Pentingnya Perkuat Fundamental Bisnis Agar Startup Indonesia Bisa Bertahan dan Bersaing | Telkomsel

Pentingnya Perkuat Fundamental Bisnis Agar Startup Indonesia Bisa Bertahan dan Bersaing

Article
NextDev Academy dirancang sebagai program inkubasi lanjutan yang komprehensif untuk meningkatkan kompetensi dan memperkuat fundamental bisnis startup

Belakangan ini startup atau perusahaan rintisan di bidang teknologi menghadapi berbagai tantangan dan rintangan sulit. Hal itu juga ditandai dengan banyaknya pemutusan hubungan kerja (PHK) a.k.a layoff sebagai langkah efisiensi biaya operasional perusahaan. Fenomena tersebut banyak dipengaruhi sama keadaan ekonomi global yang nggak menentu sekarang ini. 

 

Pengelolaan dan pembinaan yang tepat bagi startup lokal sangat diperlukan supaya bisnis mereka bisa terus berkelanjutan. Adapun satu faktor yang sangat menentukan keberhasilan sebuah startup dalam jangka panjang adalah fundamental bisnis.

 

Startup Dibimbing Biar Tahan Banting

 

Memahami hal tersebut Telkomsel nggak tinggal diam nih. Melalui program inkubasi NextDev kami aktif ambil bagian untuk ikut membenahi fondasi startup jadi lebih kuat. Nantinya startup digital Indonesia akan diberi pendampingan dan pembekalan komprehensif agar bisa #SustainBeyondExpectation dan memberi dampak sosial yang lebih luas.

 

Saat ini, rangkaian NextDev telah memasuki tahapan Academy, di mana startup terpilih akan menjalani rangkaian program inkubasi dan mendapatkan digital startup diagnostic, orientation, webinar, dan mentorship. Materi pembelajaran yang harus dikuasai telah dirancang sedemikian rupa untuk memenuhi kebutuhan startup, meliputi: 

 

  1. Business Modelling agar para startup founders mengembangkan business plan-nya dengan tepat sehingga bisa terus menyesuaikan dengan keadaan ekonomi nasional dan kebutuhan masyarakat. 
  2. Marketing Plan untuk merancang pengembangan usaha melalui strategi go-to-market. Hal ini penting sehingga perkembangan usaha bisa dimaksimalkan. 
  3. Product Development agar berbagai inovasi dan pengembangan produk bisa terus terjadi di tengah usaha startup
  4. Investment Pitch untuk membantu startup bisa meraih investor sehingga mekanisme bisnis bisa terus berjalan.
  5. Founder Series kiat untuk menjaga keberlangsungan perusahaan sehingga punya dampak bagi sekitar dan sustainability meski menghadapi perekonomian yang sulit.  
  6. Team/People/Finance modul untuk startup founders meracik komposisi tepat dalam struktur organisasi sehingga manajemen perusahaan berjalan dengan baik dan diisi oleh talenta-talenta yang tepat. 

 

Baca Juga: Industri Telko Dinilai Mampu Bangun Ekosistem Digital yang Kuat bagi Keberlangsungan Startup

 

Landscape Digital Startup yang Siap #SustainBeyondExpectation

 

Terus, siapa saja sih startup yang bakal berkembang bareng Telkomsel lewat program ini? Ada 12 digital startup unggulan di bidangnya yang telah terpilih. Yuk, kita kenalan lebih lanjut!

 

Tourism & Creative Economy

1. Teman Pasar

Platform belanja kebutuhan harian, mingguan, dan bulanan di pasar tradisional terdekat. Teman Pasar membantu konsumen berbelanja ke pasar tradisional, sedangkan Teman Pasokan membantu pelanggan bisnis untuk memasok kebutuhan mereka dari pasar tradisional. Solusi ini tentu diharapkan bisa membantu digitalisasi pasar tradisional untuk bisa relevan dengan perkembangan zaman dan kebutuhan konsumen.

2. Campsite

Aplikasi buat para travelers atau campers yang dapat memfasilitasi kebutuhan berkemah dan memberi informasi seputar potensi wisata alam di wilayah sekitar. Campsite turut berdampak positif bagi perekonomian masyarakat lokal dan membantu mereka mengembangkan potensi alam dan wisata di wilayahnya. 

