Telkomsel Hadirkan High Performance Network di Banten

Tangerang, 21 Juni 2011

Telkomsel dalam waktu dekat akan mengoperasikan infrastruktur telekomunikasi selular Telkomsel Telecommunication Center (TTC) di kawasan komersil Bumi Serpong Damai (BSD), Tangerang, Banten. Pembangunan TTC BSD ini merupakan upaya Telkomsel dalam menggelar High Performance Network secara menyeluruh melalui peningkatan kapasitas jaringan dan ketersediaan transmisi guna menghadirkan kenyamanan berkomunikasi memanfaatkan layanan selular, khususnya di wilayah Banten dan sekitarnya.

GM Corporate Communications Telkomsel Ricardo Indra, mengatakan, “Pembangunan TTC BSD merupakan komitmen Telkomsel untuk terus meningkatkan kualitas layanan, khususnya dalam upaya memenuhi kebutuhan akses layanan data masyarakat di wilayah BSD yang saat ini berkembang pesat.”

Di area kavling komersial BSD, Telkomsel menempatkan perangkat dan infrastuktur pendukung jaringan di dalam gedung TTC. Untuk mendukung beroperasinya TTC, Telkomsel juga membangun gedung perkantoran Network Operation (NO) di lokasi yang sama. Diharapkan kedua gedung tersebut sudah dapat beroperasi pada awal tahun 2012.

Gedung TTC BSD adalah bangunan 9 lantai yang didesain secara khusus untuk mewadahi penempatan elemen network Telkomsel secara terpadu. Sedangkan gedung perkantoran NO adalah bangunan 4 lantai yang didesain dengan spesifikasi gedung kantor untuk mengakomodir kegiatan NO Telkomsel dengan kapasitas sekitar 300 karyawan. Kedua gedung megah tersebut didesain secara modern dengan mengutamakan konsep green building yang ramah lingkungan dan tidak menimbulkan polusi, sehingga dapat menjadi icon baru yang memperindah lingkungan kawasan BSD.

Indra menyebutkan bahwa pembangunan gedung TTC dan gedung perkantoran NO Telkomsel telah dilakukan secara transparan sesuai dengan peraturan yang berlaku, termasuk Analisa Mengenai Dampak Lingkungan. Dengan demikian, pembangunan kedua gedung tersebut dinyatakan aman dari dampak radiasi tinggi yang dapat membahayakan kesehatan masyarakat.

Dengan hadirnya TTC di BSD Tangerang tersebut, kini Telkomsel telah memiliki 34 gedung TTC di 23 kota, yakni Palangkaraya, Banjarmasin, Pekanbaru, Jakarta, Batam, Denpasar, Bandung, Pontianak, Balikpapan, Solo, Semarang, Medan, Surabaya, Lampung, Palembang, Timika, Jayapura, Padang, Banda Aceh, Pematang Siantar, Jambi, Makassar, dan Tangerang. Tersebarnya gedung TTC di kota-kota tersebut mencerminkan bahwa Telkomsel memberi perhatian khusus pada kualitas dan kapasitas jaringan demi menghadirkan kenyamanan berkomunikasi hingga ke wilayah pelosok.

Telkomsel telah menggelar berbagai infrastruktur pendukung layanan telekomunikasi, di mana kini lebih dari 39.000 Base Transceiver Station (BTS), termasuk 8.600 Node B (BTS 3G) telah beroperasi, yang menjadikan Telkomsel sebagai operator yang memiliki jaringan terluas dan kualitas terbaik yang telah menjangkau hampir 100 persen wilayah populasi Indonesia. Telkomsel juga telah memiliki dukungan gateway internet internasional terbesar di Indonesia dengan kapasitas bandwidth 15 Gbps.

“Kehadiran berbagai infrastruktur pendukung jaringan merupakan wujud nyata komitmen kami dalam melayani Indonesia, di mana seiring dengan semakin terjangkaunya layanan Telkomsel di seluruh kota dan kabupaten hingga daerah terpencil membawa kemanfaatan bagi masyarakat, seperti: meningkatkan kelancaran komunikasi antar penduduk, meningkatkan daya tarik investasi daerah, meningkatkan peluang usaha, serta mempercepat pertumbuhan perekonomian masyarakat,” pungkas Indra.

Tag : Telkomsel High Performance Network