Telkomsel Akselerasikan Pengembangan Konsep Smart City di Provinsi Gorontalo | Telkomsel

Telkomsel Akselerasikan Pengembangan Konsep Smart City di Provinsi Gorontalo

Article
Telkomsel Akselerasikan Pengembangan Konsep Smart City di Provinsi Gorontalo

Jakarta, 29 Oktober 2019 - Telkomsel mengumumkan kolaborasi dengan sejumlah Pemerintah Daerah (Pemda) di Provinsi Gorontalo untuk bersinergi mengembangkan konsep smart city melalui sejumlah solusi telekomunikasi berbasis digital yang ditawarkan oleh Telkomsel. Kolaborasi tersebut ditandai dengan penandatanganan nota kesepahaman (MoU) oleh unit Small Medium Enterprise Management Telkomsel bersama Bupati dari Kabupaten Gorontalo dan Kabupaten Gorontalo Utara di Jakarta (28/10).

Vice President Small Medium Enterprise Management Telkomsel Seow Chuen Yong Nicholas mengatakan, “Kami mengucapkan apresiasi atas kepercayaan yang telah diberikan kepada Telkomsel untuk dapat menghadirkan solusi smart city di sejumlah daerah yang berada di naungan pemerintahan Provinsi Gorontalo. Kolaborasi ini menjadi bentuk komitmen Telkomsel untuk dapat aktif berperan serta membantu pemerintah dalam mengakselerasikan negeri melalui sinergi bersama institusi pembangunan daerah, sekaligus mewujudkan pembangunan nasional, dengan pemanfaatan teknologi tepat guna.”

Telkomsel Akselerasikan Pengembangan Konsep Smart City di Provinsi Gorontalo

Dalam kolaborasi bersama tiga Pemda di Provinsi Gorontalo tersebut, Telkomsel akan menghadirkan sejumlah solusi layanan smart city berbasis digital. Salah satunya adalah solusi fleet management menggunakan produk Telkomsel FleetSight yang merupakan bagian dari layanan solusi berbasis Internet of Things (IoT) dari Telkomsel melalui unit bisnis Telkomsel Enterprise. Telkomsel FleetSight merupakan solusi untuk mengendalikan kendaraan operasional dengan menyambungkan perangkat telematika berbasis satelit yang dipasangkan pada kendaraan.

Selain itu, Telkomsel juga berkolaborasi dengan mitra Pemda Provinsi Gorontalo dalam menghadirkan solusi smart tax serta platform pelaporan masyarakat. Melalui solusi-solusi tersebut, nantinya para Pemda di Provinsi Gorontalo yang bertugas dapat lebih efisien dan transparan dalam menjalankan operasional pemerintahan sehingga meningkatkan kualitas pelayanan terhadap masyarakat.

Telkomsel Akselerasikan Pengembangan Konsep Smart City di Provinsi Gorontalo

Sebelumnya, sejumlah solusi serupa dari Telkomsel juga telah diimplementasikan oleh Pemerintah Kota (Pemkot) Gorontalo melalui pilot project dalam pengembangan smart city sejak 2018. Diharapkan, melalui partisipasi aktif dari sejumlah Pemda ini, implementasi solusi smart city di Provinsi Gorontalo akan semakin merata dan berkelanjutan sehingga percepatan manfaatnya dapat dirasakan oleh masyarakat yang lebih  luas.

“Menghadirkan solusi smart city yang komprehensif dan memiliki dampak berkelanjutan merupakan harapan Telkomsel dengan didasarkan pada komitmen untuk terus bergerak maju mengakselerasikan negeri melalui perluasan implementasi teknologi digital di berbagai lini pemerintahan. Semoga kolaborasi antara Telkomsel dengan sejumlah Pemda di Provinsi Gorontalo ini dapat menginspirasi daerah lainnya untuk dapat menerapkan teknologi digital untuk mewujudkan visi Digital Nation yang telah dicanangkan oleh pemerintah,” tutup Nicholas.