Corporate Social Responsibility

 

Sebagai operator seluler terdepan di Tanah Air, Telkomsel memiliki tanggung jawab untuk memajukan Indonesia dan menjadikan Indonesia lebih baik melalui Teknologi, Informasi dan Komunikasi. Terinspirasi oleh semangat 'BikinK eren Indonesia', Telkomsel secara berkelanjutan mengambil peran dalam menginspirasi, dan menggerakkan Indonesiamelalui berbagai program Corporate Social Responsibility (CSR).

Program CSR Telkomsel merupakan implementasi dari komitmen perusahaan untuk membangun kapasitas masyarakat, sekaligus memberikan kesempatan bagi masyarakat untuk berkembang dan memperoleh peluang untuk terus tumbuh.

Dalam menjalankan perannya untuk memberi kontribusi bagi bangsa Indonesia, Telkomsel menggerakkan Indonesia melalui empat bidang utama CSR: Pendidikan, Kewarganegaraan Digital, Pemberdayaan Masyarakat, dan Filantropi.

 

  • Pendidikan

Seiring dengan kemajuan teknologi dan perkembangan dunia yang semakin cepat, tantangan pun tak henti-hentinya berubah sehingga untuk dapat berhasil mengatasinya, generasi muda tidak cukup hanya dibekali dengan pendidikan formal, namun juga perlu mendapatkan akses seluas-luasnya terhadap pendidikan informal ataupun kejuruan.

Untuk meningkatkan kapasitas dan mempersiapkan keahilan profesi generasi muda Indonesia di berbagai bidang, Telkomsel turut serta meningkatkan dan membuka akses bagi generasi muda Indonesia terhadap berbagai macam pendidikan berkualitas sehingga mereka dapat lebih cakap dan handal dalam bersaing di level kompetisi internasional.

Hal ini dilakukan Telkomsel dengan mengadakan IndonesiaNEXT, sebuah program sertifikasi yang bertujuan untuk meningkatkan kapasitas dan mempersiapkan keahlian profesi mahasiswa dalam menghadapi persaingan global yang lebih kompetitif. Dalam kegiatan tersebut, para peserta yang merupakan mahasiswa dari berbagai jurusan dan jenjang pendidikan perguruan tinggi dapat ikut serta dalam seminar inspiratif dan sesi kreatif.

Seminar inspiratif menghadirkan para pembicara dari praktisi bisnis yang telah sukses di bidangnya ini yang akan membuka wawasan peserta untuk memahami pentingnya peningkatan mutu dan kompetensi sumber daya manusia agar dapat berkompetisi dengan tenaga kerja berkelas dalam skala global.Sementara itu, sesi kreatif mengulas bidang peminatan, yang terbagi ke dalam kategori film, kuliner dan pariwisata, fashion, serta teknologi informasi (IT).

IndonesiaNEXT juga memberikan pelatihan dan ujian sertifikasi nasional maupun internasional untuk mendapatkan mendapatkan sertifikat keahlian yang dapat digunakan oleh para mahasiswa sebagai Surat Keterangan Pendamping Ijazah (SKPI), hingga kursus pendek di perusahaan digital kelas dunia yang akan lebih jauh membuka wawasan para generasi muda yang terpilih.

Dengan menyediakan akses terhadap pendidikan yang berkualitas dan bekal sertifikat, IndonesiaNEXT bertujuan bertujuan untuk mencetak generasi muda Indonesia yang semakin cakap dan kompeten untuk bersaing secara global di era digital. 


  • Kewarganegaraan Digital

Telkomsel secara konsisten mendorong penggunaan teknologi secara positif.  Salah satunya adalah dengan turut berkontribusi mengembangkan sistem pendidikan dan pembelajaran bagi generasi muda agar mereka dapat mendalami lebih jauh mengenai kemanusiaan, kebudayaan, dan isu-isu sosial yang berkaitan dengan praktek etika dan perilaku yang aman di dunia digital.

Untuk membangun karakter dan kualitas sumber daya manusia agar dapat memanfaatkan internet secara positif dan produktif seiring dengan penggelaran jaringan broadband sampai ke pelosok negara untuk mendukung gaya hidup digital masyarakat Indonesia, Telkomsel mengadakan kampanye #internetBAIK di berbagai wilayah Indonesia.

#internetBAIK merupakan sosialisasi dan edukasi cyber wellness mengenai pemanfaatan internet secara bertanggung jawab, aman, kreatif, dan inspiratif (BAIK) yang meliputi rangkaian aktivitas workshop yang ditujukan bagi segmen anak-anak dan remaja sebagai entry level pengguna internet, serta para orangtua dan guru yang berperan sebagai pengawas dan pendamping.

