5 Peluang Penggunaan 5G Telkomsel di Berbagai Sektor Industri

5 Peluang Penggunaan 5G Telkomsel di Berbagai Sektor Industri

 

Teknologi internet 5G sudah mulai menjangkau beberapa daerah di Indonesia. Jaringan 5G Telkomsel menjadi salah satu yang bisa kita andalkan untuk menikmati kecepatan internet yang jauh lebih baik dari 4G tersebut. Sudahkah kamu mencoba menggunakan jaringan 5G?

 

Penggunaan 5G sebenarnya tidak hanya terbatas pada teknologi komunikasi dan informasi. Teknologi ini menawarkan kecepatan dan konsistensi jaringan internet dengan latensi yang rendah. Teknologi ini sangat bisa bermanfaat untuk berbagai industri.

 

Pernah melihat program mobil tanpa pengemudi atau kota pintar? Keduanya sama-sama membutuhkan internet super cepat untuk bisa berjalan. Di Indonesia, mobil otomatis atau kota pintar memang belum ada, tetapi teknologi tersebut cepat atau lambat pasti akan hadir juga di negeri tercinta.

 

Inovasi Memanfaatkan Jaringan 5G Telkomsel

Berdasarkan penelitian dari Accenture, sebanyak 79% pebisnis di seluruh dunia percaya bahwa teknologi 5G akan memberikan dampak yang besar bagi bisnis mereka. Pemanfaatan teknologi ini akan menjadi sangat revolusioner.

 

Di Indonesia sendiri, pemanfaatan teknologi 5G yang secara nyata bisa kita nikmati adalah sebagai berikut.

 

1. Peningkatan Pengalaman Menonton Acara Olahraga

Suka menonton siaran langsung acara olahraga? Pengalaman menonton siaran langsung acara olahraga akan lebih baik jika kamu menggunakan jaringan 5G. Selain kualitas gambar yang lebih baik, video yang kamu tonton pun tidak akan mengalami lag atau buffering.

 

Ketika menyaksikan siaran langsung, sebenarnya ada jeda antara yang terjadi di lapangan dengan yang ada di layarmu. Hal ini karena adanya latensi. Jika latensi terus tinggi, video siaran langsung yang kamu tonton pun akan mengalami lag. Ini tentu mengganggu kenyamanan saat menonton.

 

Terlebih lagi, dalam siaran langsung olahraga, ada momen-momen krusial yang seharusnya tidak boleh kamu lewatkan. Jika menggunakan jaringan yang jelek, kamu mungkin akan melewatkan momen penting tersebut.

 

Demi meningkatkan kenyamanan menonton acara olahraga, kamu butuh jaringan 5G. Dengan kecepatan internet yang lebih baik dan latensi yang rendah, kamu bisa menonton siaran langsung dengan lebih nyaman.

 

2. Hiburan yang Semakin Imersif

Ingin berinteraksi dengan orang lain di berbagai belahan dunia secara lancar? Jaringan 5G mampu memberikan pengalaman yang lebih bagus saat berinteraksi dengan orang lain di berbagai belahan dunia. Melalui media sosial, kamu bisa mendapatkan hiburan yang lebih imersif.

 

Tayangan hiburan di media sosial menjadi sangat nyata. Kamu tidak hanya bisa berinteraksi dengan teman atau kolega, bahkan bisa berinteraksi langsung dengan idolamu yang berada di belahan bumi lainnya. Saat idola kamu sedang melakukan siaran langsung, mereka dapat berinteraksi dengan penontonnya. Kamu bisa menanggapi siaran mereka secara real time.

 

Tak hanya melalui siaran langsung, kamu pun bisa merasakan serunya berkencan dengan idola menggunakan teknologi AR (augmented reality). Teknologi seperti ini sudah ada di negeri-negeri maju.

 

Baca Juga: Merdeka Komunikasi dengan Telkomsel

 

3. Pengembangan Pabrik Pintar

Kehadiran 5G membuat proses kerja lebih efisien. Beberapa waktu lalu, Telkomsel dan PT Freeport Indonesia sudah melakukan kerja sama yang menghasilkan smart mining. Program tersebut juga diresmikan oleh pemerintah.

 

Nah, teknologi 5G saja sudah bisa dimanfaatkan oleh dunia pertambangan, sektor lain pun sangat mungkin unguk memanfaatkan teknologi ini. Konsep pabrik pintar mengacu pada sistem otomatisasi yang lebih baik. Semuanya bisa terwujud dengan memanfaatkan jaringan 5G.

 

4. Komunikasi yang Lebih Baik

Kemudian, dalam dunia komunikasi dan informasi, kehadiran teknologi 5G jelas memberikan dampak yang nyata. Saat 5G coverage Indonesia sudah semakin baik, kamu bisa melakukan video call dengan kualitas mencapai HD atau 4K. Kamu tidak akan lagi tersiksa dengan kualitas video yang hanya 360p.

 

Teknologi komunikasi yang lebih baik menjadi pondasi utama untuk sektor lainnya. Setiap orang bisa membuat konferensi secara online dengan pengalaman layaknya pertemuan biasa. Sistem komunikasi yang baik ini akan membuat pekerjaan kita lebih baik juga.

 

5. Inovasi Cara Berwisata yang Baru

Ingin berwisata dengan lebih praktis? Pada era 5G, kamu mungkin tidak perlu berpindah tempat untuk menikmati keindahan alam di daerah lain. Kamu bisa mengunjungi daerah wisata secara virtual dengan menggunakan teknologi AR atau VR. Ini juga menjadi lahan yang bisa kita manfaatkan di sektor wisata.

 

Penutup

Derahmu sudah terjangkau jaringan Telkomsel 5G? Jadilah orang-orang beruntung yang bisa menikmati teknologi tersebut lebih dulu dari kota-kota lainnya. Segera upgrade ponselmu ke ponsel yang mendukung jaringan 5G. Jangan lupa untuk menggunakan Telkomsel sebagai operatornya.

 

Jaringan Telkomsel 5G Indonesia menjadi salah satu yang paling stabil. Cek apakah kotamu termasuk yang sudah terjangkau 5G dari Telkomsel atau tidak. Lalu, bandingkan sendiri pengalaman menggunakan 4G dengan 5G. Kamu pasti bisa merasakan perbedaannya.

 

Sektor industri akan segera mengalami perubahan besar setelah 5G bisa terakses oleh seluruh masyarakat Indonesia. Pastikan kamu menggunakan 5G Telkomsel untuk mendukung akses internet yang lebih baik.