Telkomsel dipercaya Melayani 44 juta pelanggan

Telkomsel, Service Leader  Berorientasi Pelanggan
          

Jakarta, 4 September 2007

Bertepatan dengan Hari Pelanggan Nasional, sebagai service leader yang saat ini telah dipercaya melayani lebih dari 44 juta pelanggan atau atau lebih dari 50% pengguna selular di Indonesia, Telkomsel terus konsisten dengan komitmennya menghadirkan kemanfaatan bagi pelanggan melalui pemenuhan 5 pokok kebutuhan pengguna selular yakni: cakupan terluas, jaringan berkualitas, inovasi produk, pelayanan pelanggan dan tarif yang wajar.

Menyusul setelah penggelaran jaringan terluas yang meng-cover lebih dari 95% populasi Indonesia dan network yang berkualitas dengan tingkat kontinyuitas kenyamanan komunikasi memenuhi standar kelas dunia mencapai 99,5% (sangat minim area blankspot -nya), Telkomsel di tahun 2006 kembali mempelopori penggelaran era baru layanan 3G di Indonesia yang melengkapi ragam teknologinya untuk melayani masyarakat.

Dan untuk melengkapi kecanggihan konvergensi IT dan network, Telkomsel di tahun 2007 ini mengimplementasikan Convergent Online Charging (COC), dimana sistem ini mempunyai kemampuan meningkatkan Fleksibilitas, Efisiensi dan Penyederhanaan proses dalam menghadirkan ragam inovasi produk dan layanan konvergen prabayar dan paskabayar.

GM Corporate Communications Telkomsel Azis Fuedi mengatakan, "Bagi Telkomsel menghadirkan solusi inovatif berbasis kecanggihan IT (Information Technology) dan Network merupakan tantangan utama operator telekomunikasi dalam menjawab kebutuhan pelanggan di masa depan. Terlebih pelanggan menginginkan ponselnya sebagai bagian dari gaya hidup yang tak terpisahkan, dengan berbagai kemampuan seperti:  alat pembayaran, internet broadband, dan mobile office solutions".

"Pengimplementasian COC ini tentunya akan semakin meningkatkan kemampuan Telkomsel dalam berinovasi memenuhi tuntutan pasar sesuai kebutuhan dan keinginan pelanggan yang merupakan parameter ke-3 kebutuhan pokok pengguna selular. Sebagaimana kita ketahui ada 5 urutan parameter kebutuhan pokok (cakupan yang luas, kualitas jaringan, inovasi produk, pelayanan pelanggan, dan tarif yang wajar)", ungkap Azis

  

GM Sales and Customer Service Telkomsel Mirza Budiwan dan Riza A Wildani menyerahkan bingkisan kepada pelanggan pertama yang datang ke GraPARI Jakarta Selatan saat Hari Pelanggan Nasional (4/9). Bertepatan dengan Hari Pelanggan Nasional, Telkomsel mengukuhkan diri sebagai service leader layanan selular nasional yang dipercaya melayani lebih dari 44 juta pelanggan atau atau lebih dari 50% pengguna selular di Indonesia.

 

Seiring dengan penggelaran jaringan terluas, teknologi ter-update dan ragam produk yang inovatif, Telkomsel juga berkomitmen untuk hadir lebih dekat dan lebih nyata dengan menghadirkan lebih dari 260.000 titik pelayanan Telkomsel, baik yang dikelola sendiri maupun yang dikelola bersama mitra yakni 68 GraPARI, 210 GeraiHALO, 2.300 KiosHALO, 2.950 Retail Nasional, 250.000 m-Kios dan 5.000 Outlet Dealer. Tidak terhitung jumlah tenaga kerja yang terserap, baik secara langsung maupun tidak langsung.

Berbagai pendapat dan kajian pakar menggambarkan bahwa ketersediaan sarana telekomunikasi beserta sarana pendukungnya akan meningkatkan daya tarik investasi, memperluas peluang berusaha, menciptakan lapangan kerja baru, mendinamisasi lingkungan bisnis, dan berbagai manfaat lainnya. Selain meningkatkan kelancaran komunikasi antar penduduk dan mempersatukan negeri, kehadiran Telkomsel juga meningkatkan percepatan pertumbuhan perekonomian dan kemasyarakatan.

Sejak awal beroperasinyatahun 1995 di mana Telkomsel hanya memiliki 149 BTS (Base Transceiver Station), kini telah menggelar lebih dari 18.000 BTS atau 120 kali lipatnya, di mana telah meng-cover lebih dari 95% populasi Indonesia, bahkan Telkomsel tetap melayani tanpa pilih-pilih. Kenyamanan berkomunikasi di luar negeri pun dijamin karena Telkomsel bermitra dengan 260 operator International Roaming di seluruh belahan dunia, yang membuat pelanggan merasakan komunikasi yang tak terputus (seamless roaming).

