Pelajari Teknik Panahan Ini Biar Kamu Jago Memanah | Telkomsel

Pelajari Teknik Panahan Ini Biar Kamu Jago Memanah

Article

Olahraga panahan merupakan olahraga yang melatih kekuatan tanganmu. Bukan hanya tangan, otot bahu sampai pundak juga berkontraksi. Selain itu, panahan juga bisa membuat postur tubuh kamu tegak, tapi kamu harus belajar tekniknya dengan baik supaya postur tubuhmu saat memanah sesuai aturannya.
 

Alat-alat Panahan

Pertama-tama, kamu harus kenal dengan alat pada olahraga panahan. Alat olahraga panahan yang utama terdiri dari busur panah, anak panah, dan target panahan. Berikut ini penjelasannya:

 

  1. Busur panah

    Busur panah merupakan alat paling penting untuk panahan. Ada tiga jenis busur panah, yaitu longbow, recurve, dan compound. Pemula akan lebih disarankan menggunakan recurve yaitu busur yang ujungnya melengkung karena mudah untuk dipelajari pemula.

     

  2. Anak panah

    Kedua, ada anak panah yang juga diperlukan untuk membidik target sasaran. Bahan anak panah bisa berasal dari kayu, alumunium, karbon, atau gabungan karbon dan alumunium. Ukuran anak panah harus menyesuaikan busur panah supaya panahan tidak meleset.

     

  3. Target panahan

    Olahraga panahan juga memerlukan target sasaran. Target ini berfungsi sebagai arah tujuan dibidiknya anak panah. Target biasanya berbentuk papan sasaran yang bagian-bagiannya memiliki poin-poin tembakan berbeda. Jarak target panahan dengan pemanah pada sebuah Olimpiade yaitu 70 meter, tapi jaraknya bisa diatur lebih pendek untuk pemula.

     

Baca Juga: 5 Manfaat Jogging untuk Tubuh dan Tips Jogging 

 

Itulah alat-alat utama dalam olahraga panahan. Selain itu, ada juga alat pendukung lainnya untuk kemudahan dan keselamatan atlet pemanah, yaitu finger tab (alat untuk melindungi jari), bracer (alat pelindung dada), dan quiver (tempat anak panah). 

 

Teknik Panahan

Selanjutnya, belajar teknik panahan, yuk! Kamu bisa pelajari teknik-teknik panahan di bawah ini, ya!

 

  1. Mempersiapkan sikap yang tepat

    Sikap dan posisi yang tepat saat melakukan panahan dibutuhkan supaya arah tembakan pun tepat sasaran. Caranya yaitu buka kaki selebar bahu kamu, lalu posisikan kaki kamu yang belakang supaya tegak lurus 90 derajat dengan arah target.

     

  2. Menaruh anak panah di busur

    Setelah kamu memastikan arah berdirimu sudah sesuai, letakkan anak panah pada sandaran busur. Arahkan bagian yang tajam di bagian depan busur. Taruh tali busur ke bagian belakang anak panah yang berlubang untuk tempat senar. 

     

  3. Memegang senar busur

    Lalu, letakkan jari telunjuk di bagian atas anak panah. Di bagian bawah, letakkan jari tengah dan jari manis. Pegangan kamu terhadap anak panah harus agak longgar supaya menembakannya lebih mudah.

     

  4. Menarik busur panah

    Kini saatnya kamu bersiap-siap memanah. Saat menaruh anak panah di busur, lakukan dalam posisi busur menghadap bawah. Sambil mengangkat busur, tarik senar ke belakang dengan satu tangan.

     

    Kemudian, tarik senar sampai menyentuh anchor point, biasanya terletak pada dagu, sudut mulut, atau telinga kamu. 

     

  5. Mengarahkan ke target

    Nah, sekarang arahkan anak panahmu supaya menghadap ke target. Tentukan posisi yang sesuai untuk membidik ke arah target dengan pas. Saat proses ini, kamu harus fokus menentukan target sambil mempersiapkan kekuatanmu. Koordinasi antara mata dengan tanganmu sangat dibutuhkan ketika ini.

     

  6. Melepaskan tembakan

    Inilah proses terakhir dalam memanah yaitu membidik dan melepaskan tembakan. Kamu harus fokus pada gerakan otot tangan dan jangan membidik terlalu cepat supaya tembakan tidak melemah. 

     

    Lepaskan senar busur dengan mengendurkan jari-jari tanganmu. Hindari juga menyentak busur saat melepaskan tembakan karena bisa membuat tembakanmu meleset dari arah target sasaran. 

     

Nah, itu dia teknik untuk memanah yang baik. Cukup mudah, kan? Untuk olahraga panahan, tidak banyak orang yang membeli peralatannya karena terbilang cukup mahal. Kamu bisa menggunakan peralatannya dengan bergabung di komunitas panahan yang sudah termasuk penyewaan alat panahan sekaligus diajarkan teknik panahan oleh instruktur.

 

Kalau kamu mau belajar secara virtual dulu dan lihat-lihat teknik olahraga, kamu bisa cek berbagai video latihan olahraga di aplikasi kesehatan FITA dari Telkomsel. Ada juga rencana latihan dan resep masakan bernutrisi yang bisa jadi referensimu! Buat paketnya, kamu bisa menggunakan paket ComboFit yang sudah termasuk akses premium FITA, kuota internet, dan asuransi.

 

Konsultasikan kondisi kesehatanmu ke dokter dengan Paket Sehat Halodoc yang sudah termasuk kuota internet. Kuota ini juga bisa kamu gunakan untuk cari tahu lebih dalam tentang olahraga panahan. Yuk, pelajari dan coba olahraga panahan!


Baca Juga: Kenali Berbagai Alat Olahraga dan Manfaatnya!

 

Buy the package now!

scroll
Komentar 0
Tulis Komentar
Min. 10 Karakter
0 / 2000
Belum ada komentar
Jadilah orang pertama yang komentar disini!
mock
14 Feb 2024 12:03
mantulllzz keren bgt artikel beber2 sangat membantu!
Laporkan
0
Balas Komentar
Min. 10 Karakter
0 / 2000
DewiLarasati
14 Feb 2024 12:03
mantulllzz keren bgt artikel beber2 sangat membantu!
Laporkan
0
Balas Komentar
Min. 10 Karakter
0 / 2000
Balasan Lainnya (1)
Sembunyikan Balasan

Laporan Anda berhasil dikirim