Budaya Perusahaan

TELKOMSEL memiliki Budaya Perusahaan yang disebut sebagai THE TELKOMSEL WAY. THE TELKOMSEL WAY sebagai sistem keyakinan (belief system) akan terus menerus dibangun dan dikembangkan untuk mengantarkan perusahaan agar selalu menjadi pemenang (The Winner) dengan pertumbuhan yang kompetitif dan berkelanjutan.
THE TELKOMSEL WAY sebagai panduan seluruh pimpinan dan karyawan perusahaan, dalam pola pikir, sikap, perilaku dan tindakan sehari-hari dalam bekerja memberikan kontribusi kepada Perusahaan, dibangun dari tiga bagian, yaitu:

1.Philosophy to be the Best, yaitu Always The Best dan GREAT Values yang terdiri dari InteGrity, Respect, Enthusiasm, LoyAlty dan Totality;

2.Principles to be the Star, yaitu SolidSpeedSmart (3S);

3.Practices to be the Winner, yaitu GREAT PeopleGreat Strategy dan Great Innovation (3G).

 

Bangunan THE TELKOMSEL WAY adalah sebagai berikut : 






 

 

1.Philosophy to be the Best

Adalah keyakinan dasar (basic belief) yang berisi filosofi dasar bagi setiap insan TELKOMSEL untuk menjadi Insan Terbaik. Keyakinan dasar ini merupakan esensi Budaya Perusahaan yang melandasi nilai-nilai dan perilaku setiap insan TELKOMSEL dalam mencapai yang terbaik.   Always The Best menuntut setiap insan TELKOMSEL memiliki nilai-nilai GREAT, yaitu: InteGrity, Respect, Enthusiasm, LoyAlty dan Totality.

Integrity 
Integrity, yaitu satunya Keyakinan (belief) terhadap nilai-nilai yang dianut dengan Pikiran (mind) dan Perbuatan (action).

Respect
Respect adalah menghargai dan menghormati orang lain dengan dilandasi sikap empati, sopan dan tulus tanpa pamrih.

Enthusiasm
Enthusiasm adalah Keinginan (desire) yang melahirkan Kesungguhan (passion) karena adanya sebuah Harapan (hope) tertinggi untuk menjadi yang terbaik.

Loyalty
Loyalty adalah Kesetiaan (state of being loyal) dilandasi dengan adanya Kepercayaan (faithfulness) yang berujung pada Ketaatan (obey) sehingga menimbulkan komitmen secara penuh kepada Perusahaan, pimpinan, norma, etika dan akal sehat.

Totality
Totality adalah mendedikasikan seluruh potensi dan kemampuan yang dimiliki untuk mewujudkan yang terbaik.

2.Principles to be the Star

Adalah nilai-nilai inti (core values) atau Great Spirit yang berisi prinsip-prinsip dasar untuk menjadi Insan Bintang. Nilai-nilai inti ini merupakan panduan dasar yang membentuk pola pikir dan pola perilaku insan TELKOMSEL dalam membangun dan mengembangkan diri menjadi Insan Bintang.Principles to be the Star dari THE TELKOMSEL WAY adalah 3S yakni Solid, Speed, Smart yang menjadi Great SpiritGreat Spirit 3S bagi Insan TELKOMSEL menjadi panduan dalam memenangkan industri dimana TELKOMSEL saat ini berada. 

SOLID
SOLID adalah terwujudnya 1 Hati ,1 Pikiran, dan 1 Tindakan (Rasa, Rasio, Raga). 

SPEED
SPEED adalah bertindak secara cepat dalam setiap pekerjaan yang kita lakukan (Awal, Arah, Aksi). 

SMART
SMART adalah bersikap, berpikir dan bertindak secara cerdas dalam pekerjaan yang kita lakukan (Intuisi, Inovasi, Impresif).

3.Practices to be the Winner

Adalah standar perilaku (standard behaviors) yang berisi praktek-praktek luhur untuk menjadi Insan Pemenang. Standar perilaku ini membentuk pola sikap dan pola tindak Insan TELKOMSEL dalam rangka menempa diri menjadi pemenang.

GREAT People
GREAT People, praktek-praktek untuk menjadi pemenang selalu dimulai dari pemilihan orang yang tepat sebelum menentukan strategi ("First Who... Then What"), karena visi yang hebat untuk melanjutkan tradisi kemenangan tanpa disertai pemilihan orang-orang yang tepat menjadi tidak relevan (Great vision without GREAT People is irrelevant).

GREAT Strategy
GREAT Strategy, praktek-praktek untuk menjadi pemenang melalui strategi yang tepat. Strategi yang efektif selalu berawal dari akhir (starting from the end) dalam merencanakan dan menjalankan aktivitasnya. Sebuah karya besar harus dimulai dari mimpi dan cita-cita besar yang hendak dicapai. Praktek ini identik dengan Visi atau Mimpi seorang pemimpin. Ia menggambarkan Desirability (keinginan) bukan Feasibility (kebiasaan).

GREAT Innovation
GREAT Innovation, orang yang tepat disertai dengan strategi yang hebat (GREAT People with great strategy) hanya bisa bermuara pada hasil yang nyata jika dikerjakan (Action) atau diimplementasikan dan sekaligus dikontrol. Tanpa praktek perilaku pemenang yang selalu menekankan tindakan konkrit dalam mencapai sebuah hasil maka dapat dikatakan bahwa Visi tanpa Aksi itu fantasi, Aksi tanpa Visi itu sensasi (sesaat).  


Seluruh Karyawan TELKOMSEL wajib menerapkan Budaya Perusahaan dengan menjadi GREAT People dan menerapkan Great Strategy, dan untuk mewujudkan hasil yang nyata dan bermanfaat bagi Perusahaan, insan TELKOMSEL mengedepankan inovasi sebagai wujud dari aplikasi praktis dari ide dan konsep yang dapat diterima oleh pasar.

Insan TELKOMSEL dituntut mengubah  penemuan-penemuan hebat menjadi sesuatu yang memberikan nilai (value proposition) kepada pelanggan melalui inovasi. Pada akhirnya seluruh karyawan akan mampu mewujudkan TELKOMSEL sebagai Great Company yang akan selalu continue to win.

 

Tag : Budaya Perusahaan