Tips Memilih Matras Yoga yang Tepat | Telkomsel

Tips Memilih Matras Yoga yang Tepat

Article

Banyak cara buat menjaga kesehatan di masa pandemi ini, lho, salah satunya adalah dengan rajin melakukan olahraga. Dari banyaknya olahraga yang ada, yoga bisa dijadikan pilihan karena bisa dilakukan dimana aja dan kapan aja. Manfaat yoga juga luar biasa banget, nih. Mulai dari menurunkan stress, memperbaiki postur tubuh, meningkatkan kesehatan jantung, hingga menurunkan berat badan. Ngomong-ngomong soal yoga, peralatan buat olahraga yang satu ini juga cukup sederhana yakni hanyalah matras yoga. Jadi nggak ada alasan nih, buat kamu menunda memulai hidup sehat dengan berolahraga.

Nah, buat kamu yang masih pemula, ada nih beberapa tips memilih matras yoga yang tepat. Kita simak bareng-bareng, yuk!

 

  1. Perhatikan Ketebalan Matras

    Tips pertama dalam memilih matras yoga yang tepat adalah dengan memperhatikan ketebalan matras. Setiap matras yoga biasanya memiliki ketebalan berbeda-beda sesuai dengan masing-masing penggunaanya. Misalnya nih, matras yoga dengan ketebalan 3-5 mm cocok buat gerakan yoga yang dinamis, sedangkan matras yoga dengan ketebalan 6 mm lebih cocok buat gerakan yoga statis. Tentu, semakin tebal matras yoga kamu, bagian tubuh akan lebih terlindungi saat melakukan berbagai gerakan yoga, seperti gerakan berlutut yang mengandalkan lutut atau plank yang bertumpu pada kekuatan siku.

     

    Selain itu, ada juga matras yoga dengan ketebalan 8-10 mm yang cocok buat kamu jika ingin berolahraga di rumah aja atau butuh perlindungan ekstra buat siku dan betis. 

     

  2. Perhatikan Material Matras

    Tips kedua saat memilih matras yoga yang tepat adalah dengan memperhatikan material matras. Eits, jangan anggap semua material matras sama, ya. Setiap material matras biasanya memiliki spesifikasinya sendiri sesuai dengan manfaatnya. Umumnya, ada tiga bahan matras yang biasa digunakan yaitu PVC (polyvinyl chloride), TPE (thermoplastic elastomer), dan PU (polyurethane). Kita bahas satu-satu biar kamu lebih paham, yuk.

     

    Material matras yoga yang pertama ada PVC atau polyvinyl chloride. Bahan yang satu ini memiliki permukaan yang nggak lengket sehingga bisa membantu menjaga kestabilan kamu, nih. Matras dengan bahan ini juga biasanya bisa dibeli dengan harga yang terjangkau jadi cocok buat pemula.

     

    Selain itu, ada juga nih, matras yoga dengan bahan TPE atau thermoplastic elastomer. Bahan yang satu ini biasanya ringan sehingga mudah buat dilipat dan dibawa kemana-mana. Salah satu kelebihan dari matras yoga dengan material ini adalah tahan bakteri dan mudah dicuci. 

     

    Terakhir, ada matras yoga dengan bahan PU atau polyurethane rubber. Matras yoga dengan ini juga cocok buat pemula, lho, karena bahannya yang kuat dan nggak mudah tergores. Tapi, dengan kualitas dan bahannya yang premium, kamu harus siap-siap merogoh kocek lebih besar, ya.  

     

Baca juga: Manfaat Olahraga dari Gerakan Sederhana

 

  1. Perhatikan Ukuran Matras 

    Selain ketebalan matras, kamu juga bisa memilih ukuran matras yang paling sesuai buat kamu, lho. Matras yoga biasanya memiliki panjang antara 172-180 cm dan lebar antara 60-66 cm, nah pastikan matras yang kamu beli mencakup seluruh tubuh kamu, ya. Dengan ukuran yang sesuai, maka kamu juga akan menjadi lebih leluasa saat melakukan berbagai gerakan yoga. 

     

  2. Perhatikan Anti Slip Matras

    Sebagai pemula, alangkah baiknya kalau matras yoga kamu memiliki fitur anti slip di bagian permukaannya. Dengan anti slip ini maka cengkraman akan menjadi semakin lebih kuat, keseimbangan tubuh akan terjaga, dan terhindar dari resiko tergelincir saat melakukan berbagai gerakan yoga. Nggak itu aja, saat melakukan berbagai gerakan yoga, tubuh kamu juga akan menjadi lebih stabil.


Kalau matras yoganya udah siap, selanjutnya kamu harus ngapain lagi ya, buat memulai gaya hidup sehat? Gampang, tinggal ikut berbagai tutorial atau kelas online di YouTube, aja! Hidup sehat bisa makin hemat karena bisa streaming kelas olahraga online sampai puas pakai Kuota Ketengan YouTube dari Telkomsel. Yup, bareng Kuota Ketengan ini, kamu tinggal beli paket kuota sesuai dengan aplikasi yang dibutuhkan aja.Yuk, aktifkan sekarang dan mulai hidup sehatmu!

Ketengan Utama Packages

scroll
Komentar 0
Tulis Komentar
Min. 10 Karakter
0 / 2000
Belum ada komentar
Jadilah orang pertama yang komentar disini!
mock
14 Feb 2024 12:03
mantulllzz keren bgt artikel beber2 sangat membantu!
Laporkan
0
Balas Komentar
Min. 10 Karakter
0 / 2000
DewiLarasati
14 Feb 2024 12:03
mantulllzz keren bgt artikel beber2 sangat membantu!
Laporkan
0
Balas Komentar
Min. 10 Karakter
0 / 2000
Balasan Lainnya (1)
Sembunyikan Balasan

Laporan Anda berhasil dikirim