Tips Membersihkan Rumah agar Kamu dan Keluarga Terhindar dari Virus Corona | Telkomsel

Tips Membersihkan Rumah agar Kamu dan Keluarga Terhindar dari Virus Corona

Article
Tips Membersihkan Rumah agar Kamu dan Keluarga Terhindar dari Virus Corona

Tips Membersihkan Rumah agar Kamu dan Keluarga Terhindar dari Virus Corona

Tips Membersihkan Rumah agar Kamu dan Keluarga Terhindar dari Virus Corona

Di tengah meningkatnya jumlah kasus pandemi COVID-19 di Indonesia, masyarakat diminta untuk selalu meningkatkan kewaspadaan dan melakukan langkah perlindungan diri. Langkah sederhana yang wajib kamu terapkan saat ini adalah dengan tidak berkegiatan di luar rumah, menerapkan anjuran kesehatan yang disarankan WHO, serta mematuhi imbauan physical distancing dan menggunakan masker jika terpaksa meninggalkan rumah.

Namun, ada hal lain yang tak kalah penting dilakukan guna mengurangi laju penularan virus Corona, yaitu dengan memastikan kebersihan lingkungan rumah dan benda pribadi. Penularan virus baru ini bisa terjadi di mana pun, termasuk melalui permukaan benda yang sering kita sentuh.  Nah, agar kamu, keluarga, dan orang tersayang selalu sehat dan terhindar dari paparan virus Corona, yuk ikuti langkah-langkah membersihkan rumah berikut ini:

1. Membersihkan Pemukaan Benda yang Paling Sering Disentuh Secara Rutin

Bersihkan permukaan benda setiap harinya dengan menggunakan sabun atau deterjen. Adapun permukaan benda yang dimaksud adalah meja, gagang pintu atau jendela, sakelar lampu, remote TV atau AC, keran, wastafel, dan toilet. Perhatikan juga kebersihan perabot lain yang berada di area dapur, kamar mandi, dan ruang keluarga.

2. Memilih Cairan Pembersih yang Tepat

Tidak semua bahan pembersih dapat menghilangkan virus Corona. Usahakan untuk melakukan disinfeksi pada pada permukaan benda yang telah dibersihkan menggunakan sabun. Penggunaan cairan disinfektan dinilai efektif untuk menghilangkan kuman dan virus. Jika sulit memperoleh larutan disinfektan, kamu juga dapat membuat sendiri cairan tersebut lho.

3. Menggunakan Masker dan Sarung Tangan

Saat membersihkan rumah, ada baiknya kita mengenakan masker dan sarung tangan. Hal ini untuk memastikan agar kita terhindar dari kuman dan virus yang menempel pada permukaan benda.

4. Cuci Tangan Usai Membersihkan Rumah

Setelah selesai membersihkan rumah, jangan lupa untuk menjaga kebersihan tubuh dengan mencuci tangan. Lakukan prosedur cuci tangan selama 20 detik dengan langkah-langkah yang telah dianjurkan WHO.

Membersihkan rumah tidak hanya ampuh menghilangkan risiko paparan virus Corona, tapi juga meningkatkan kenyamanan anggota keluarga saat beraktivitas di rumah.

Ingat! Kita adalah garda terdepan yang dapat menahan persebaran virus Corona semakin meluas. Pegang kendali dengan menerapkan semua langkah perlindungan diri agar risiko terserang virus Corona semakin kecil.

Stay safe, stay healthy!