Tarif Kartu As makin murah

Jakarta, 22 September 2004

Kini pelanggan Kartu As dapat menikmati biaya berkomunikasi yang semakin murah, karena Telkomsel memberikan penurunan tarif percakapan dan SMS. Tarif baru ini mulai berlaku 22 September 2004 pukul 00.00 waktu setempat.

Dalam 4 bulan sejak diluncurkannya Kartu As 24 Mei 2004 lalu, pertumbuhan pelanggan Kartu As menunjukkan angka yang cukup fantastis di mana kini telah mencapai sekitar 1,4 juta pengguna Kartu As, atau bisa dikatakan bahwa setiap bulannya terjadi penambahan lebih dari 300 ribu pelanggan baru Kartu As.

Direktur Utama Telkomsel ­ Bajoe Narbito mengatakan, “Kami selalu berupaya memberikan nilai tambah pada produk dan layanan Telkomsel. Sebagai apresiasi seiring dengan besarnya kepercayaan pengguna kartu prabayar selular di Indonesia yang memilih Kartu Assebagai sarana komunikasinya, kami memberikan penurunan tarif percakapan dan SMS. Dengan ini tentunya pengguna Kartu As akan semakin nyaman dalam berkomunikasi dengan anggota keluarga, teman maupun mitra bisnisnya.”

Bajoe menambahkan bahwa hal ini juga merupakan salah satu wujud kepedulian Telkomsel dalam meningkatkan kesempatan masyarakat luas untuk dapat menikmati layanan jasa selular dan mendapatkan sarana komunikasi berkualitas dengan biaya yang semakin terjangkau.

Dengan diberlakukannya penurunan tarif, maka pelanggan Kartu As akan menikmati perubahan sebagaimana berikut :

  1. Lokal ke PSTN menjadi Rp 700 per menit
  2. Lokal ke Operator lain menjadi Rp 1,500 per menit
  3. Percapakan sesama pelanggan Telkomsel (kartuHALO & simPATI) dari sabang sampai merauke menjadi Rp 1,200 per menit (tarif Flat).
  4. SMS ke semua operator domestik menjadi Rp 300 (Tarif SMS sesama Kartu As hanya Rp 100, berlaku sampai 31 Oktober 2004)
  5. Time Unit panggilan ke PSTN menjadi per 30 Detik (semula per 60 detik).

 

Berikut perbandingan tarif Lama dan Baru Kartu As yang berlaku per 22 September 2004

Tujuan Panggilan

Tarif/ menit

Tarif/ menit

LAMA

BARU

PANGGILAN LOKAL

   

Panggilan PSTN

990

700

Panggilan ke Operator Selular Lain

1,900

1,500

Panggilan sesama Telkomsel (kartuHALO & simPATI) - Tarif Flat

1,600

1,200

(Berlaku untuk percakapan dari Sabang - Merauke)

   
     

PANGGILAN SMS

   

Sesama Kartu As

325

300

Sesama Telkomsel (kartuHALO & simPATI)

350

300

Operator Lain

375

300

Seputar Kartu As

Kartu As merupakan kartu prabayar di mana harga paket perdananya Rp 25.000 termasuk didalamnya pulsa senilai Rp 25.000. Kartu As dilengkapi dengan voucher isi ulang senilai Rp.20.000,- dan Rp.50.000,-. Selain dilengkapi dengan fasilitas Bebas Roaming Nasional (Gratis terima telepon dari nomor operator manapun), skema tarifnya pun selain murah juga sederhana.

Kehadiran Kartu As melengkapi jenis produk Telkomsel yang ditawarkan dalam rangka memberikan solusi komunikasi sesuai dengan kebutuhan dan keinginan segmentasi pelanggan yang berbeda-beda. Sebelumnya Telkomsel telah memiliki produk yang sangat digemari pengguna selular yakni : simPATI (prabayar) dan kartuHALO (paskabayar).

Sejak diluncurkan Mei 2004, animo masyarakat untuk menggunakan Kartu As begitu tinggi, hal ini tentunya merupakan tantangan tersendiri bagi Telkomsel untuk terus memberikan nilai tambah pada produknya. Untuk itu, awal Agustus 2004 Telkomsel meluncurkan inovasi desain produk Kartu As selalu ON yang menjadi catatan penting dalam dinamika industri selular Indonesia dalam hal lahirnya inovasi produk kartu prabayar.

Kartu As selalu ON mempunyai arti bahwa Kartu As akan terus aktif (bisa menelpon dan ditelpon) secara otomatis untuk setiap periode 30 hari ke depan. Desain produk kartu prabayar seperti ini “kartu prabayar yang selalu aktif ­ tanpa masa berlaku pulsa” merupakan yang pertama di Indonesia”. Seperti kita ketahui, pada umumnya, masa aktif produk kartu prabayar ditentukan oleh berapa besar nilai pulsa yang ditambahkan pada saat isi ulang (biasanya semakin kecil nilai pulsa yang ditambahkan, semakin pendek juga masa aktifnya).

Masa aktif Kartu As pada desain produk yang baru tidak didasarkan pada berapa nilai pulsa yang ditambahkan pada saat isi ulang, tetapi berdasarkan penggunaan setiap periode 30 hari. Dalam hal ini, apabila pelanggan Kartu As telah memiliki dan atau menggunakan pulsa ≥ Rp 25.000 maka secara otomatis pada periode 30 hari berikutnya, kartunya akan berstatus “Aktif” (bisa menelpon dan ditelpon).

Nilai pulsa Rp 25.000 merupakan nilai yang sangat terjangkau oleh segmen pengguna kartu prabayar di Indonesia yang mempunyai ARPU sekitar Rp 80.000 atau penggunaan rata-rata perbulannya lebih dari 3 kali dari nilai tersebut.

Di samping mendapatkan produk yang memberikan biaya murah, pelanggan Kartu As juga dilayani oleh Jaringan berkualitas Telkomsel yang saat ini merupakan jaringan GSM terluas di Indonesia yang didukung oleh sekitar : 5.500 BTS (Base Transceiver Station), 170 BSC (Base Station Controller) dan 60 MSC (Mobile Switching Centre). Kartu As juga didukung kualitas High Performance Network, di mana tingkat Call Completion Rate ­ Kenyamanan kontinyuitas berkomunikasi mencapai 99,31%. Untuk mengatasi kepadatan trafik selular, didukung oleh penerapan teknologi Dual-Band (GSM 900 dan 1800).

Tag : tarif, kartu