Tips 5E dan 4F dari Handry Satriago untuk Jadi Leader yang Baik | Telkomsel

Tips 5E dan 4F dari Handry Satriago untuk Jadi Leader yang Baik

Article
Tips 5E dan 4F dari Handry Satriago untuk Jadi Leader yang Baik

Why do we need to be good leaders? Karena nggak akan ada good followers, jika nggak ada good leaders. That’s why, dibutuhkan kemampuan seorang leader untuk bertanggung jawab dan develop tim menjadi lebih baik.

 

Itulah yang disampaikan Handry Satriago, CEO General Electrics Indonesia, saat berbagi di acara Crowning IndonesiaNEXT Season 5 baru-baru ini. Berikut 5E dan 4F yang harus dimiliki anak muda agar menjadi leader yang baik:

 

5E Roles of Leadership

  • Energy

Pemimpin harus selalu punya semangat to work, termasuk build the team. Pilihannya cuma dua: dikerjakan dengan semangat atau nggak dikerjakan sama sekali. So there is no gray area. You should give your best!

  • Energize others

Leader juga  harus bisa membuat orang lain memiliki semangat yang sama. Rantai nggak akan jadi rantai jika terputus, Jadi agar menjadi rantai, semangat itu juga harus dimiliki oleh seluruh anggota tim.

  • Edge

Seorang leader harus memiliki prinsip yang kuat dalam mengambil keputusan termasuk di situasi sulit yang menantang integritasnya.

  • Execute

Kemampuan mengeksekusi rencana-rencana yang dimiliki. Rencana tanpa eksekusi cuma menjadi mimpi. Good leaders are good in planning and execution!

  • Endurance

Jadi leader itu harus punya daya tahan. Nah, supaya kita bisa tetap bertahan seorang leader juga harus punya 4F.

 

Baca Juga: Cerita Sahril Terapkan Skill yang Dipelajari di IndonesiaNEXT

 

4F’s Secrets for Impactful Leaders

  • Faith

Keyakinan bahwa apa yang terjadi saat ini adalah yang terbaik dan akan ada hal baik lagi yang akan datang.

  • Friends:

Lho kenapa nggak family? Karena family itu adalah given dan mereka pasti sering support. But friends, adalah mereka yang harus ditemukan with respect to others. If you respect others, people will respect you, dan teman bisa membantu seorang leader  agar tetap semangat menjalani kehidupan.

  • Fun:

Hidup ini harus dibikin fun agar kita bisa jadi pribadi yang tetap optimis. And optimism is a characteristic of a good leader.

  • Fight

You know, sometimes life can be challenging, tapi kita harus tetap tangguh. Ketika kita berusaha menghadapi tantangan yang menghampiri dengan sekuat tenaga, akan ada lebih banyak pintu yang terbuka.

 

Nggak cuma Handry Satriago. Pada kesempatan itu juga hadir Merry Riana dan Jerome Polin sebagai speakers, lho! Catat nih quotes menarik dari Merry dan Jerome untuk jadi penyemangat kamu semua, khususnya saat melewati situasi penuh tantangan seperti saat ini.

 

“Banyak yang berasumsi bahwa event = outcome. Jadi, jika event atau keadaannya buruk, pasti hasilnya juga buruk. Padahal, formula yang benar adalah E + R = O, bahwa keadaan bisa berbeda dengan hasil tergantung bagaimana respon kita terhadap keadaan tersebut.”
Merry Riana, Entrepreneur, Investor, Content Creator

 

“Di dunia yang terus berubah ini, kita harus selalu adaptif. Jadi jangan cuma mengeluh sama keadaan tetapi juga selalu berusaha, kreatif dan inovatif agar bisa bersaing dan bertahan di segala situasi penuh tantangan.”
Jerome Polin, Youtuber

 

Baca Juga: Hard Skill dan Soft Skill, Mana yang Lebih Penting di Dunia Kerja?

 

Get Ready for IndonesiaNEXT Season 6!

IndonesiaNEXT adalah ajang yang bisa banget membantu para mahasiswa/i Indonesia buat upskilling talenta dan kompetensi yang dimiliki, khususnya di bidang teknologi digital. Kabar baiknya, IndonesiaNEXT Season 6 akan segera hadir. Woohoo!

 

Untuk informasi lebih lanjut, kamu bisa kunjungi www.indonesianext.id atau follow akun Instagram @indonesia_next.