10 Istilah Penting Permainan Mobile Legends, Pemula Wajib Tahu

Paket Data Orbit Telkomsel Buat YouTuber Biar Ngonten Makin Lancar

 

Baru saja join Mobile Legends? Jangan hanya fokus pada skill, ya. Untuk para pemain baru, pahami dulu beberapa istilah penting dalam bermain Mobile Legends. Dengan begitu, kamu pun bisa meningkatkan kualitas permainan.

 

Skill memang penting dalam game Mobile Legends, tetapi bukan satu-satunya yang mesti kamu perhatikan. Untuk memahami bagaimana permainan Mobile Legends secara menyeluruh, kamu perlu paham dulu beberapa istilah penting dalam Mobile Legends.

 

Pemahaman istilah penting bisa membantu kamu untuk meningkatkan skill. Setelah memahami beberapa istilah berikut, kamu pun makin mudah mempraktikkan tips atau cara main Mobile Legend yang banyak beredar di internet.

 

Apa Saja Istilah dalam Permainan Mobile Legend?

 

Demi mempermudah pemahamanmu dalam mempraktikkan cara main game Mobile Legends, mari pahami beberapa istilah penting berikut.

 

1. Exp Lane, Mid Lane, Gold Lane

Ketika memainkan game ini, kamu akan berada di sebuah arena yang sering disebut dengan map. Arena tersebut dibagi menjadi Exp Lane, Mid Lane, dan Gold Lane. Pahami dulu beberapa definisi dari istilah tersebut untuk menentukan hero dan posisi yang bisa kamu ambil.

 

Exp Lane merupakan kependekan dari Experience Lane yang berlokasi di turtle pertama, bisa di atas atau di bawah. Lokasi ini cocok diisi oleh hero Fighter atau Tank yang punya damage dan ketahanan yang luar biasa di late game.

 

Selanjutnya, Mid lane menjadi lane yang paling sibuk karena posisinya berada di pusat map dan mempunyai posisi yang strategis. Hero yang cocok di posisi ini adalah Mage dan Marksman yang lincah. Namun, hero lain juga bisa diposisikan di sini.

 

Terakhir, Gold Lane adalah lokasi yang berseberangan dengan Exp Lane yang posisinya bisa di atas atau di bawah. Hero yang cocok berada di posisi ini adalah Marksman karena bisa berkembang cepat.

 

2. META

Selain istilah-istilah penting dalam map, istilah yang satu ini juga perlu kamu perhatikan. META merupakan kependekan dari Most Effective Tactics Available. Istilah tersebut mengacu pada taktik yang paling efektif yang kamu gunakan untuk memperoleh kemenangan.

 

META perlu kamu pelajari terus-menerus karena bisa berubah sewaktu-waktu. Ketika pengembang merilis patch baru, mungkin ada META yang juga diperbarui.

 

3. Nerf & Buff

Lalu, ada juga istilah penting yang terkait dengan hero, yakni Nerd dan Buff. Nerf adalah istilah untuk menyebut penurunan kekuatan hero. Ketika ada hero yang over power, pengembang biasanya menurunkan kekuatan hero tersebut supaya tidak timpang ketika bertarung dengan hero lain.

 

Sebaliknya, buff adalah penambahan kekuatan pada hero. Pengembang juga bisa saja meningkatkan kemampuan hero agar permainan lebih seimbang.  

 

4. Early, Mid, Late Game

Selanjutnya, dalam memainkan Mobile Legends, ada pembagian waktu yang cukup penting untuk kamu pahami, yakni Early, Mid, dan Late Game. Memahami pembagian waktu penting untuk menyesuaikan strategi.

 

Early game adalah fase saat permainan dimulai hingga sampai ke menit ketiga. Lalu, mid game akan berlangsung pada menit ke-3 hingga menit ke-10. Fase ini membutuhkan metode farming yang maksimal. Caranya adalah dengan membunuh musuh atau mencuri jungle lawan.

 

Terakhir, late game adalah fase akhir pertandingan yang dimulai pada menit ke-10 hingga game berakhir. Kamu harus memaksimalkan serangan pada lawan agar bisa memenangkan pertandingan.

 

Baca Juga: Telkomsel sebagai Official Mobile Partner XI ASEAN Para Games 2022

 

5. Farming

Pada poin di atas, ada istilah farming. Untuk kamu yang belum tahu, farming adalah proses untuk mencari gold, bisa dari jungle atau dari musuh yang melakukan kesalahan.

 

6. Kill, Death, Assist dan Feeder

Istilah kill, death, & assist (KDA) mengacu pada jumlah capaian yang sudah kamu lakukan selama bermain dalam sebuah pertandingan. Informasi mengenai KDA ada di tab.

 

Lalu, feeder merupakan istilah yang mengacu pada rekan satu tim yang terus dikalahkan oleh musuh. Musuh akan berkembang dengan mengambil gold dari kill & assist yang mereka dapatkan.

 

7. Minion, Turtle dan Lord

Minion merupakan sumber bantuan dari game yang bisa kamu manfaatkan untuk farming. Kemudian, Turtle adalah monster dalam Mobile Legends yang bisa kamu kalahkan untuk mendapatkan Gold lebih banyak.

 

Terakhir, Lord adalah monster paling kuat di Mobile Legends yang cukup sulit untuk kamu kalahkan. Jika kamu bisa membunuhnya, kamu bisa memanfaatkannya untuk menyerang base lawan.

 

8. Build

Lalu, istilah Build mengacu pada urutan item yang ada pada game. Kamu bisa mengurutkannya sendiri berdasarkan strategi yang tim kamu pakai.

 

9. Carry

Carry mengacu pada posisi saat satu atau dua hero berusaha mempertahankan performa tim. Hero Carry bertugas menjaga tim.

 

10. CD (Cool Down)

Terakhir, cool down merupakan fase di mana pemain harus menunggu beberapa saat agar skill atau item di dalam game bisa kembali digunakan.

 

Penutup

Setelah memahami beberapa istilah dalam permainan Mobile Legends di atas, saatnya untuk meningkatkan skill. Telkomsel mendukung kamu untuk jadi jago di Mobile Legends. Jangan lewatkan flash sale Diamond Mobile Legends setiap hari. Top up pakai pulsa Telkomsel kamu supaya bisa beli skin terkeren.