Rp1,39 miliar. Sementara untuk model kelas menengah, Quattro Prestige, mencapai Rp1,49 miliar. 

 

Terakhir ada model paling sporty RS e-Tron GT yang memaksa peminatnya merogoh kantong hingga Rp1,95 miliar.

 

7. Ford F - 150 Lightning Platinum

Mobil listrik termahal di posisi terakhir adalah Ford F - 150 Lightning Platinum yang hanya membutuhkan waktu 4 detik untuk menjangkau dari 0 sampai 100 km. Jarak tempuhnya mencapai sekitar 370 km jika baterai dalam kondisi 100%.

 

FYI, mobil ini memiliki Ford Mobile Power Cord 30-amp, sehingga pemiliknya nggak perlu datang ke SPKLU kalau mau mengecas mobil. Pasalnya, pengisian daya bisa kamu lakukan di rumah dengan tegangan 120V.

 

Untuk membawa pulang mobil ini kamu perlu dana sekitar Rp1 miliar.

 

Penutup

Di Indonesia sendiri udah ada beberapa brand yang merilis mobil listrik dengan harga ramah di kantong. Apalagi saat ini semakin banyak titik SPKLU sehingga mengisi daya kendaraan jadi semakin praktis. 

 

Untuk pembayarannya kamu bisa pakai LinkAja, aplikasi dompet digital yang memudahkan pembayaran nontunai cukup pakai smartphone

 

Baca juga: TCash ke LinkAja - 5 Cara Ubah TCash Jadi LinkAja