5 Cara Mendapatkan Uang Dari TikTok dengan Mudah Tanpa Menjadi Creator

5 Cara Mendapatkan Uang Dari TikTok dengan Mudah Tanpa Menjadi Creator

 

 

Walaupun sempat terjadi pro dan kontra ketika awal kemunculannya, namun popularitas aplikasi TikTok kian tak terbendung beberapa tahun terakhir ini. Nggak hanya sekadar untuk bersenang-senang, ada berbagai cara mendapatkan uang dari TikTok yang bisa kamu coba.

 

Sayang banget lho, kalau kamu nggak memanfaatkan peluang market yang luar biasa di TikTok untuk dapat cuan tambahan. Pasalnya, jumlah pengguna TikTok semakin meroket dari waktu ke waktu.

 

Melansir data dari Oberlo, pada Q2 2022 ini, TikTok menjadi aplikasi yang terbanyak diunduh di App Store dan ketiga di Google Play

 

Apalagi kamu nggak selalu wajib jadi creator untuk mendapatkan penghasilan dari TikTok. Ada banyak peluang yang bisa kamu garap di luar bidang tersebut.

 

Cara Mendapatkan Uang dari TikTok Tanpa Mengundang Teman

Untuk kamu yang kurang nyaman jadi content creator, cara menghasilkan uang dari TikTok tanpa mengundang teman berikut mungkin bisa jadi alternatif.

 

1. Kembangkan dan Jual Akun TikTok

Yang pertama, kamu bisa membuat akun TikTok lalu menjualnya ketika dinilai udah cukup layak untuk dikembangkan. Ini misalnya udah punya engagement yang memadai dengan pengguna TikTok yang lain.

 

Nggak beda sama Instagram langkah pertama yang perlu kamu lakukan adalah membuat akun dengan niche tertentu, terutama yang kamu kuasai dengan baik. Selanjutnya, kumpulkan pengikut dengan sabar dan upayakan kontenmu mendapatkan likes dan dilihat oleh banyak user.

 

Selanjutnya buat komunitas dengan pengguna yang mempunyai minat yang sama, misalnya penghobi olahraga, K-Pop, kerajinan, dll. Terakhir, jika akun TikTok udah cukup besar, kamu dapat menjualnya kepada brand atau perusahaan dengan bidang yang relevan.

 

Dengan begitu kamu udah mempertemukan brand dengan target marketnya, yaitu followers yang mempunyai minat yang relevan dengan bidang bisnis brand tersebut.

 

2. Menjadi Konsultan TikTok

Setelah cukup lama berkecimpung untuk mengembangkan akun TikTok, tentunya kamu udah punya banyak pengalaman, nih. Jadi kamu bisa jual skill tersebut dengan membuka jasa konsultasi untuk newbie yang ingin jadi seleb TikTok.

 

Kamu bisa menawarkan konsultasi berbayar untuk membagikan strategi mendapatkan view yang banyak, tips membuat konten yang bisa FYP, dan menjadi endorser produk. Sebagai konsultan kamu juga bisa menawarkan jasa menegosiasikan kesepakatan kerja sama dengan brand owner. Bayarannya misalnya sekian persen dari nilai kontrak.

 

3. Membuat Manajemen Talent

Selanjutnya kamu juga bisa membuat layanan jasa manajemen untuk membuat konten TikTok. Target market kamu adalah content creator yang viral dan jumlah follower meningkat tajam dalam waktu singkat.

 

Layanan yang dapat kamu sediakan misalnya, mengatur strategi konten mereka, membantu proses kreatif, dan menangani penawaran maupun kesepakatan endorsement dari perusahaan atau brand.

 

Layanan manajemen talent cocok buat kamu yang mempunyai kompetensi dalam bidang video atau content marketing.

 

4. Membuka Jasa Mengelola TikTok

Layanan ini intinya menawarkan jasa pengelolaan akun TikTok agar berkembang lebih pesat agar mendapat tawaran endorse dari perusahaan atau brand owner. Job deskripsi kamu antara lain membuat pengikut akun bertambah, termasuk jumlah likes, tayangan, sampai engagement dengan followers.

 

Selanjutnya kamu juga harus merancang strategi marketing yang tepat sesuai niche milik klienmu. Jasa ini juga meliputi pengembangan ide agar konten TikTok lebih kreatif dan menarik perhatian. Selanjutnya, kamu juga terlibat dalam kerja sama promosi antara influencer dengan brand.

 

5. Memanfaatkan TikTok Ads

Nggak mau ketinggalan dengan platform media sosial terdahulunya, TikTok juga menyediakan fitur iklan berbayar TikTok Ads seperti Facebook maupun Instagram Ads. Opsi kelima ini untuk kamu yang nggak keberatan keluar modal dulu sebelum mendapatkan hasil seperti yang diharapkan.

 

Misalnya menggunakan iklan berbayar untuk mempromosikan dan menjual produkmu, baik milik sendiri maupun reseller.

 

Mengingat pengguna TikTok di Indonesia juga cukup besar, potensi iklanmu diakses oleh target pasar yang potensial juga lebih besar. Harapannya jangkauan ini dapat meningkatkan engagement yang berakhir dengan penjualan.

 

Yang perlu kamu lakukan di sini adalah membuat beberapa konten promosi dan menyiapkan anggaran untuk bereksperimen. Selanjutnya dari hasilnya kamu bisa menganalisis konten-konten seperti apa yang mendapat respon paling bagus.

 

Sebagai tambahannya, kamu juga dapat mencoba  cara mendapatkan uang dari TikTok Shop dengan berjualan menggunakan fitur baru ini. Jadi calon konsumen yang tertarik dengan produk yang kamu promosikan bisa langsung sekalian belanja tanpa perlu beralih ke marketplace lain.    

 

Bagaimana? Siap coba cara mudah mendapatkan uang dari TikTok sesuai rekomendasi di atas?

 

Baca juga: Siapkah Kamu Menghadapi Era Baru Media Sosial?

 

Agar aktivitas bermedia sosial berjalan lancar, kamu perlu kartu perdana yang tepat, yaitu  Kartu Perdana InternetMAX. Dengan InternetMax kamu bisa internetan puas pada jaringan terbaik Telkomsel dengan kuota melimpah. Mau coba cara mendapatkan uang dari TikTok juga jadi makin lancar, kan? Nah, jangan ragu, yuk pakai InternetMAX sekarang!

 

Paket InternetMAX