Dunia 3G Telkomsel Hadirkan 30 konten, layanan religi hadir di bulan suci Ramadhan Surabaya, 30 September 2006

Menyusul Jakarta dan Bandung, Telkomsel terus melakukan rangkaian penggelaran layanan 3G ke berbagai kota di Indonesia di mana hari ini secara resmi diluncurkan di Surabaya dan segera  hadir di Medan. Acara peluncuran di bulan ramadhan ini ditandai dengan tayangan salah satu layanan 3G religi yakni ‘Tauziyah Ustadz Jefry’, serta video call antara Direktur Utama Telkomsel Kiskenda Suriahardja dengan Ustadz Jefry yang sedang berada di Jakarta.

Sejak diluncurkannya komersialisasi layanan 3G Telkomsel pertama di Indonesia 14 September 2006 di Jakarta, angka pertumbuhan animo masyarakat terhadap kehadiran layanan 3G Telkomsel sangat tinggi di mana saat ini tercatat sekitar 120.000 pelanggan Telkomsel paskabayar dan prabayar telah menikmati Dunia 3G Telkomsel, tanpa harus ganti kartu dengan cukup mengetik 3G kirim ke 3636.

3gsby

Direktur Utama Telkomsel Kiskenda Suriahardja didampingi Agus P. Simorangkir (VP Telkomsel Area Jawa-Bali Nusra) melakukan video call dengan Ustadz Jefry menandai hadirnya layanan 3G Telkomsel di Surabaya (30/9), yang dilanjutkan dengan tayangan Mobile Video ’Tauziyah Ustadz Jeffry’. Layanan 3G Telkomsel saat ini memiliki 30 konten termasuk diantaranya konten religius yang telah nyaman dinikmati sekitar 120.000 pelanggan di Jakarta, Bandung dan Surabaya

Layanan 3G Telkomsel menghadirkan pengalaman baru yang menakjubkan di mana pelanggan akan merasakan era baru komunikasi selular yang merupakan kombinasi : suara, teks, gambar dan video.  Di samping layanan video call, pelanggan telah dapat menikmati sekitar 30 konten Dunia 3G Telkomsel seperti: Mobile TV (SCTV, Metro TV, dan O Channel), serta Mobile Video (Liga Inggris, ESPN, liputan6, Infotainment, Headline News, Top stories, Top of the top, video trailer, dokumenter kemerdekaan, pendidikan, Budaya, Fashion TV, Pitstop Sport, BBC World, Asian Golf, Fish Tale cartoon, Humor clips, Religi Moslem, Christian, Catholic dan Budha).

Direktur Utama Telkomsel, Kiskenda Suriahardja mengungkapkan, ”Bagi kami menghadirkan layanan 3G yang benar-benar nyata bisa dinikmati dan menjadi manfaat bagi masyarakat luas merupakan tanggung jawab bisnis sebagai pemimpin di industri selular Indonesia, sekaligus sebagai ungkapan kepedulian Telkomsel untuk selalu siap memandu industri ini menghadapi perkembangan evolusi teknologi terkini.  Dalam hal ini tidak sebatas menghadirkan jaringan teknologi 3G semata, tapi juga konten layanannya.  Dan yang lebih penting lagi kehadiran layanan 3G ini harus dapat menjadi nilai tambah bagi masyarakat, lingkungan bisnis dan negara.”

Kesuksesan rangkaian penggelaran layanan 3G Telkomsel ini tentunya juga atas dukungan 3 mitra vendor jaringan (Nokia, Ericcson dan Siemens) serta 9 mitra content provider tahap pertama yakni: Metro TV, SCTV, O Channel, BizzComm, Elasitas, Infokom Elektrindo, Plasma, dan Alpha Omega.

Pelanggan Telkomsel dapat menikmati berbagai inovasi baru layanan 3G dengan nyaman karena hingga akhir Oktober 2006 Telkomsel memberikan bonus seperti: setiap berkomunikasi Video Call  gratis 5 menit pertama (bila lebih dari 5 menit dikenakan tarif menelpon normal), setiap  mengakses  Mobile TV   kontennya  gratis  5 menit  pertama  (bila lebih dikenakan Rp 1.200/menit untuk kartuHALO serta Rp 1.800 untuk simPATI dan Kartu As). Sedangkan layanan Mobile Video kontennya gratis, hanya dikenakan biaya streamingnya Rp 12/kilobyte (sama dengan tarif GPRS normal yang kini telah diturunkan menjadi semakin murah)


VP Area Jawa-Bali Nusra, Agus P Simorangkir mengungkapkan seiring dengan perkembangan teknologi 3G, Telkomsel mengembangkan metode pelayanan pelanggan inovatif dengan menghadirkan customer service berbasis video. Layanan tersebut dapat diakses langsung dari ponsel dengan menekan 111 bagi pelanggan kartuHALO serta 116 untuk kartu prabayar simPATI dan Kartu As. Hal ini tentunya menjadi nilai tambah sekaligus menghadirkan pengalaman baru bagi pelanggan, layaknya dilayani  24 jam di  konter pelayanan Telkomsel secara interaktif melalui layar ponsel.

Saat ini pelanggan di Surabaya dilayani oleh 43 Node B (BTS 3G) yang merupakan bagian dari 260 BTS 3G Telkomsel yang telah digelar di 4 wilayah yakni: Jakarta 142 BTS, Bandung 33 BTS, dan Medan 42 BTS. Di samping itu Telkomsel juga telah mempersiapkan di berbagai kota seperti: Semarang, Jogja, Batam, Balikpapan, Makassar, dan Bali serta memperluas cakupan layanan 3G di kota-kota sekitar Jakarta (Tangerang, Bogor, Bekasi dan Depok). Hingga akhir tahun 2006 ini Telkomsel akan menggelar lebih dari 1.000 BTS yang merupakan bagian dari sekitar 3.000 BTS yang direncanakan dengan investasi Rp 3 triliun selama 3 tahun dan akan terus ditambah seiring dengan kebutuhan pasar.

Dengan hadirnya layanan berbasis teknologi 3G, kini pelanggan dilayani oleh teknologi Telkomsel yang beragam didukung jaringan GSM terluas yang telah menjangkau hingga pelosok, sesuai kemampuan dan jenis ponsel yang digunakan pelanggan. Layanan  berbasis Teknologi 3G merupakan kelanjutan dari evolusi teknologi GSM, di mana sebelumnya Telkomsel telah mengimplentasikan berbagai teknologi GSM : mulai dari generasi kedua (2G) berbasis CSD (Circuit Switched Data), GPRS (Global Packet Radio Service)  atau 2½ G, EDGE (Enhanced Data rate GSM Evolution) atau 2¾ G dan WiFi (Wireless Fidelity) sinergi dengan Wireless LAN.  Dalam hal ini bila pelanggan yang berponsel 3G berada diluar jaringan 3G, secara otomatis akan dilayani oleh jaringan teknologi Telkomsel lainnya.

Tag :