Pemanfaatan Layanan Telkomsel Meningkat 2 Kali Lipat

Performansi jaringan dan layanan TELKOMSELsiaga 2008
Pemanfaatan Layanan Telkomsel Meningkat 2 Kali Lipat

Jakarta, 15 Oktober 2008

Upaya Telkomsel dalam menghadirkan layanan berkualitas baik dari sisi jaringan dan layanan melalui program TELKOMSELsiaga 2008 telah direspon positif dan dimanfaatkan oleh pelanggan secara optimal dengan angka peningkatan mencapai 2 kali lipat.

Hal ini terlihat dari rata-rata lama penggunaan setiap pelanggan untuk menelepon meningkat menjadi 18 menit sehari/pelanggan pada puncak hari lebaran, di mana trafik yang sukses dilayani 1,1 miliar menit dengan pelanggan sebanyak 60 juta. Meningkat hampir 2 kali lipat dibanding tahun lalu yang hanya sekitar 10 menit sehari/pelanggan. Hal ini di samping karena penurunan tarif juga dikarenakan kualitas jaringan yang memadai.

Begitupun dengan SMS meningkat menjadi 545.063.746 SMS pada hari H-1 dan 538.378.179 di hari H lebaran, berarti meningkat 2 kali lipat dari trafik normal sehari-hari yang hanya 250 – 300 juta/hari.

Layanan akses khusus *123# TELKOMSELsiaga yang berisi info lengkap mudik juga mendapat respon yang sangat positif sepanjang ramadhan dan mudik, tercatat terjadi kenaikan antusiasme pelanggan mencapai 550.439.612 hit atau meningkat 2 kali lipat (tahun 2007 lalu 283.360.102 hit).

    

Berlipat Ganda: Direktur Utama Telkomsel Kiskenda Suriahardja (tengah) bersama Direktur Perencanaan dan Pengembangan Syarif Syarial Ahmad (paling kanan), Direktur Keuangan Triwahyusari (tengah), dan Direktur Niaga Leong Shin Loong (paling kiri) saat paparan performansi jaringan dan layanan TELKOMSELsiaga 2008. Layanan Telkomsel selama Lebaran mendapat respon positif pelanggan dengan peningkatan mencapai 2 kali lipat, seperti rata-rata penggunaan telpon menjadi 18 menit sehari/pelanggan pada hari H Lebaran dan SMS meningkat menjadi 545 juta pada hari H-1 atau berlipat dari trafik normal 250 – 300 juta SMS/hari.

Direktur Utama Telkomsel Kiskenda Suriahardja mengatakan, "Sebagai service leader, kami sangat konsen dengan upaya menghadirkan kelancaran dan kenyamanan berkomunikasi menjelang dan saat hari raya, di mana selalu terjadi lonjakan trafik komunikasi yang signifikan. Kami bersyukur seluruh layanan mulai dari voice, SMS, akses *123#, MMS, layanan konten hingga Posko Siaga dapat dinikmati dengan nyaman oleh pelanggan.”

Layanan MMS yang memungkinkan pelanggan mengirimkan pesan teks dan gambar sekaligus dalam satu pesan juga mengalami peningkatan 2 kali lipat menjadi 234.174 MMS di hari H (pada hari normal hanya 119 ribu MMS/hari). Begitu juga download ringtone meningkat 2 kali menjadi 117.122 ringtone/hari (hari normal 68.987 ringtone/hari).

Antusiasme masyarakat dalam memanfaatkan layanan Posko TELKOMSELsiaga pun meningkat 2 kali lipat dengan jumlah pengunjung mencapai 109.435 orang di 55 posko atau 198 orang/hari di tiap posko (tahun lalu 100 orang/hari). Mereka memanfaatkan layanan yang disediakan seperti: toilet, makan minum gratis, obat-obatan, hiburan, porter gratis di posko bandara dan terminal, packaging tas dan kardus, serta isi pulsa dan kartu perdana.

“Kami bersyukur proses panjang dan menyeluruh dalam rangka menghadirkan kenyamanan pelanggan sepanjang ramadhan dan mudik Lebaran tahun ini, melalui program yang kita kenal dengan nama TelkomselSiaga, menunjukkan hasil yang signifikan bahkan memuaskan. Ini adalah keberhasilan bersama dalam melayani masyarakat,” ungkap Kiskenda.

    

Berlipat Ganda: Direktur Utama Telkomsel Kiskenda Suriahardja memberikan tumpeng pada Ketua TELKOMSELsiaga 2008 Erick Noviantoro disaksikan Direktur Perencanaan dan Pengembangan Syarif Syarial Ahmad (paling kanan), Direktur Keuangan Triwahyusari (kedua dari kiri), dan Direktur Niaga Leong Shin Loong (paling kiri) saat paparan performansi jaringan dan layanan TELKOMSELsiaga 2008.

Tahun ini TELKOMSELsiaga juga dilengkapi dengan layanan video surveilllance pemantau kemacetan di 13 titik strategis dengan hit mencapai 631.503 hit. Di samping itu juga ada layanan mobile wallet T-Cash yang memungkinkan pelanggan bisa belanja menggunakan ponselnya sebagai dompet digital di 1.200 titik merchant sepanjang Lampung-Jawa-Bali.

Dari 20 lokasi Indomaret yang melayani transaksi tertinggi layanan T-Cash sepanjang kurun waktu satu minggu sebelum dan setelah lebaran (24/9 – 8/10) tercatat nilai transaksi mencapai Rp 2,3 juta sehari/lokasi yang dilakukan oleh 6 orang sehari/lokasi.

Kemanfaatan nyata TELKOMSELsiaga baik dari sisi jaringan dan layanan tanpa diduga mendongkrak penambahan pelanggan baru 1,2 juta hanya dalam 7 hari di masa lebaran, di mana mayoritas pelanggan baru tersebut di wilayah mudik utama, yakni Jawa Tengah dan Jawa Timur. Hal ini menjadikan jumlah pelanggan Telkomsel melampui 60 juta.

Secara khusus, Kiskenda juga menyampaikan ucapan terima kasih yang sebesar-besarnya kepada semua pihak khususnya: Polri, Dephub, Pemda, serta mitra vendor, content provider, asuransi dan dealer yang telah bersama-sama menghadirkan kemanfaatan nyata bagi masyarakat luas. “Semoga ke depan kehadiran Telkomsel bersama mitra semakin membawa manfaat bagi masyarakat luas, bangsa dan negara Indonesia,” harap Kiskenda.

Di samping kesuksesan dari sisi jaringan dan layanan, Telkomsel juga menggelar program Mudik Gratis dengan memberangkatkan 5.227 orang. Bahkan tahun ini telah melengkapi moda transportasi mudiknya dengan kapal laut, yang menjadikan program mudik Telkomsel menggunakan 6 moda transportasi terlengkap, yakni kapal laut, pesawat, bus, kereta api, motor, mobil keluarga yang disewakan beserta sopir. Mudik Kapal Laut menjadi sangat spesial karena untuk pertama kalinya pengguna kapal laut dapat menikmati sinyal komunikasi sepanjang perjalanan berkat program Telkomsel Merah Putih yang menjangkau jalur komunikasi daerah desa tertinggal, industri terpencil, dan bahari.

Tag :