Telkomsel perkenalkan kartuHALO naviGator 64

Jakarta, 19 Desember 2002

Mengakhiri Tahun 2002 ini, Telkomsel memperkenalkan inovasi barunya yang diberi nama kartuHALO naviGator 64 dengan Kapasitas besar, kaya akan Menu layanan, dan kecepatan relatif tinggi (memory 64kb dilengkapi dengan fasilitas : Info on demand, directory, dan Multibank Mobile Banking). Peluncuran ini membuka luas peluang untuk layanan-layanan baru seperti Multibank Mobile Banking System, dan meningkatkan pengembangan layanan Mobile Data Services Telkomsel. Dengan kartu ini, pelanggan dapat menjelajah dan menikmati berbagai layanan informasi data pada Menu ‘Info dan Banking yang tersaji dalam kartu tersebut via ponsel. Secara garis besar, menu yang tersimpan dalam kartuHALO naviGator 64 menyajikan layanan User Friendly sebagaimana berikut :


INFO
BANKING
- Music & Movie
- Horoscope
- Travel 
- News & Finance
- Stocks
- Directory
- BNI
- Bank Mandiri
- Citibank
- Danamon
- Panin
- Buana
- Tx Messages
- Svc Setting

Menu “Info”

Layanan ini merupakan implementasi dari fasilitas Info on demand dan Directory yang terdapat dalam kartuHALO naviGator 64 . Menu ‘Info memungkinkan pelanggan Telkomsel untuk mengakses dan mendapatkan informasi yang diinginkan langsung melalui ponselnya, tanpa menggunakan slot time sehingga dapat menggunakan segala jenis ponsel, termasuk ponsel yang tidak memiliki fitur WAP, sebab layanan ini berbasis SMS (Short Message Service).

Menu ini menyajikan informasi yang bersifat umum yang dapat diakses setiap saat di mana saja di seluruh jaringan Telkomsel, di mana terdapat 7 menu utama :

  1. Music & Movie
    Berisi informasi mengenai musik dan tangga lagu di Indonesia serta Asia. Terdapat pula informasi mengenai Film dan jadual pertunjukan film jaringan Cineplex21 di seluruh Indonesia.

  2. Fun
    Memeberikan pilihan content hiburan antara lain cerita humor dalam bahasa Indonesia dan Inggris, ringtone, operator Logo, Caller group, picture message dan screen server

  3. Horoscope
    Ramalan peruntungan sesuai zodiac yang akan diperbaharui setiap hari

  4. Travel
    Informasi yang dibutuhkan saat melakukan perjalanan, seperti jadual keberangkatan kereta api, penerbangan, dan hotel.

  5. News & Finance
    Berisi informasi berita terkini dan informasi lain seperti nilai tukar Rupiah terhadap mata uang asing seluruh dunia serta tagihan Telkomsel dan Telkom bisa diakses dari menu ini.

  6. Stocks
    Informasi seputar perdagangan saham, seperti sentimen positif atau negatif yang membuat indeks Harga Saham Gabungan (IHSG) berfluktuasi dalam sesi perdagangan pertama dan kedua, 10 saham yang mencatat kenaikan harga terbesar, 10 saham yang mengalami penurunan terbesar, 10 saham yang ramai diperdagangkan dan 10 saham yang mencatat nilai perdagangan terbesar. Mencakupi Jakarta dan Surabaya Stocks Exchange.

  7. Directory
    Dengan menu ini, pelanggan Telkomsel bisa mengakses informasi yang mampu mencari serta menampilkan alamat lengkap dan nomor telepon/faks dari GraPARI Telkomsel, ATM, Bank, restaurant&Café, SPBU dan Rumah sakit.

Peluncuran kartuHALO naviGator 64 ini dilakukan Telkomsel dalam upaya memberikan layanan User Friendly yang sesuai dengan kebutuhan pelanggan. Dalam hal menyajikan content pada Menu “Info”, Telkomsel didukung oleh beberapa content provider seperti : Indo.com, Detik.com, Antara, KetawaKetiwi.com, KCM, IMQ21, e-bursa.com, Open Mobile, Intouch, Sadatel, MTV dan SCTV.Menu “Banking”Telkomsel mempelopori pengimplementasian layanan Multibank Mobile Banking System (MMBS) yang memungkinkan pelanggan dapat melakukan aktivitas perbankan di beberapa Bank sekaligus, cukup dengan satu sim card saja. Dalam hal ini, Telkomsel melalui kartuHALO naviGator 64 telah mengembangkan layanan perbankan ‘Mobile Banking yang telah ada sejak bulan Agustus 2000 menjadi lebih praktis. Layanan Mobile Banking sebelumnya bersifat Single Banking (satu sim card untuk satu bank, jadi kalau pelanggan punya 3 account bank harus punya 3 sim card)Perkembangan layanan Multibank Mobile Banking System ini disesuaikan dengan kebutuhan dan preferensi nasabah yang menghendaki layanan cepat. Saat ini banyak pelanggan yang mempunyai beberapa rekening di beberapa bank, sehinga mereka tidak perlu repot ganta-ganti sim card. Dalam hal ini, potensi transaksi pembayaran secara non cash melalui mobile banking semakin meningkat. Beberapa layanan dasar yang didukung oleh aplikasi mobile banking ini antara lain : account balance, fund transfer, informasi transaksi pembayaran, tagihan, suku bunga, mengubah PIN dan service setting.Dalam implementasi awal , Telkomsel kartuHALO Navigator64 melakukan kerja sama aplikasi Mobile Banking dengan beberapa Bank seperti : Bank BNI, Citibank, Bank Mandiri, Bank Buana Indonesia, dan Bank Danamon. Dengan adanya kerja sama tersebut berarti nasabah dari bank-bank tersebut dapat segera menikmati layanan Multibank Mobile Banking yang merupakan konvergensi teknologi selular GSM dengan Banking, khususnya mereka yang juga pelanggan Telkomsel.

Dari hasil suatu survey terpotret 40% pengguna selular menginginkan layanan mobile data services yang didalamnya termasuk implementasi Mobile Banking. Diperkirakan pengguna Mobile Banking di Indonesia akan mencapai 3 jutaan pelanggan pada akhir tahun 2005 dari total nasabah 24 jutaan. Jumlah pengguna mobile Banking cenderung meningkat dikarenakan pelanggan akan mendapat kenyamaman dalam hal melakukan transaksi atau pembayaran, karena layanan ini kemudahan akses dan sifatnya yang mobility.

Di sisi perbankan, dengan diimplementasikannya Mobile Banking tentunya akan memberikan nilai tambah bagi nasabahnya dalam hal kemudahan mendapatkan pelayanan perbankan dan sekaligus akan mengurangi customer handling cost . Dari hasil penelitian suatu lembaga konsultan disebutkan bahwa perbankan secara signifikan rata-rata akan menghemat 26 USD per year per customer bila nasabah dilayani dengan mobile banking dibanding dengan layanan secara fisik.

Tag :