Dengan membekali masyarakat dengan pengetahuan mengenai penggunaan internet yang BAIK, Telkomsel berupaya untuk membangun ekosistem digital yang positif dan konstruktif, yang dapat memberikan nilai tambah untuk mendukung kewarganegaraan digital.

Selain itu, dengan gencarnya penggelaran jaringan untuk mendukung gaya hidup digital yang lebih efisien dan produktif, Telkomsel menaruh banyak perhatian pada perkembangan ekosistem digital di Indonesia salah satunya melalui The NextDev sebagai salah satu instrumen pelengkap ekosistem.   The NextDev mendorong kreativitas dan produktifitas komunitas developer muda Indonesia melalui sebuah kompetisi pembuatan aplikasi oleh start-up dengan fokus utama berupa aplikasi Smart City dan Smart Urban. Aplikasi digital yang dikembangkan harus menyajikan solusi dari berbagai masalah-masalah tertentu di perkotaan dan sekitarnya, sehingga pada akhirnya dapat memberikan dampak sosial positif bagi masyarakat.

Kolaborasi mutual sangat krusial untuk melahirkan aplikasi Smart City yang berkelanjutan. TheNextDev sebagai sebuah platform bagi developer muda,  selain memberikan pelatihan untuk mengasah kemampuan teknis maupun soft skill, mulai dari teknik melakukan coding, kemampuan pemasaran hingga kemampuan berkomunikasi, juga menjembatani mereka kepada pemangku kepentingan yang terkait, seperti pemerintah, akademisi, komunitas terkait, media, serta investor dan pihak swasta lainnya.

Telkomsel sebagai perwakilan industri mendedikasikan diri untuk menggiatkan para developer untuk untuk memberikan kontribusi positif dalam memecahkan berbagai masalah yang ada di kota dengan menggunakan teknologi informasi.

Telkomel juga berkomitmen untuk memberikan  dukungan dalam implementasi Smart City di Indonesia dengan mengintegrasikan teknologi dalam berbagai aspek diantaranya tata kelola, kependudukan, kesehatan, pendidikan dan transportasi. Hal ini diwujudkan dengan bekerjasama dengan LAPI (Lembaga Afiliasi Penelitian dan Industri) Institut Teknologi Bandung (ITB) mengembangkan konsep Smart City di Bogor dan Bekasi, Jawa Barat.

Proses kajian, pengembangan, dan implementasinya dilakukan dalam rangka mendorong terwujudnya konsep ideal Smart City di kota-kota di Indonesia. Kedua pihak telah melakukan proses kajian, pengembangan, dan implementasi Smart City dalam bentuk platform Smart City, Patriot Operation Center, instalasi perangkat lunak (software) dan perangkat keras (hardware), serta aplikasi Sorot.

 

  • Pemberdayaan Masyarakat

Dengan operasi perusahaan yang dilakukan di berbagai lokasi di Indonesia, hingga ke daerah pelosok dan perbatasan, Telkomsel selalu mengedepankan kemanfaatan dari kehadirannya di berbagai lokasi tersebut.

Untuk itu Telkomsel mendukung pengembangan potensi masyarakat dan usaha lokal yang dilakukan melalui penyediaan infrastruktur utama, memperkuat keterampilan dan sumber daya melalui pelatihan dan pendampingan komuntas, meningkatkan akses terhadap pasar dan modal, dan meningkatkan value chain lokal.

Berbagai program pemberdayaan bagi masyarakat ini dilakukan dengan berkolaborasi dengan berbagai pemangku kepentingan terkait, mengajak partisipasi aktif dari berbagai pihak untuk memberikan manfaat yang positif bagi lingkungannya.

 

  • Filantropi

Telkomsel aktif terlibat dalam berbagai kegiatan sosial yang kemanfaatannya ditujukan untuk masyarakat luas. Dengan operasi perusahaan yang berlangsung di seluruh Indonesia, termasuk pulau terluas dan daerah perbatasan, Telkomsel memahami pentingnya hubungan timbal balik yang baik dengan masyarakat setempat.

Oleh karena itu melalui berbagai aktivitas yang dilakukan, kami berharap agar hal tersebut dapat memberikan dampak yang positif bagi masyarakat, dan memberikan nilai tambah bagi perusahaan kami untuk dapat terus berkonrtibusi pada negeri. Melalui berbagai kegiatan sosial kami mendukung pemerintah daerah untuk mengatasi berbagai permasalahan sosial, pendidikan dan ekonomi di daerah tersebut.  

 

Tag : CSR