Ide Bisnis Unik untuk Kamu yang Anti Mainstream!

Kamu orangnya anti mainstream jadi mau cari ide bisnis unik untuk dicoba? Coba lihat 5 ide bisnis unik di artikel ini! Siapa tau ada yang kamu minati!

Big Match yang selalu dinanti dalam pertandingan Liga Inggris 2022/2023

 

Generation Z atau Gen Z biasanya memiliki banyak ide bisnis unik yang anti mainstream. Dari jualan barang-barang yang sebelumnya tidak terpikirkan hingga menjual karya, gen z selalu mengeluarkan inovasi dan ide baru yang menarik.

 

Salah satu alasan UMKM (Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah) Indonesia kini mengalami kemajuan yang pesat juga karena munculnya ide-ide bisnis baru yang menarik. Untuk kamu-kamu yang anti mainstream dan ingin juga memulai bisnis unik, kamu bisa menyimak artikel ini sampai habis ya! Siapa tau ada ide bisnis yang sesuai dengan keahlianmu dan kamu minati! 

 

Baca Juga: Tips Memulai Bisnis Online

 

Berikut ini 5 (lima) ide bisnis unik yang bisa kamu pertimbangkan untuk bisnismu:

 

1. Menjual scrapbook

Ide bisnis yang menarik pertama adalah menjual scrapbook. Scrapbook artinya seni untuk membuat buku dari foto-foto lama atau hiasan lainnya hingga menjadi sebuah karya yang menarik, bahkan sampai diperjualbelikan. Scrapbook ini bisa berisi kenangan-kenangan bersama orang tersayang sampai koleksi suatu barang.

 

Kamu bisa menggunakan bahan-bahan daur ulang untuk ide bisnis ini. Sehingga, kamu juga bisa melestarikan lingkungan selain berbisnis. Daun kering, bunga yang sudah layu dan dikeringkan, serta kertas bekas dapat digunakan untuk scrapbook, lho! Malah jadi lebih estetik keliatannya!

 

2. Menjual hampers untuk hadiah

Siapa yang suka saling berkirim hampers pada saat lebaran atau hari kebesaran lainnya? Yap, hampers adalah hadiah yang diberikan pada hari-hari spesial dari satu orang atau lebih kepada orang tersayangnya. Dengan berkirim hampers, sang pengirim menunjukkan perhatiannya kepada penerima yang sedang merayakan suatu hari spesial. Konsep hampers sebenarnya mirip dengan konsep hadiah.

 

Bentuk dan isi hampers bermacam-macam. Ada yang berisi kue kering, hijab, sampai alat makan, tergantung dari keinginan pengirim. Pada umumnya, hampers biasa dikirim dalam sebuah box berukuran sedang. Hal yang menarik dari ide bisnis unik ini adalah kamu bisa sesukamu memasukkan apa saja ke dalam box hampers. Untuk kamu yang suka berkreasi dengan box dan isinya, ide bisnis ini sangat cocok untukmu, lho

 

3. Jasa rental alat foto dan video

Foto dan video merupakan 2 (dua) hal esensial yang biasa dilakukan orang-orang zaman sekarang, Rasanya sayang bila tidak mengabadikan suatu peristiwa, apalagi peristiwa yang penting. Tapi terkadang tidak semua orang punya alat foto dan video yang mumpuni.

 

Nah, di saat inilah toko rental alat foto dan video akan sangat membantu. Orang-orang yang membutuhkan alat-alat tersebut bisa meminjam alih-alih membeli peralatan dengan harga yang jauh lebih mahal hanya untuk satu peristiwa. Kamu bisa memakai modalmu untuk membeli alat foto dan video ini kemudian memasarkan jasa rental alat foto dan videomu di internet maupun banner

 

Orang-orang yang membutuhkannya akan langsung menghubungimu saat memerlukan alat-alat tersebut. Setelah selesai pemakaian, alat-alat akan dikembalikan dan bisa kamu gunakan lagi untuk jasa rental selanjutnya.

 

4. Jasa foto mandiri

Jasa foto mandiri sangat populer akhir-akhir ini karena orang-orang bisa langsung bergaya dan klik foto sendiri tanpa arahan fotografer. Terkadang, ada orang yang malu-malu bergaya di depan orang lain seperti fotografer. Nah, studio foto mandiri ini bisa menjadi solusinya!

 

5. Jasa titip

Bila kamu sedang ada di luar kota atau luar negeri, kamu bisa melakukan jasa titip untuk barang-barang yang sulit dicari di luar kota atau negara tersebut. Eits, bukan hanya itu. Kamu juga bisa jasa titip untuk toko yang dekat dengan rumahmu, loh! Dengan begini, orang-orang tidak perlu repot-repot pergi ke toko tersebut dan bisa menggunakan jasa titipmu. 

 

Baca Juga: Mengenal Bisnis Aggregator di Sektor Finansial

 

Kalau kamu berminat, kamu bisa mencari tahu lebih dalam mengenai ide-ide bisnis yang disebutkan tersebut. Telkomsel menyediakan fasilitas belajar bisnis bernama 99% Usahaku yang bisa kamu download di aplikasi Play Store atau App Store. Selain itu, kamu juga bisa belajar bisnis online dari Kuncie. Banyak pilihan video yang menarik dan bermanfaat untuk kamu pelajari dan praktekkan untuk bisnismu. Telkomsel juga punya penawaran bernama MyAds dimana kamu bisa mengiklankan bisnismu ke pengguna Telkomsel. Seru banget, yah? Gimana? Sudah siap mulai bisnismu? Kuy, mulai!

 

Sumber: 

10 Ide Bisnis Kreatif dan Unik dengan Modal Kecil