Telkomsel luncurkan M-KIOS
Inovasi Mutakhir, Alternatif Pengisian Pulsa

Jakarta, 18 Juni 2004

Sebagai operator selular yang dikenal penuh inovasi, Telkomsel, senantiasa berupaya
memberikan inovasi bagi kemudahan para pelanggannya. Hari ini mengumumkan peluncuran layanan alternatif baru di bidang pengisian pulsa yang diberi nama M-KIOS. Pengisian ini melengkapi jumlah pilihan pelanggan untuk mengisi pulsa sebagaimana yang dikenal selama ini .

Pengisian pulsa untuk pelanggan kartu prabayar ini dilakukan secara elektronik yang aman karena menggunakan USSD Command. Alternatif ini mempermudah pula mitra distribusi dalam memberikan pelayanan kepada pelanggan kartu prabayar Telkomsel, karena selain ragam nominasi pulsa, pihak distribusi juga dapat menawarkan alternatif cara pengisian.

Cara Pengisian Baru secara Elektronis

Layanan pengisian pulsa secara M-KIOS mempermudah pelanggan dalam melakukan kegiatan yang biasa dilakukan dalam pengisian pulsa sebagaimana bila menggunakan voucher fisik, dimana pelanggan perlu menggosok bagian tertentu untuk mendapatkan kode 14 digit yang kemudian harus mengirimkannya secara IVR ( Interactive Voice Response ).

Dengan M-KIOS, maka pengisian dilakukan secara over the air dengan menggunakan ponsel yang diperlengkapi dengan SIM Card khusus untuk M-KIOS. Pelanggan cukup datang ke lokasi tempat penjualan yang memiliki fasilitas M-KIOS dan membayar sejumlah uang sesuai dengan nominal pulsa yang ingin diisikannya, lalu petugas di tempat penjualan akan melakukan proses over the air . Beberapa saat kemudian pelanggan yang mengisi pulsa secara M-KIOS akan mendapatkan notifikasi bahwa pulsanya telah bertambah sesuai dengan nominal pulsa yang dibelinya.

Dengan layanan yang begitu mudah dan memudahkan semua pihak ini, Telkomsel sedang dilakukan persiapan untuk melakukan penyebar-luasan pengisian secara M-KIOS simultan di seluruh Indonesia. “Dalam dua bulan terakhir ini, kami sudah melakukan uji opreasi di 500 M-KIOS dengan hasil uji yang 150.000 pengisian secara M-KIOS di 500 lokasi, semuanya telah benar-benar bisa diterima” demikian VP Sales Yuen Kuan Moon menjelaskan hasil uji cobanya. Lebih lanjut Moon mengatakan bahwa mulai hari peluncuran M-KIOS ini, Telkomsel sedang bergerak menuju 6.000 M-KIOS di seluruh Indonesia dan bahkan bila respons pasar menghendakinya, Telkomsel siap menambahnya lebih banyak lagi.

Moon menambahkan bahwa layanan ini akan membuat pengisian pulsa kartu prabayar menjadi semakin mobile sejalan dengan kemudahan menikmati sinyal Telkomsel ”karenanya jangan heran jika nanti Anda lihat semakin banyak aktivitas pengisian pulsa dapat dilakukan di pinggir jalan dan diberbagai pusat keramaian”. Saat ini pengisian pulsa melalui M-KIOS baru untuk simPATI dengan nominal yang sangat terjangkau untuk pelanggan simPATI.

Hal yang Menarik

Hal-hal yang menarik yang ditawarkan Telkomsel melalui M-KIOS antara lain :
  • Nominal yang sangat terjangkau yakni Rp.20,-Ribu dan Rp.50,-Ribu.
  • Pengisian mudah, karena dilakukan secara otomatis over the air. Pelanggan cukup bayar, selanjutnya menunggu notifikasi SMS. Proses pengisian dilakukan secara otomatis oleh petugas M-KIOS.
  • Memperluas kemudahan dalam mengisi pulsa, karena pembukaan M-KIOS akan mudah dilakukan oleh para dealer karena lebih simpel, cukup menyediakan ruang kecil, satu atau beberapa ponsel yang dilengkapi SIM Card khusus M-KIOS.
simPATI Autorefill

Layanan M-KIOS dari Telkomsel ini melengkapi layanan simPATI Autorefill yang sudah ada selama ini, seperti :

  • Pengisian melalui ATM di ratusan mesin-mesin ATM yang dikelola oleh bank-bank.
  • E-Voucher yang juga sudah tersedia di berbagai outlet
  • Pengisian melalui VIS bagi pelanggan kartu kredit VIS
  • Pengisian melalui Mobile Banking
  • Pengisian oleh pelanggan kartuHALO bagi koleganya yang otomatis di-bill di tagihan bulanannya.

Tag :