FAQ

Flash Optima - Kuota Based

1.  Apa yang dimaksud dengan "Paket Flash Optima" ?
"Paket Flash Optima " adalah penawaran paket data berbasis Kuota yang menggantikan paket - paket Optima terdahulu.

 
2. Siapa saja yang dapat menikmati produk ini?

Semua pelanggan TELKOMSEL baik Prabayar dan Pascabayar (simPATI, kartuAs dan kartuHALO).


3.  Bagaimana jika saya ingin mengecek penggunaan paket Flash Optima yang digunakan?

Anda dapat setiap saat mengecek status pemakaian dan masa aktif dengan mengirimkan SMS: UL<spasi>INFO ke 3636 (bebas biaya)

4. Apa yang terjadi jika Paket Flash Optima saya telah mencapai batas kuota, Bagaimana dengan kecepatannya? Apakah ada cara agar kecepatannya bisa naik kembali sebelum bulan baru (billing cycle) tiba?

Jika telah mencapai batas Quota, maka kecepatannya akan di turunkan (throttle) menjadi 16 kbps.
Jika Anda menginginkan untuk mendapatkan kecepatan yg lebih tinggi, Anda dapat membeli paket TURBO (Anti Throttling) dengan mengirimkan SMS, ketik : TURBO<spasi>Harga Paket, kirim SMS ke 3636.
Pilihan paket Turbo :

  • Rp 50.000 utk 450 MB
  • Rp 100.000 utk 1 GB

e.g : Turbo 50k, kirim sms ke 3636
 
5. Apa ada modem khusus yang diperlukan untuk menikmati layanan ini?

Modem apa saja bisa menikmati layanan ini. Namun untuk hasil maksimal, pastikan modem yang Anda pergunakan mendukung teknologi minimal HSDPA 3,6 Mbps, tidak di lock ke operator tertentu dan bisa support multiple Operating System, terutama dengan adanya Windows 7 dan Mac OS Snow Leopard yang baru

Untk amannya, kami menyarankan Anda membeli modem dengan logo TELKOMSELFlash yang telah diuji di network TELKOMSEL (Anda bisa mendapatkannya melalui rekanan distributor TELKOMSEL)

 
6. Perangakat apa saja yang bisa saya gunakan untuk mengakases Internet Optima Prepaid  ini ?

Anda dapat menggunakan Modem (datacard), Modem PMCIA, Handphone dengan kemampuan (GPRS/EDGE/3G/HSDPA), atau Router dengan kemampuan (3G/HSDPA).

7.   Apakah benar handphone dengan kemampuan GPRS/EDGE/3G/HSDPA dapat digunakan untuk mengakses internet Menggunakan jaringan data TELKOMSELFlash ?
Pada dasarnya setiap handphone dengan kemampuan (GPRS/EDGE/3G/HSDPA) merupakan modem yang dapat digunakan untuk mengakses internet di jaringan data TELKOMSEL (TELKOMSELFlash). Cara paling mudah untuk menggunakan handphone sebagai modem adalah dengan menggunakan bantuan software PC yang diberikan setiap pembelian handphone dengan kemampuan (GPRS/EDGE/3G/HSDPA), selanjutnya handphone tersebut tinggal dihubungkan dengan PC/LAPTOP (kabel USB atau[un Bluetooth). Jangan lupa untuk melakukan konfigurasi manual pada PC Software tersebut, masukan parameter Access Point Name (APN) dengan Internet atau Telkomsel.


8. Saya tidak memiliki modem, namun ingin membeli Paket Flash Optima ini untuk pemakaian di ponsel. Apakah bisa?

Paket Flash Optima bisa digunakan dimana saja, termasuk penggunaan di ponsel. Beberapa ponsel bertipe smartphone (iPhone, Android phone, Nokia E & N series, dll) pada umumnya membutuhkan data dalam jumlah besar. Paket Flash Optima merupakan pilihan yang tepat
 
9. Apa kecepatan yang terdapat dalam tabel bisa dijamin?

Dalam teknologi mobile broadband, tetap tidak ada jaminan kecepatan minimum karena sifatnya shared network (dipakai bersama). Berbeda dengan fix network yang jumlah pelanggannya memang dibatasi kondisi kabel akses yang digelar

Ada beberapa faktor yang harus dipenuhi/diperhatikan pelanggan dalam hal kecepatan :


  • Coverage Node B. Pelanggan yang berada dalam coverage Node B/BTS 3G, HSDPA dan HSPA+ tentunya akan menikmati kemungkinan kecepatan lebih tinggi dibanding GPRS/EDGE
  • Perangkat. Teknologi Perangkat yang dipakai pelanggan untuk mengakses internet (Modem, handset, atau router)
  • Aktivitas Internet. Kecepatan maksimal hanya bisa dinikmati melalui aktivitas download file dalam ukuran besar. Aktivitas checking email atau browsing secara umum tidak akan mencapai kecepatan akses maksimal
  • Jarak dan Halangan. Semakin dekat dengan Node B/BTS TELKOMSEL, maka kesempatan pelanggan untuk mendapatkan kecepatan maksimal semakin besar. Ketebalan dan material dinding juga berpengaruh terhadap kecepatan akses internet
  • Jumlah pelanggan yang terkoneksi. Kecepatan yang diterima pelanggan bergantung terhadap jumlah pelanggan yang terkoneksi secara bersamaan pada Node B/BTS yang sama. Makin banyak orang yang terkoneksi, maka kecepatan yang diterima pelanggan semakin rendah.

10.  Bagaimana caranya untuk berhenti berlangganan?
Pelanggan dapat berhenti berlangganan melalui UMB *363# dengan memilih opsi berhenti berlangganan. Kuota paket Optima akan ter-reset (terhapus), dan pelanggan akan terkena tarif internet normal (Rp5/kB atau mengikuti dari masing-masing SIM Card).

11.  Bisakah saya mengecek pemakaian atau status paket saya?

BISA, dengan cara:

  • Mengecek melalui web: telkomsel.com/infoflash
  • Mengecek pemakaian terakhir anda melalui *887#
  • Mengecek status paket anda dengan *363#
  • Mengecek status paket anda dengan SMS: UL<spasi>INFO kirim ke 3636

12.  Jika quota akses internet pelanggan melebihi batasan paketnya, apa yang akan terjadi?
Pelanggan tidak akan dikenakan biaya kelebihan pemakaian. Kecepatan akan diturunkan ke 16 kbps.

13.  Bagaimana jika saya berlangganan paket ini, ketika masa aktifnya berakhir dan akan otomatis diperpanjang paketnya tapi ternyata SIM card saya tidak ada pulsa (khusus untuk Prepaid). Apa yang akan terjadi?

Ketika SIM card anda tidak mempunyai pulsa saat proses otomatisasi  perpanjangan paket terjadi, maka anda dianggap berhenti berlangganan paket ini. Silahkan isi pulsa dan membeli kembali paket Telkomsel Flash melalui *363#.

Tag : telkomsel flash, internet