Pelanggan Telkomsel Meningkat 8,86 Juta

Performansi triwulan ketiga 2007

Pelanggan Telkomsel Meningkat 8,86 Juta 

Jakarta, 1 Nopember 2007

Sebagai service leader operator selular di Indonesia, performansi Telkomsel di triwulan ketiga 2007 mencatatkan pertambahan pelanggan mencapai 8,86 juta di mana jumlah pelanggan menjadi 44,5 juta per 30 September 2007.

Dari jumlah tersebut, pelanggan kartu prabayar Telkomsel (simPATI dan Kartu As) mencapai 42,57 juta dan sisanya 1,89 juta merupakan pelanggan paskabayar (kartuHALO).

Peningkatan 8,86 juta pelanggan sampai triwulan ketiga 2007 ini memberikan kontribusi pada pertumbuhan pendapatan perusahaan (gross operating revenue) sebesar 27% dari periode sembilan bulan tahun 2006.

Telkomsel juga dapat menjaga tingkat profitabilitas perusahaan pada level yang baik, di mana EBITDA (earning before interest, taxes, depreciation, and amortization) tumbuh 22% dari periode yang sama tahun 2006, dengan EBITDA margin terhadap gross revenue mencapai 58% atau lebih baik dari rata-rata industri telekomunikasi selular di Indonesia.

Pendapatan bersih perusahaan (net income) Telkomsel pun mengalami pertumbuhan 16%, di mana pendapatan masih didominasi dari layanan komunikasi suara, yakni sekitar 73%, sisanya 27% dari pendapatan SMS (Short Message Service) dan layanan mobile data.

    

Kinerja Telkomsel: Ragam inovasi Telkomsel seperti HALOhybrid, layanan 3G, serta Telkomsel Flash telah mendongkrak pertumbuhan pelanggan Telkomsel menjadi 44,5 juta atau bertambah 8,86 juta pelanggan baru pada triwulan ketiga 2007. Peningkatan ini memberikan kontribusi peningkatan pendapatan perusahaan (gross operating revenue) sebesar 27% dibanding 2006, dengan tingkat profitabilitas yang baik, yakni EBITDA margin terhadap gross revenue 58% atau lebih baik dari rata-rata industri telekomunikasi selular di Indonesia.

Hal utama yang menjadikan pencapaian triwulan ketiga 2007 mengesankan adalah bahwa Telkomsel terus berinovasi dalam mengimplementasikan berbagai ragam inovasi layanan seperti: HALOhybrid, Pelindung Dataku, You’ve Got Mail, Telkomsel Flash, simPATI Talkmania, dan layanan mudik terlengkap Telkomsel Siaga. Di samping itu juga melakukan penggelaran layanan berbasis teknologi terkini 3G (WCDMA dan HSDPA) di 49 kota di seluruh Indonesia.

Direktur Utama Telkomsel Kiskenda Suriahardja mengatakan, "Langkah yang dilakukan Telkomsel telah berhasil merebut hati mayoritas pelanggan baru dari pasar selular di Indonesia sepanjang tahun 2007 ini, sekaligus mengokohkan Telkomsel sebagai service leader yang selalu menghadirkan keunggulan kompetitif dibanding layanan sejenis di pasar. Hasilnya antara lain adalah peningkatan pertumbuhan pelanggan Telkomsel yang lebih tinggi dibandingkan dengan pertumbuhan pasar secara keseluruhan. Ini memberikan gambaran nyata bahwa produk kami sesuai dengan kebutuhan pelanggan."

"Terus bertumbuhnya pendapatan Telkomsel juga membuktikan bahwa pelanggan kami adalah pelanggan yang aktif serta memiliki kemampuan yang tinggi untuk menggunakan berbagai inovasi layanan yang kami luncurkan. Hal ini memberikan gambaran bahwa Telkomsel dalam jalur yang benar dalam memandu perkembangan industri telekomunikasi selular di Indonesia," tambah Kiskenda.

Tag :