Inovasi terbaru Telkomsel, Peluncuran Mobile Message Board

Jakarta, 15 Desember 2004

Fenomena SMS belakangan ini, telah memunculkan bebagai hasil seperti terorbitnya para bintang baru AFI, KDI, Indonesia Idol dari dunia musik, popularitas program televisi, bahkan sampai penggunaannya untuk keperluan polling dan quiz. Model layanan ini membutuhkan seperangkat khusus untuk mendukung aktivitas tersebut. Kini kebutuhan serupa dapat dilakukan secara personal oleh semua pelanggan Telkomsel tanpa membutuhkan investasi penyediaan server khusus. Solusi atas ini ditawarkan Telkomsel dengan meluncurkan layanan Mobile Message Board (MMB). Layanan ini dikembangkan 100% oleh Telkomsel sendiri dan merupakan layanan inovatif yang belum pernah ditawarkan operator lain.

Dengan layanan ini pelanggan Telkomsel dapat menikmati fasilitas layaknya pengelola Kuis, Polling, dan berbegai kegiatan yang promotif, distribusi informasi, maupun survey sederhana, tanpa membutuhkan investasi seperangkat alat pendukung seperti server. Semua pelanggan bisa mempunyai content sederhana yang di kreasi sendiri, tanpa harus bersusah payah, tetapi cukup menjadi pelanggan Telkomsel.

VP Marketing & Mobile Data Telkomsel ­ Erik Meijer, mengatakan ‘‘Selain coverage dan kapasitas, Telkomsel senantiasa memperhatikan kebutuhan pelanggan, termasuk inovasi layanan yang memberikan solusi pada masyarakat selular yang semakin berkembang’’. Terkait dengan MMB ini, Erik mengatakan bahwa setiap pelanggan Telkomsel dapat membuat hingga 20 content pribadi melalui nomor singkat khusus yang dapat diakses oleh seluruh pelanggan Telkomsel. Menurut Erik, layanan ini akan sangat cocok untuk meningkatkan komunikasi dalam komunitas: “Layanan ini dibuat sangat fleksibel sehingga jenis pengunaannya sangat banyak, seperti untuk kuis, polling, business card, promosi produk atau tempat, sales promo, informasi program mingguan, komunikasi komunitas seperti arisan, sekolah, atau alumni, komunikasi kantor, request lagu untuk radio, dan masih banyak lagi. Sifat dari Mobile Message Board ini seperti personal website di internet tetapi ini lebih interactive dan mobile.”

Caranya Mudah

Ada 2 (dua) cara untuk menikmati layanan MMB ini, yakni dengan cara membuka Web Site Telkomsel (www.telkomsel.com) atau via SMS.

Via website Telkomsel :

Pelanggan dapat log on di website www.telkomsel.com. Bagi pelanggan yang sudah mempunyai User ID & Password, maka setelah log-in dapat langsung pilih dalam menu “Mobi Catalogue” ke “Mobile Message Board” (atau “MyContent”), lalu mengisi field yang tersedia yaitu: ADN (Abbreviated Dialing Number = nomor singkat), KEYWORD dan CONTENT

Tersedia pilihan 5 nomor singkat (ADN) yang dapat dipilih yaitu: 2225, 2226, 2227, 2228, 2229. Pelanggan dapat memilih nomor mana saja, tidah ada perbedaan prosedur maupun proses untuk masing-masing nomor. Jika keyword yang diinginkan sudah dipakai oleh pelanggan lain di satu ADN, pelanggan dapat mencobanya di ADN lainnya.

Prosedur pembukaan ADN layanan MMB melalui cara ini tidak dipungut biaya.

Bagi pelanggan yang belum mempunyai User ID & Password di webiste Telkomsel, cara mendapatkannya sangat mudah, yakni cukup mengirim SMS dengan isi pesan PORTAL ke 5454. Bagi pelanggan yang pernah me-register dan lupa user Id & password-nya, maka cara mendapatkannya kembali mudah cukup SMS dengan ketik PASS PORTAL dikirim ke 5454.

Via SMS :

Kirim SMS ke nomor singkat (ADN) yang diinginkan (2225, 2226, 2227, 2228, atau 2229). Kemudian pelanggan mengetik SMS dengan isi pesan sebagai berikut :

REG<spasi>KEYWORD1<spasi>KEYWORD2#CONTENT RESPONSE

Keterangan :

REG : merupakan kata instruksi untuk melakukan registrasi
KEYWORD : Diisi dengan 1 kata, maksimal 20 karakter
Contoh : cuaca atau cateringrestuibu

CONTENT RESPONSE : Merupakan serangkaian pesan / informasi yang ingin disampaikan kepada pengakses content kita, dengan maksimum 115 karakter.

Contoh : Garden Party 12 jt, Pool Party 20 jt, Indoor Party 18 jt, tambahan artis 10 jt, hub 0811138768

Biaya proses pembukaan ADN layanan MMB melalui SMS bagi pelanggan kartuHALO dikenakan biaya hanya Rp 500 yang akan secara otomatis masuk pada billing berikutnya, sedangkan untuk pelanggan simPATI dan kartu As dikenakan biaya Rp 550 yang otomatis akan dipotong pulsanya.

Tarif MMB

Layanan MMB dibuat semurah mungkin agar dapat benar-benar dinikmati masyarakat secara luas untuk kebutuhan komunikasi komunitas. Pelanggan yang membuka content melalui website Telkomsel tidak dipungut biaya. Hanya akses SMS kepada salah satu nomor singkat khusus (2225, 2226, 2227, 2228 dan 2229) dikenakan biaya per SMS sbb:

Tarif kartuHALO simPATI kartuAS
SMS ke nomor 2225, 2226, 2227, 2228, 2229
(create / request content)
Rp 500,-Rp 550,-Rp 550,-
Terima Content dari
2225, 2226, 2227, 2228, 2229
GratisGratisGratis

Pelanggan dapat membuat sampai 20 “content page” yang akan aktif terus selama tiap bulan diakses minimal 10 kali (jadi selama ada minimal 10 SMS masuk untuk content page pelanggan, maka akan hidup terus). Semua interaksi antara pelanggan dengan content page dapat dilihat oleh pemilik contentnya melalui www.telkomsel.com setiap saat secara real time.

Tag :