3. Shieldtag

Perusahaan product security pertama di Indonesia untuk mencegah pemalsuan dan memastikan keaslian produk. Shieldtag dilengkapi dengan QR Code yang telah terenkripsi dengan baik sehingga keamanannya telah terjamin.

 

Green & Clean Tech

1. Nuxcle

Membawa misi #UbahLangitJadiBiru, startup yang satu ini fokus mengembangkan kendaraan listrik (skateboard listrik, electric bikes, dan electric scooter) untuk lini transportasi Indonesia yang lebih ramah lingkungan dan berkelanjutan.

2. Databiota

Perusahaan rintisan bioteknologi daur ulang emisi karbon yang memanfaatkan data, teknologi, dan mikroorganisme untuk mengubah karbon dioksida menjadi sumber protein berkelanjutan.

3. MyEco

Startup asal kota Malang ini punya solusi berbasis internet of things yang  dapat memantau dan mengontrol konsumsi listrik guna membentuk budaya hemat listrik di tengah masyarakat.
 

Baca Juga: Salah Satu Upaya Startup untuk Bertahan dan Berkembang, Gabung ke Ekosistem Telkomsel

 

Gaming

1. Nightspade

Game studio yang mengembangkan beragam jenis game content untuk berbagai jenis perangkat. Menariknya, Nightspade tengah mendorong penggunaan blockchain di industri games.

2. Redamantine Studios

Fokus pada pengembangan gameplay yang unik, Redamantine Studios selalu menjunjung tiga nilai uniqueness, fun, dan intriguing. Beberapa karya berbasis Android yang mereka kembangkan, yaitu Witchnesia, In The Days of My Life, dan Cirquit. 

3. Hisa Games

Datang dari Kota Palembang, games studio unik ini menyediakan template games dan creator assets buat kamu para games creator wanna be. Pokoknya, makin mudah buat kamu ubah ide game impian jadi kenyataan. 

 

Health & Education

1. Female in Action

Aplikasi pemberdayaan perempuan untuk konsultasi psikolog dan kelas pendampingan. Dilengkapi dengan fitur terbaiknya, seperti pelaporan kekerasan, konsultasi, dan pendampingan karir.

2. Fisiohome

Startup kesehatan yang pertama menawarkan home visit physiotherapy di Indonesia. Mempermudah pasien untuk memperoleh pelayanan fisioterapi kapan pun dan di mana pun. Oiya, sampai saat ini Fisiohome telah dipercaya melayani lebih dari 10.000 pasien.

3. LingoTalk

Platform belajar bahasa lengkap mulai dari bahasa Inggris, Mandarin, Korea, Indonesia, Jepang, Thailand, Arab, Prancis, Spanyol hingga Jerman. LingoTalk menawarkan pembelajaran yang dipersonalisasi untuk berbagai tingkatan.

 

Ke-12 startup terpilih ini akan didampingi mentor-mentor yang ahli di bidangnya, seperti Vice President Revenue & Operation Loket.com & GoTix Anvid Edrian, Founder Plustik.id Reza Hasfinanda, Production Manager Gameloft Irfan Arghi, hingga SEA VC Investments Susquehanna International Group Joshua Dharma Prameswara. 

 

Nggak cuma pengembangan wawasan, karena kami sadar kalo perusahaan rintisan juga butuh akses terhadap ekosistem digital yang ada di negeri ini. Nah, para startup terbaik ini bakal dapat ruang seluas-luasnya untuk berkolaborasi memanfaatkan seluruh aset dan portofolio digital milik Telkomsel. 

 

Kamu juga punya peluang yang sama kok buat berkembang bareng NextDev, buktikan kalau startup lokal bisa punya kapabilitas kelas dunia! Makanya jangan ketinggalan informasi terkini soal program ini dengan cari info lengkapnya di website NextDev. 

 

Article
NextDev Academy dirancang sebagai program inkubasi lanjutan yang komprehensif untuk meningkatkan kompetensi dan memperkuat fundamental bisnis startup
Article
Article
Article
Article
Article
close
Article Image
Article Image
Article Image
Article Image
Article Image
Article Image
Article Image
Article Image
Article Image
Article Image