Telkomsel | 22 November 2018
1 shares

         Hari Belanja Online, Ternyata Perayaaan untuk Para Jomblo?

Siapa yang tak suka diskon? Jawabannya pasti tidak ada yang tak suka. Semua orang suka potongan harga, apalagi jika potongan harga itu lebih dari setengah dari harga yang dibanderol. Begitupun di Indonesia, setiap ada diskon dan promo, pasti akan diserbu konsumen.

Pertanyaannya, jika memang semua sudah pasti menyukai diskon barang dan hampir setiap saat selalu ada diskon, lalu mengapa harus ada event besar bernama Hari Belanja Online?

Usut punya usut, hari belanja online nasional atau yang beken dikenal dengan Harbolnas, merupakan kegiatan yang diadopsi dari perayaan para jomblo di China. Namanya “Singles Day”. Singles Day adalah ajang pencarian jodoh di Kampus Nanjing yang kemudian dimodifikasi menjadi hari diskon oleh Alibaba.

Dari berbagai informasi yang dihimpun, Singles Day atau Guanggun Jie, selalu dilaksanakan setiap tanggal 11 November. Tanggal 11 bulan 11 dianggap sebagai representasi dari Single atau Jomblo. Tanggal yang dijadikan hari libur sejak 1993 ini, bagi kebanyakan anak muda di China dirayakan untuk memperlihatkan bahwa mereka bangga menjadi seorang jomblo. Ya ampun, kok jadi Jomblo bangga ya?

Alibaba sendiri menggelar hari diskon atau hari belanja di China pada tanggal itu, tepat di tahun 2009. Kala itu, tujuan dari diadakannya Hari Belanja ini adalah karena ingin mengedukasi warga China akan hadirnya kemudahan berbelanja di dunia maya. Ternyata, antusiasme warga cukup besar. Sukses itu pun mengajak para pelaku e-commerce lain untuk ikut-ikutan. Transaksinya, belakangan mulai mengalahkan Black Friday, hari belanja yang dilakukan di Amerika sana setiap 23 November.

Lalu kenapa ada 11.11 dan 12.12?

Nah, kalau 12 Desember sepertinya mengadopsi yang dilakukan di India. Namanya “Great Online Shopping Festival”. Awalnya, dilaksanakan pada 12 Desember 2012 oleh Google India, bekerja sama dengan portal belanja ternama di negara tersebut.

Di Indonesia, angka ini juga digunakan untuk memberikan diskon besar usai 11 November. Apalagi 12 Desember sangat dekat dengan libur panjang dan tahun baru, dimana banyak orang yang ingin membeli barang, baik untuk hadiah Natal ataupun membeli barang baru menandai datangnya tahun yang baru.

Yang jelas, 11.11 dan 12.12 merupakan nomor cantik yang bisa diingat. Apalagi ditambah dengan iming-iming diskon sampai 90 persen. Beugh!

Walau 11.11 udah lewat, kamu masih punya kesempatan ngejar diskon di 12.12. Sebelum berburu diskon di e-commerce, isi dulu kuota data di modem wifi kamu, atau di smartphone kesayangan. Telkomsel itu punya paket internet yang bisa disesuaikan dengan smartphone kamu, mulai dari paket regular yang biasa kamu bisa akses melalui menu UMB *363# atau aplikasi MyTelkomsel, atau juga paket bundling smartphone Android dengan kuota data TAU. (baca : Paket TAU)


Related Blogs