Marak Penipuan Online Catut Nama Telkomsel, Ini Tips Mencegahnya! | Telkomsel

Marak Penipuan Online Catut Nama Telkomsel, Ini Tips Mencegahnya!

Article
Penipuan Online Catut Nama Telkomsel

Penipuan tentunya bukan fenomena asing buat kita semua. Nah, seiring dengan perkembangan teknologi, jenis dan modus penipuan pun jadi beragam. Yang marak terjadi belakangan adalah penipuan digital atau dikenal pula dengan sebutan penipuan online, yaitu penipuan yang memanfaatkan perangkat komunikasi digital bisa melalui telepon, Short Message Service (SMS), atau melalui aplikasi chatting seperti WhatsApp.

 

Sebuah survei mengungkapkan bahwa dari sejumlah modus penipuan digital, yang paling banyak menjerat korban adalah penipuan berkedok hadiah dengan persentase 36,9%, disusul pengiriman tautan berisi malware/virus 33,8% dan penipuan jual beli 29,4%. Survei yang sama menunjukkan bahwa berdasarkan faktor usia, korban penipuan berkedok hadiah paling banyak datang dari generasi baby boomer, yaitu mereka yang lahir pada rentang 1946-1964.

 

Ngomongin soal penipuan digital, Telkomsel punya sejumlah informasi nih agar pelanggan nggak teperdaya dengan tindak kejahatan tersebut. Apa saja informasinya? Simak di bawah ini, ya!

 

Baca juga: Jangan Kalah Pintar dengan Pelaku Penipuan Digital

 

Modus Penipuan yang Biasa Dilakukan

 

Penipuan berkedok penawaran program gratis atau hadiah marak dialami oleh pelanggan Telkomsel, lho! Dari sejumlah kasus yang terjadi selama ini, berikut ciri umum pelaku penipuan:

 

Modus Penipuan

 

 

  • Menggunakan nomor cantik atau nomor luar negeri

Dalam menjalankan aksinya, umumnya pelaku menggunakan nomor cantik atau nomor luar negeri, misalnya +1xxx. Cara menghubungi korban pun beragam, bisa langsung dengan menelepon, mengirimkan pesan singkat lewat SMS atau chat via aplikasi chatting seperti WhatsApp atau aplikasi pesan lainnya.

 

  • Menggunakan logo Telkomsel sebagai profile picture

Saat menghubungi korban, pelaku penipuan bakal mengatasnamakan dirinya sebagai pihak Telkomsel. Agar semakin meyakinkan calon korban, pelaku pun menggunakan logo atau gambar bernuansa Telkomsel sebagai profile picture di aplikasi pesan instan.

 

  • Menawarkan program gratis/mengabarkan menang undian

Pelaku penipuan akan mengiming-imingi pelanggan dengan tawaran program gratis tagihan Telkomsel Halo selama periode tertentu atau penawaran gratis lain dengan menukarkan Telkomsel Poin. Nggak jarang pelaku sampai melontarkan ancaman bahwa nomor korban akan terblokir bila poin tidak ditukarkan.

 

  • Merayu korban untuk memberikan kode OTP/klik magic link

Korban yang tergiur selanjutnya akan diarahkan oleh pelaku untuk memberikan informasi kode OTP (One Time Password) atau mengklik magic link yang diterimanya. Bagi yang belum memahami apa itu kode OTP atau magic link, tentu dengan mudah akan memberikannya.

 

 Baca juga: Waspada Penipuan Transfer Pulsa Otomatis atau Auto TP

 

Hindari Penipuan dengan Hal-hal Berikut!

 

Setelah mengenali modus penipuan, beberapa hal penting di bawah ini juga wajib kamu perhatikan!

 

Modus Penipuan

 

 

  1.  Kode OTP, PIN, dan Magic Link Bersifat Rahasia

Fyi, kode OTP adalah salah satu lapisan keamanan yang digunakan untuk mengakses platform digital ataupun melakukan transaksi digital, seperti internet banking, mobile banking, e-wallet, dan lain-lain. Fungsinya adalah untuk memperkuat keamanan transaksi di samping penggunaan Personal Identification Number (PIN) dan password. Itulah kenapa kode OTP nggak boleh dibagikan kepada siapapun, termasuk pihak yang mengatasnamakan Telkomsel.

 

Adapun magic link adalah link khusus yang dikirim oleh Telkomsel untuk melanjutkan permintaan pelanggan. Informasi terkait kode OTP, PIN, dan magic link dapat digunakan untuk bertransaksi melalui Veronika (Asisten Virtual Telkomsel) dan aplikasi MyTelkomsel. Jadi, jangan sampai tergocek ya!

 

  1. Jangan Mudah Tergiur Tawaran Menarik

Biasanya penipu akan mencoba menarik hati calon korban dengan iming-iming gratis tagihan atau tawaran lain berupa hadiah. Pokoknya yang terkesan akan sangat menguntungkan. Tentu saja, hal itu dilakukan agar pelanggan nggak berpikir panjang dan langsung percaya. Seluruh program, pengumuman pemenang undian dan sebagainya bakal kami sampaikan melalui seluruh channel resmi Telkomsel, yaitu Website, Facebook Telkomsel, Twitter @Telkomsel, dan Instagram @Telkomsel.

 

  1. Telkomsel Tidak Memungut Biaya Apapun

Catat! Telkomsel nggak pernah memungut biaya apapun terkait dengan penerimaan hadiah atau penukaran Poin. Penukaran Poin hanya dilakukan melalui channel resmi Telkomsel.

 

Bila mengalami atau menemukan kasus penipuan, pelanggan dapat menghubungi layanan pengaduan melalui SMS ke 1166 dengan format: PENIPUAN#NOMOR PENIPU#ISI SMS PENIPUAN. Layanan ini bebas pulsa alias tidak dikenakan biaya, lho.

 

Yuk, cegah penipuan dengan lebih waspada dalam menjaga informasi rahasia! Jangan lupa sebarkan informasi ini ke orang-orang sekitarmu, ya!