" />

Services LINKS

Overview

Tap-Izy merupakan inovasi produk SIM card yang telah dilengkapi dengan teknologi Radio Frequency Identification (RFID). Chip dan antena yang tertanam pada SIM card memungkinkan pelanggan untuk melakukan transaksi pembayaran dengan menyentuhkan ponsel ke alat pembaca (reader) yang terdapat pada mesin electronic data capture (EDC) Tap-Izy di kasir. Layanan Tap-Izy yang didukung teknologi RFID merupakan pengembangan dari layanan mobile wallet T-Cash yang memanfaatkan SMS sebagai basis layanannya.


Untuk dapat menikmati fasilitas Tap-Izy, pelanggan kartuHALO dan simPATI harus terlebih dahulu mengganti SIM card-nya dengan kartu Tap-Izy Ready di GraPARI dan outlet Indomaret bertanda Tap-Izy di wilayah Jabotabek. Masyarakat juga dapat membeli perdana kartuHALO dan simPATI yang sudah dilengkapi fitur Tap-Izy seharga Rp 50.000 di titik-titik pelayanan tersebut.  Minimum isi saldo adalah Rp. 25.000,- dan maksimum saldo yang bisa disimpan di SIM card adalah Rp. 1 Juta

Saat ini layanan Tap-Izy berlaku untuk wilayah Jabodetabek


SYARAT DAN KETENTUAN LAYANAN TAP-IZY:

A. Definisi

B. Ketentuan Umum

C. Transaksi Menggunakan Kartu Tap-Izy

D. Kerusakan & Kehilangan Kartu

E. Penutupan & Redemption

F. Pertanyaan, Keluhan, dan atau Sengketa

G. Batas Pertanggungjawaban

H. Lain-lain




A. DEFINISI

  1. TAP-IZY adalah layanan baru dari Telkomsel yang memungkinkan pemegang Kartu untuk melakukan transaksi pembayaran elektronik di merchant secara cepat dengan menggunakan ponsel. 
  2. Kartu TAP-IZY adalahkartu SIM Telkomsel berupa kartu HALO dan/atau kartu simPATI yang telah dilengkapi dengan teknologi tertentu sehingga dapat dipergunakan untuk menikmati layanan TAP-IZY.
  3. Pemegang Kartuadalah pihak yang memiliki Kartu TAP-IZY.
  4. Merchant TAP-IZY adalah pihak baik institusi, perusahaan maupun perorangan yang telah bekerjasama dengan Telkomsel untuk melayani transaksi pembayaran barang dan atau jasa dan/atau transaksi isi ulang (top up) dengan menggunakan layanan TAP-IZY.
  5. Uang Elektronikadalah nilaiuang yang tersimpan di dalam Kartu TAP-IZY yang dapat digunakan untuk bertransaksi di Merchant TAP-IZY.
  6. Mesin EDC adalah alat  pembaca data elektronik  yang digunakan oleh Merchant TAP IZY untuk menerima transaksi pembayaran dengan Kartu TAP IZY.
  7. Transaksi Isi Ulang (Top Up) adalah transaksi pengisian Uang Elektronik ke dalam Kartu TAP-IZY dengan menyetorkan dana dalam bentuk tunai di Merchant TAP-IZY dan GraPARI Telkomsel.
  8. Transaksi Pembayaran adalah transaksi pembayaran barang dan atau jasa di Merchant TAP-IZY dengan menggunakan Kartu TAP-IZY.
  9. PIN (Personal Identification Number) adalah nomor identifikasi pribadi bagi Pemegang Kartu untuk mengakses menu TAP-IZY di ponsel.

                                                                                                                                                 

