Telkomsel | 05 Februari 2018
1 shares

                 'CekMata.com' Bantu Deteksi Katarak dengan Teknologi
                             Artificial Intelligence dan Machine Learning

 

Berdasarkan data dari Kementerian Kesehatan Republik Indonesia,  katarak merupakan penyebab utama gangguan penglihatan dan kebutaan di Indonesia dan di dunia. Dari semua kebutaan pada masyarakat, lebih dari 50% disebabkan oleh katarak. Tingginya angka kebutaan karena katarak ini banyak diakibatkan karena jumlah dokter mata, terutama di daerah-daerah pelosok, yang masih sangat minim.

Padahal apabila terdeteksi sejak dini, katarak dapat disembuhkan.

Keterbatasan tersebutlah yang menginspirasi Caesar Lagaliggo Givani, Ivan Sinarso, dan Sylvester Albert Samadhi dalam mengembangkan sebuah platform berbasis web untuk mendeteksi penyakit katarak bernama Cekmata.com. Caesar yang merupakan dokter residen spesialis penyakit dalam awalnya tergerak untuk memberikan solusi di bidang medis. Bersama-sama dengan Ivan dan Albert yang masing-masing merupakan seorang serial entrepreneur dan programmer (Machine Learning Specialist),  merekapun kemudian menggunakan keahliannya dalam menghadirkan solusi kesehatan digital cekmata.com bagi masyarakat.

Ketiga pemuda dari Surabaya tersebut mengembangkan Cekmata.com dengan memanfaatkan teknologi Artificial Intelligence (AI) dan Machine Learning (ML) untuk mendeteksi dini  katarak di mata dengan mudah. Pengguna hanya cukup mengunggah foto matanya pada situs Cekmata.com, teknologi AI dan ML kemudian akan mendeteksi pigmen mata dan dalam waktu singkat menghasilkan hasil pengecekan. Jika mata pengguna terdeteksi katarak, sistem akan mengarahkan pengguna untuk melakukan pemeriksaan lebih lanjut ke dokter mata atau rumah sakit terdekat.

Berkat inovasinya dalam memanfaatkan teknologi untuk memberikan solusi kepada masyarakat, Cekmata.com berhasil menjadi salah satu pemenang The NextDev 2017. Sebagai tim pemenang, mereka akan berangkat ke Silicon Valley bersama pemenang lainnya yaitu Squline, Karapan dan Marlin Booking, untuk mengikuti beberapa acara intensif untuk mengakselerasi perkembangan bisnis startup nya melalui Startup Grind’s Global Conference dan  Silicon Valley Immersion Program.  Selain management trip ke Silicon Valley, empat pemenang The NextDev 2017 juga berhak mendapatkan hadiah utama berupa Market Access, Marketing, Mentoring, , Money, Monetizing dan Match Expert.


Related Blogs