Telkomsel juga mempelopori industri selular Indonesia untuk Go International dengan menjadi salah satu pendiri Bridge Mobile Alliance (BMA) yang merupakan aliansi mobile selular terbesar di Asia Pasfik beranggotakan 11 operator yakni: Airtel (India), Advanced Info Service (Thailand), CSL (Hong Kong), CTM (Macau), Globe Telecom (Philippines), Maxis (Malaysia), SingTel Mobile (Singapore), SingTel Optus (Australia), SK Telecom (Korea), Taiwan Mobile (Taiwan), dan Telkomsel (Indonesia).

Dalam tahun ini, Telkomsel bersama BMA juga telah memperluas layanannya melalui kerjasamanya dengan aliansi operator terbesar di Eropa yakni Freemove yang beranggotakan: Orange, TeliaSonera, Telecom Italia Group dan T-Mobile. Kerjasama tersebut merupakan ekspansi layanan dengan wilayah kerjasama terluas meliputi 38 negara dan lebih dari 400 juta pelanggan di empat benua (Eropa, Amerika, Asia dan Australia). Tujuan dari aliansi ini adalah menghadirkan pelayanan global melalui pengembangan produk dan layanan selular regional secara bersama dan mengeksplor platform layanan yang kompatibel lintas negara.

Ragam Produk dan Layanan

Operator selular yang kini sahamnya dimiliki oleh TELKOM 65% dan SingTel 35% ini, menghadirkan 3 jenis produk (paskabayar kartuHALO, prabayar simPATI danKartu As) sebagai upaya untuk menyediakan pilihan solusi komunikasi dalam melayani segmentasi yang berbeda-beda.  Sepanjang 12 tahun beroperasi, Telkomsel semakin dipercaya melayani kebutuhan komunikasi masyarakat selular Indonesia di mana jumlah pelanggannya kini mencapai lebih dari 44 juta atau meningkat  1.700 kali lipat dibanding tahun 1995 yang hanya melayani 26.000 pelanggan

Selain itu,  sebagai service leader di industri selular Indonesia, Telkomsel terus menghadirkan beragam inovasi yang memiliki keunggulan kompetitif dibanding layanan sejenis. Bahkan beberapa diantaranya hanya dimiliki Telkomsel seperti PelindungDataku (pengaman data di ponsel), HALOhybrid (layanan prepaid dan postpaid dalam satu kartu), TelkomselFlash (HSDPA berbasis waktu dan bisa dinikmati pengguna prabayar), You’ve Got Mail (push email hingga 5 account bagi pengguna prabayar dan paskabayar) dan Telkomsel Call Me sebuah fasilitas yang memungkinkan pelanggan tidak terputus komunikasinya walaupun kehabisan pulsa.

  
Petugas Customer Service Telkomsel sedang melayani salah seorang pelanggan di konter pelayanan GraPARI Jakarta Selatan (4/9).Bertepatan dengan Hari Pelanggan Nasional, sebagai service leader yang saat ini telah dipercaya melayani lebih dari 44 juta pelanggan, Telkomsel terus konsisten dengan komitmennya menghadirkan kemanfaatan bagi pelanggan melalui pemenuhan 5 pokok kebutuhan pengguna selular yakni: cakupan terluas, jaringan berkualitas, inovasi produk, pelayanan pelanggan dan tarif yang wajar.

Konvergensi layanan secara nyata diimplementasikan Telkomsel, sebagai upaya menghadirkan manfaat bagi lingkungan bisnis, contoh: konvergensi dengan industri perbankan (m-banking, m-ATM dan e-wallet), media massa dan  konten  (mobile TV live dan mobile video streaming), industri musik yang sekaligus membangkitkan dari keterpurukan karena pembajakan (ring back tone atau Nada Sambung Pribadi), industri otomotif (layanan info otomtotif seperti m-Toyota), bahkan Telkomsel melahirkan era baru untuk menggairahkan olahraga nasional (layanan sebakbola Indonesia *465#).

Semua inovasi produk dan layanan Telkomsel dihasilkan dari konvergensi kecanggihan IT dan network di mana Telkomsel telah mengimplentasikan berbagai teknologi GSM : mulai dari generasi kedua (2G) berbasis CSD (Circuit Switched Data), GPRS (Global Packet Radio Service)  atau 2½ G, EDGE (Enhanced Data rate GSM Evolution) atau 2¾ G dan WiFi (Wireless Fidelity) sinergi dengan Wireless LAN. Dan tentunya inovasi produk dan layanan Telkomsel akan semakin canggih dan customized, dengan segera diimplementasikankanya sistem COC berbasis IT tercanggih pertama di Indonesia.

Tag :