B. KETENTUAN UMUM

  1. Layanan TAP-IZY diselenggarakan untuk melakukan Transaksi Isi Ulang (Top Up) ataupun Transaksi Pembayaran.
  2. Layanan TAP-IZY tidak dapat dipergunakan untuk melakukan penarikan tunai.
  3. Uang Elektronik yang terdapat dalam Kartu TAP-IZY bukan merupakan simpanan sebagaimana dimaksud dalam undang-undang mengenai perbankan.
  4. Uang Elektronik yang terdapat dalam Kartu TAP-IZY tidak mendapatkan bunga dalam bentuk apapun.
  5. Untuk dapat menggunakan layanan TAP-IZY, pelanggan harus menggunakan Kartu TAP-IZY
  6. Pelanggan dapat memperoleh Kartu TAP-IZY di GraPARI Telkomsel dan merchant tertentu yang ditunjuk Telkomsel dari waktu ke waktu.
  7. Kartu TAP-IZY tersedia dalam bentuk Kartu Perdana (baru) atau Kartu pengganti.
  8. Kartu TAP-IZY tetap dapat dipergunakan untuk fitur dan layanan Telkomsel lainnya seperti, termasuk tetapi tidak terbatas pada melakukan dan/atau menerima panggilan telepon, SMS, MMS, internet, dan sebagainya.
  9. Kartu TAP-IZY   dapat digunakan untuk tipe ponsel apapun, kecuali ponsel yang menggunakan kartu SIM mikro.
  10. Setiap transaksi dengan menggunakan Kartu TAP-IZY tidak memerlukan PIN ataupun tanda tangan, oleh karenanya Pemegang Kartu bertanggung jawab sepenuhnya terhadap Kartu TAP-IZY yang berada di bawah penguasaannya.
  11. Pemegang Kartu bertanggung jawab sepenuhnya terhadap fisik Kartu TAP-IZY yang berada di bawah penguasaannya.
  12. Pemegang Kartu dapat menggunakan layanan TAP-IZY dengan ketentuan sebagai berikut:
    • untuk dapat digunakan dalamTransaksi Isi Ulang (Top Up), adalah selama Pemegang Kartu masih berlangganan kartu HALO yang terkait dengan layanan TAP-IZY dan/atau kartu simPATI yang terkait dengan layanan TAP-IZY masih dalam masa aktif serta layanan TAP-IZY masih aktif;
    • untuk dapat digunakan dalam Transaksi Pembayaran, adalah sepanjang masih terdapat saldo Uang Elektronik di dalam Kartu TAP-IZY serta layanan TAP-IZY masih aktif.
  13. Pemegang Kartu bertanggung jawab sepenuhnya terhadap segala penggunaan layanan TAP-IZY, termasuk tetapi tidak terbatas pada setiap risiko dan atau kerugian yang muncul apabila terjadi penyalahgunaan oleh Pemegang Kartu dan atau pihak ketiga yang didasarkan oleh alasan dan/atau sebab apapun sebagai akibat langsung maupun tidak langsung dari penggunaan layanan TAP-IZY
  14. Apabila Pemegang Kartu kehilangan Kartu TAP-IZY baik karena dicuri dan atau hilang, Telkomsel tidak dapat melakukan pemblokiran terhadap Uang Elektronik yang tersimpan di dalam Kartu TAP-IZY tersebut. Segala akibat atas penggunaan Kartu TAP-IZY yang dicuri dan atau hilang tersebut menjadi tanggung jawab sepenuhnya dari Pemegang Kartu.
  15. Telkomsel berhak secara sepihak menghentikan dan atau menangguhkan layanan TAP-IZY tanpa pemberitahuan terlebih dahulu kepada pelanggan  apabila terjadi hal-hal tertentu, termasuk tetapi tidak terbatas pada:
    • Jika terjadi gangguan teknis pada jaringan (network);
    • Sedang dilakukan peningkatan, perubahan, perbaikan dan atau pemeliharaan jaringan (network);
    • Jaringan (network) layanan TAP-IZY terindikasi digunakan untuk kejahatan dan atau kegiatan yang bertujuan melanggar hukum;
    • Jaringan (network) layanan TAP-IZY terindikasi digunakan untuk kegiatan yang dapat menimbulkan kerusakan dan atau gangguan terhadap jaringan (network) layanan TAP-IZY.
  16. Telkomsel dapat mengenakan biaya-biaya tertentu untuk layanan TAP-IZY, mengikuti ketentuan yang berlaku di Telkomsel dari waktu ke waktu.


C. TRANSAKSI DENGAN MENGGUNAKAN KARTU TAP-IZY

  1. Untuk awal pemakaian layanan TAP-IZY (sebelum dipergunakan untuk melakukan Transaksi Pembayaran), Pemegang Kartu harus terlebih dahulu melakukan pengisian saldo Uang Elektronik ke dalam Kartu TAP-IZY (Top Up) di Merchant TAP-IZY
  2. Pemegang Kartuhanya dapat melakukan Transaksi Pembayaran sepanjang saldo Uang Elektronik yang terdapat dalam Kartu TAP-IZY mencukupi.
  3. Nilai maksimum saldo Uang Elektronik yang terdapat dalam Kartu TAP-IZY adalah sebesar Rp. 1.000.000.- (satu juta rupiah).
  4. Nilai minimum saldo Uang Elektronik yang harus terdapat dalam Kartu TAP-IZY adalah sebesar Rp. 10.000.- (sepuluh ribu rupiah).


