Telkomsel Umumkan 20 Aplikasi Smart City & Smart Urban Terbaik The NextDev 2017 | Telkomsel
BAGIKAN

Telkomsel Umumkan 20 Aplikasi Smart City & Smart Urban Terbaik The NextDev 2017

Article
Telkomsel Announces The NextDev 2017’s 20 Best Smart City & Smart Urban Applications

Jakarta, 27 Oktober 2017 Bertepatan dengan momen Hari Sumpah Pemuda, Telkomsel mengumumkan 20 finalis The NextDev 2017 yang akan bersaing dalam putaran final. Keduapuluh finalis yang merupakan startup lokal dari berbagai daerah di Indonesia ini hadir dengan solusi inovatif yang berhasil menyisihkan sekitar 1.700 peserta lainnya yang telah terdaftar dalam kompetisi The NextDev 2017 sejak bulan Juli sampai dengan Oktober 2017.  

Vice President Corporate Communications Telkomsel Adita Irawati mengatakan, “Momen Sumpah Pemuda tahun ini kami gunakan untuk mempertegas kembali tema The NextDev yaitu ‘Karya Anak Bangsa untuk Solusi Indonesia’. 20 finalis yang kami umumkan hari ini adalah anak-anak muda Indonesia yang berkarya dan berkreasi memanfaatkan teknologi, guna memberikan dampak sosial positif di tengah-tengah masyarakat.

Lebih lanjut Adita menambahkan bahwa di tahun ketiga pelaksanaan The NextDev, terlihat antusiasme yang sangat tinggi dari anak muda Indonesia untuk berkontribusi terhadap perubahan yang lebih baik melalui karya yang mereka lahirkan. Submisi dari peserta kali ini berasal dari beragam lokasi mulai dari  kabupaten Aceh Barat, kota Jakarta, hingga kabupaten Luwu, Sulawesi Selatan dan kota Jayapura. Sebagai penyedia layanan broadband hingga ke pelosok, tentunya Telkomsel melihat hal ini sebagai sinyal positif bahwa ekosistem digital tumbuh di berbagai lokasi di Indonesia.

Telkomsel Umumkan 20 Aplikasi  Smart City & Smart Urban Terbaik The NextDev 2017

Dalam menentukan 20 peserta terbaik, sebelumnya para juri telah melakukan penilaian dari seluruh aplikasi yang masuk, dan mengerucut kepada 100 aplikasi terbaik. Setelah itu dilakukan penilaian berdasarkan lima komponen, yaitu: problem, solution, business model, readiness level dan visualization. Dalam komponen problem, peserta dinilai berdasarkan konteks permasalahan sosial yang ingin dipecahkan, komponen solution menilai keterkaitan antara produk aplikasi/web  sebagai sebuah solusi dengan dampak sosial bagi masyarakat yang dihadirkan, komponen business model menilai desain dari bisnis untuk melihat potensi keberlanjutan startup kontestan di masa depan, komponen readiness level menilai tingkat kesiapan aplikasi startup, sedangkan komponen visualization menilai tampilan pitch deck dan prototype aplikasi/web.

Para finalis yang lolos ke tahap top 20 ini dinilai oleh juri-juri yang merupakan praktisi dan pakar berpengalaman sesuai dengan sub tema yang ditentukan dalam The NextDev 2017, yaitu agrikultur, kesehatan, pendidikan, dan transportasi. Selanjutnya para finalis akan mengikuti kegiatan mini bootcamp pada 19 November 2017, dimana mereka akan memperoleh UI/UX Technical workshop, Go To Market workshop, dan Pitching Investment workshop. Setelah mini bootcamp, para finalis akan mengikuti tahapan seleksi final yaitu Final Pitching di hadapan para juri serta Investor Meet Up dimana mereka akan dipertemukan dan berinteraksi dengan berbagai investor.

Pada tahapan seleksi final ini pada akhirnya akan dipilih empat tim terbaik sebagai pemenang The NextDev 2017, yang akan memperoleh hadiah utama berupa 7M, yakni Market Access (akses pasar), Marketing (publisitas), Mentoring (pelatihan dan pendampingan), Management Trip (study visit ke pelaku industri telekomunikasi di luar negeri), Money (uang tunai), Monetizing (peluang besar untuk memperoleh pendapatan melalui kolaborasi dengan stakeholder terkait), dan Match Expert (perekrutan profesional sesuai dengan kebutuhan untuk pertumbuhan bisnis startup).

Telkomsel Umumkan 20 Aplikasi  Smart City & Smart Urban Terbaik The NextDev 2017

“Kami berharap finalis-finalis yang lolos ke tahap top 20 The NextDev 2017 ini dapat menjadi inspirasi bagi lebih banyak lagi anak muda Indonesia dimanapun mereka berada. Ini adalah anak-anak muda yang mampu mewujudkan imajinasi dan ide mereka melalui pemanfaatan teknologi yang positif untuk membentuk masa depan Indonesia yang lebih baik”, tutup Adita.

Telkomsel Umumkan 20 Aplikasi  Smart City & Smart Urban Terbaik The NextDev 2017