Mengenal Senam Kegel dan Manfaatnya

Big Match yang selalu dinanti dalam pertandingan Liga Inggris 2022/2023

 

Kalau kamu pernah mendengar ada senam irama, senam aerobik, senam lantai, senam zumba, nah, senam yang satu ini mungkin jarang kamu dengar. Yup, namanya adalah senam kegel. Dilansir dari berbagai sumber, senam kegel merupakan senam yang bertujuan buat mengencangkan dasar panggul kamu, lho.

 

Nah, dasar panggul ini memegang peran yang cukup penting buat tubuh yakni sebagai penyangga rahim hingga kantung kemih sehingga otot panggul juga harus dilatih hingga kuat, guys. Apalagi nih, buat seorang ibu hamil, penting juga memiliki panggul yang kuat jelang masa persalinan. Nggak heran deh, senam kegel juga biasa dikenal dengan senam ibu hamil. 

 

Kalau kita flashback sedikit, senam kegel ini diciptakan oleh seorang dokter ginekologis asal Amerika, dr. Arnold Henry Kegel pada tahun 1940. Katanya sih, senam yang satu ini juga bermanfaat buat menjaga kebugaran tubuh kamu. 

 

Gimana guys, udah ada gambaran belum nih, soal senam kegel? Biar lebih paham, sekarang kita bahas cara senam kegel, yuk. Gerakan senam kegel dibilang cukup mudah dan hanya perlu mengandalkan otot dalam kamu alias nggak perlu alat-alat khusus. Gerakannya pun dilakukan hanya seperti kamu sedang menahan buang air kecil. Kencangkan otot yang biasa digunakan buat menahan keinginan buang air kecil. Kemudian lepaskan sambil membuang napas hingga rileks. Biasanya gerakan senam kegel ini akan diulang sebanyak 10 hingga 15 kali.

 

Selain beberapa manfaat yang disebutkan di atas, ternyata masih banyak manfaat senam kegel lainnya, diantaranya adalah;

 

  1. Mempermudah Proses Persalinan
    Yes, seperti yang udah disinggung di atas, senam kegel mampu membuat otot panggul menjadi lebih kuat. Nah, otot panggul ini juga memegang peranan penting nih, bagi seorang ibu dalam proses persalinan. Dengan otot panggul yang kuat maka proses persalinan pun biasanya berjalan lebih lancar. 

 

  1. Mengurangi Resiko Ambeien
    Tahukah kamu? Senam kegel juga bisa membantu mengurangi resiko terkena ambeien, lho. Ambeien ini merupakan suatu penyakit yang biasanya mengganggu kelancaran proses pencernaan hingga pembuangan seseorang. Nah, boleh banget dicoba nih, guys! Tapi, kalau memang kamu ada ambeien dan sudah parah, lebih baik tanya ke dokter terlebih dahulu, ya. 

 

  1. Mengatasi Permasalahan Buang Air Kecil
    Guys, pernah nggak sih, kamu merasa kesulitan buat menahan rasa ingin buang air kecil? Nah, ada nih, beberapa orang yang memang memiliki masalah sulit menahan buang air kecil apalagi saat tertawa. Kalau kamu rutin melakukan senam kegel, maka masalah yang satu ini juga bisa teratasi, lho. Penasaran? Coba sendiri, kuy!

 

Baca Juga: Apa Itu Metabolisme dan Penjelasan Mengenai Metabolisme

 

  1. Berperan Dalam Pemulihan Otot Panggul
    Bukan cuma memperkuat otot panggul, rutin melakukan senam kegel juga bisa membantu proses pemulihan organ panggul kamu setelah melahirkan, lho. Otot panggul kamu akan kembali berfungsi maksimal lebih cepat jika kamu rutin melakukan senam kegel. 

 

  1. Menjaga Kesehatan Reproduksi Pria
    Bukan cuma buat perempuan, senam kegel juga bisa membantu menjaga kesehatan reproduksi pria juga, nih. Jadi nggak ada salahnya kalau kamu mencoba rutin melakukan senam kegel. 

 

Gimana guys, Jadi makin paham kan, tentang apa itu senam kegel? Selain mudah dan nggak memerlukan alat-alat olahraga yang ribet, senam kegel ini juga ternyata punya banyak manfaat buat tubuh kita, ya.

 

Nah, buat kamu yang mau memulai gaya hidup sehat dengan rutin melakukan senam kegel, kamu bisa banget nih, mengatur program hidup sehat kamu bareng FITA. Aplikasi yang satu ini bisa membuat program yang sesuai dengan kebutuhan dan goal dari hidup sehatmu. Ada resep-resep sehat yang bisa kamu coba, cara menghitung kalori yang kamu asup, hingga berbagai contoh melakukan olahraga yang baik dan benar. Tunggu apa lagi? FITA by Telkomsel ini bisa langsung kamu download di Google Play Store dan App Store sekarang! 

 

Buy the package