Jajal Penerapan Teknologi Hyper 5G Telkomsel di MOTOGP 2022 Mandalika | Telkomsel

Jajal Penerapan Teknologi Hyper 5G Telkomsel di MOTOGP 2022 Mandalika

Article
Jajal Penerapan Teknologi Hyper 5G Telkomsel di MOTOGP 2022 Mandalika

Indonesia kini tengah menjadi sorotan dunia berkat penyelenggaraan MotoGP 2022 yang akan berlangsung pada 18-20 Maret 2022 di Mandalika, Nusa Tenggara Barat. Untuk memberikan pengalaman digital terbaik kepada masyarakat dan pengunjung MOTOGP, Telkomsel telah melakukan berbagai persiapan, mulai dari mengoptimalkan jaringan 4G/LTE hingga memastikan ketersediaan produk dan layanan.

 

Nggak ketinggalan, Telkomsel juga akan membawa jaringan hyper 5G melesat di kawasan Mandalika International Street Circuit. Melalui showcase 'Telkomsel 5G Experience', pengunjung yang hadir bisa merasakan langsung berbagai usecase teknologi 5G yang telah dipersiapkan secara khusus.

 

Sekadar informasi, ini bukan kali pertama Telkomsel menghadirkan '5G Experience' dalam  event olahraga. Sebelumnya, Telkomsel menjadi yang pertama menghadirkan pengalaman teknologi 5G bagi masyarakat di ajang Asian Games 2018, PON XX Papua 2021, dan World Superbike 2021.

 

Lalu, seperti apa keseruan yang dibawa dalam 'Telkomsel 5G Experience'? Daripada penasaran simak penjelasannya di bawah ini ya!

 

Baca Juga: Dukung Sesi Pra Musim MotoGP 2022 Mandalika, Telkomsel Pastikan Kenyamanan Konektivitas Broadband 4G/LTE dan Hadirkan Akses Pengalaman Digital Jaringan Hyper 5G

 

Humanoid Robot

 

Jajal Penerapan Teknologi Hyper 5G Telkomsel di MOTOGP 2022 Mandalika

 

Pengembangan robot memang sudah dilakukan sejak lama. Namun, beberapa tahun belakangan ini kemampuan robot semakin canggih dan mendekati manusia. Robot yang memiliki kemampuan menyerupai manusia inilah yang dinamakan humanoid robot. Dengan kecanggihannya, humanoid robot bisa melakukan berbagai aktivitas, seperti memberikan penyambutan dan mengenali wajah pengunjung, hingga melakukan aksi menghibur. CEO Tesla Elon Musk meyakini bahwasanya humanoid robot bisa melakukan dan menggantikan pekerjaan manusia di masa mendatang.

 

Cloud Gaming

 

Jajal Penerapan Teknologi Hyper 5G Telkomsel di MOTOGP 2022 Mandalika

 

Teknologi 5G juga membuat pengalaman bermain game semakin canggih lho. Kalau dulu bermain game harus punya perangkat yang canggih dengan prosesor high-end, maka sekarang hanya perlu jaringan internet yang kencang. Cloud gaming sendiri merupakan teknologi di mana semua kebutuhan bermain game dilakukan secara streaming dari server.

 

Kamu nggak perlu repot-repot install game karena semua game dijalankan dari server, bahkan termasuk urusan komputasi grafis. Menariknya, game di dalam cloud gaming ini bisa dimainkan di semua perangkat, mulai dari PC, laptop, smartphone, sampai smart TV dan tentunya dengan beragam jenis game seperti racing games yang membutuhkan latensi rendah. Siapkan adrenaline kamu untuk langsung merasakan serunya jadi pembalap di atas lintasan sirkuit terbaik!

 

5G Drone

 

Penggunaan drone saat ini sudah mulai masif di kalangan masyarakat ya, meskipun kebutuhannya baru sebatas fotografi. Hadirnya teknologi 5G memungkinkan pemanfaatan untuk segala macam kebutuhan industri. Tentu saja, hal ini bukan hanya karena latensi rendah yang dihasilkan dari 5G namun juga kemampuannya dalam menyediakan koneksi antar perangkat sensor dan alat komunikasi yang sangat masif.

 

Sebenarnya  apa sih kegunaan  drone di industri itu? Para pelaku industri bisa memanfaatkan drone untuk kebutuhan pengawasan secara real time, pengiriman barang, inspeksi ke tempat-tempat yang sulit dijangkau manusia, bahkan bisa dipakai untuk kebutuhan penyelamatan atau pemantauan di situasi darurat. Saat penyelenggaraan MotoGP 2022 Mandalika nanti, para pengunjung bisa melihat video demonstrasi penggunaan 5G drone untuk kebutuhan remote surveillance.

 

Baca Juga: Peran 5G dalam Transformasi Digital Industri 4.0

 

Virtual Reality Tourism

 

Ada juga nih use case virtual reality (VR) berbasis jaringan 5G yang akan kami hadirkan. Teknologi ini akan menciptakan simulasi imersif yang terjadi di dalam lingkungan dunia maya melalui perangkat bernama VR Glasses. Didukung jaringan hyper 5G, interaksi yang terjadi di dalam dunia maya akan semakin lancar berkat latensi rendah yang ditawarkan.

 

Di showcase Telkomsel 5G Experience, banyak hal yang bisa dimaksimalkkan dengan menggunakan teknologi VR ini. Mulai dari berkunjung ke destinasi wisata dan melihat keindahan alam di Labuan Bajo, bermain game, menggelar rapat, hingga simulasi training dan kolaborasi jarak jauh.

 

AR Industrial Work Instruction

 

Bicara mengenai 5G, teknologi generasi kelima ini nyatanya nggak hanya membawa manfaat bagi pengguna gadget secara personal. Selain bisa dipakai untuk pengalaman mengakses internet yang lebih kencang, 5G juga dapat dipakai untuk kebutuhan industri, salah satunya dengan memanfaatkan teknologi Augmented Reality (AR).

 

Secara singkat, AR merupakan sebuah teknologi interaktif yang mampu memproyeksikan objek maya ke dalam objek nyata secara real time. Telkomsel akan membawa contoh use case AR bagi industri otomotif, di mana pengunjung dapat melakukan perawatan, pelatihan, atau perbaikan mesin sepeda motor secara virtual yang dilengkapi dengan instruksi secara real-time.

 

Selain menampilkan use case 5G yang sudah disebutkan di atas, Telkomsel juga akan melakukan uji coba 5G dengan kecepatan hingga 5 Gbps. Pengunjung bisa melihat bagaimana jaringan Hyper 5G dapat mendukung optimalisasi berbagai perangkat mobile, seperti laptop, smartphone, hingga modem dan router. Pengunjung bisa merasakan langsung akses kecepatan tinggi dan pengalaman 5G yang lebih seamless dan smooth.

 

So, buat  kamu yang berencana menyaksikan langsung MOTOGP 2022 Mandalika, jangan lupa merapat ke Telkomsel 5G Experience ya! Kamu bisa merasakan langsung bagaimana Telkomsel 5G dapat buka semua peluang kemajuan inocasi di berbagai sektor kehidupan. Oiya, kami juga akan membantu pengunjung untuk melakukan self-provisioning kartu sim melalui aplikasi MyTelkomsel agar bisa menikmati layanan 5G.

 

Sampai jumpa di Mandalika!