D. KERUSAKAN & KEHILANGAN KARTU

  1. Masa garansi Kartu TAP-IZY berlaku selama 7 hari sejak tanggal pembelian.
  2. Garansi sebagaimana dimaksud pada butir 1 di atas berlaku apabila terjadi kerusakan pada Kartu TAP-IZY yang tidak disebabkan oleh kesalahan dan atau kelalaian dari Pemegang Kartu. 
  3. Apabila terjadi kerusakan dan atau kehilangan Kartu TAP-IZY, Pemegang Kartu dapat melakukan penggantian Kartu TAP-IZY di GraPARI Telkomsel dengan mengikuti ketentuan yang berlaku di Telkomsel dari waktu ke waktu.
  4. Penggantian Kartu TAP-IZY yang baru dikenakan biaya sesuai dengan harga Kartu TAP-IZY yang berlaku, kecuali untuk kerusakan Kartu TAP-IZY yang masih dalam masa garansi.


E. PENUTUPAN & REDEMPTION

  1. Penutupan Kartu TAP-IZY dapat dilakukan melalui cara-cara sebagai berikut:
    • Penutupan Kartu TAP-IZY dilakukan secara langsung oleh Telkomsel, apabila:
      • Pemegang Kartu sudah berhenti berlangganan kartu HALO yang terkait dengan layanan TAP-IZY;
      • Kartu simPATI yang terkait dengan layanan TAP-IZY sudah melewati masa aktif.
    • Penutupan Kartu TAP-IZY atas permintaan Pemegang Kartu, dengan alasan:
      • Kartu TAP-IZY  rusak;
      • Pemegang Kartu mengajukan permohonan berhenti menggunakan layanan TAP-IZY.
  2. Pemegang Kartu dapat melakukan redemption di GraPARI Telkomsel paling lambat 6 bulan sejak terjadinya keadaan sebagaimana dimaksud pada butir 1 huruf a atau b di atas dan untuk itu Telkomsel dapat mengenakan biaya atas redemption yang dilakukan.
  3. Teknis penutupan Kartu TAP-IZY ataupun redemption di GraPARI Telkomsel dilakukan dengan mengikuti ketentuan yang berlaku di Telkomsel dari waktu ke waktu.
  4. Penutupan layanan TAP-IZY tidak serta merta menghentikan layanan telekomunikasi Telkomsel.


F. PERTANYAAN, KELUHAN DAN ATAU SENGKETA

  1. Dalam hal terdapat pertanyaan, keluhan dan atau sengketa (dispute) dalam transaksi yang menggunakan Kartu TAP-IZY maka Pemegang Kartu dapat menghubungi Call Centre Telkomsel (133 / 155) atau GraPARI Telkomsel atau kepada Merchant TAP-IZY dimana transaksi tersebut terjadi.
  2. Dalam hal pengajuan keluhan dilakukan secara tertulis, Pemegang Kartu wajib melampirkan copy bukti transaksi dan bukti lainnya untuk mendukung pengaduan.


G. BATAS PERTANGGUNG JAWABAN

  1. Telkomsel tidak dapat dimintai pertanggung jawaban oleh Pemegang Kartu dan atau pihak manapun atas hal-hal yang terjadi di luar kesalahan dan atau kelalaian Telkomsel, termasuk tetapi tidak terbatas pada:
  2. Kehilangan Kartu TAP-IZY;  
  3. Kerusakan Kartu TAP-IZY akibat kelalaian Pemegang Kartu dan/atau tidak menggunakan dan menempatkan Kartu sesuai petunjuk penggunaan;
  4. Segala Kerugian sebagai akibat dari penggunaan Kartu TAP-IZY yang terindikasi melanggar hukum dan atau penyalahgunaan oleh pihak yang tidak berwenang;
  5. Segala kerugian dan atau kerusakan karena tidak beroperasinya dan atau terdapat gangguan terhadap layanan TAP-IZY akibat terjadinya, termasuk tetapi tidak terbatas pada bencana alam, banjir, perang, pemberontakan, huru hara atau kerusuhan, pemogokan, demonstrasi dan atau akibat adanya peraturan dan atau larangan Pemerintah. 

H.
LAIN-LAIN
  1. Syarat dan Ketentuan ini tunduk sepenuhnya pada Hukum yang berlaku di Indonesia.
  2. Telkomsel berhak melakukan perubahan terhadap Syarat dan Ketentuan ini dari waktu ke waktu dan perubahan tersebut akan diberitahukan atau diumumkan melalui media komunikasi yang dipergunakan oleh Telkomsel.
  3. Selain dari Syarat dan Ketentuan ini, Pemegang Kartu juga harus memahami sepenuhnya Syarat dan Ketentuan dari kartu HALO dan/atau kartu simPATI yang dapat dipergunakan untuk menikmati layanan TAP-IZY.

Tag : TAP-IZY