Siapkah Kamu Menghadapi Era Baru Media Sosial? | Telkomsel
BAGIKAN

Siapkah Kamu Menghadapi Era Baru Media Sosial?

Article
Siapkah Kamu Menghadapi Era Baru Media Sosial?

Siapkah Kamu Menghadapi Era Baru Media Sosial?

 

Jika kamu sering melihat video dengan logo TikTok di berbagai media sosial, kamu tidak sendirian. Ya, TikTok tak ubahnya fenomena saat ini. TikTok tercatat sudah diunduh lebih dari 1 miliar kali di seluruh dunia dan memiliki lebih dari 625 juta pengguna aktif. Tidak heran jika saat ini banyak sekali konten TikTok, seperti joget ubur-ubur, membanjiri berbagai media sosial.

Meroketnya TikTok saat ini bisa dibilang menjadi penanda era baru bagi media sosial. Kehadiran TikTok membuktikan bahwa platform jejaring sosial berbasis video pendek bisa memiliki kesempatan besar untuk bersanding dengan Facebook, Instagram, Twitter, hingga Snapchat.

Bahkan, Evan Spiegel, CEO Snap (induk perusahaan Snapchat), menganggap TikTok memiliki potensi kuat untuk tumbuh lebih besar dari Instagram. TikTok juga dianggap bisa menghasilkan engagement yang jauh lebih tinggi dibanding Instagram. Sebagaimana kita ketahui, Instagram punya fitur Stories yang kurang lebih memberikan pengalaman serupa TikTok.

TikTok pun tak sendirian. Saat ini, ada beberapa nama platform jejaring sosial berbasis video pendek yang telah muncul ke permukaan. Salah satunya adalah Tangi. Platform tersebut dibuat oleh Area 120, proyek inkubasi milik Google. Ia memungkinkan pengguna untuk berbagi konten video dengan durasi sekitar 1 menit.

Lalu, ada Byte yang dibuat oleh Dom Hofmann, co-founder Vine. Byte sendiri memang disebut sebagai ‘reinkarnasi’ dari Vine karena sama-sama memungkinkan pengguna untuk mengunggah video pendek dengan durasi enam detik. Bahkan, Facebook pun punya platform serupa dengan nama Lasso. Walau sekarang belum mencuri perhatian, bukan tidak mungkin Tangi, Byte, dan Lasso  akan menjadi fenomena tersendiri di Tanah Air di kemudian hari.

Di Indonesia sendiri, TikTok mencatat setiap harinya para TikToker, sebutan untuk pengguna aplikasi tersebut, dapat menonton hingga 100 video dalam sehari. Jika dirata-rata, TikToker di Tanah Air bisa menghabiskan waktu sekitar 29 menit per harinya untuk bermain TikTok.

Meroketnya antusiasme pengguna internet di Indonesia terhadap TikTok sebagai platform jejaring sosial berbasis video pendek berjalan lurus dengan kualitas pengalaman streaming video melalui ponsel di Tanah Air.

Siapkah Kamu Menghadapi Era Baru Media Sosial?

Berdasarkan laporan OpenSignal pada November 2019, Indonesia mendapat Video Experience Score sebesar 51,3, meningkat dari torehannya pada 2018 yakni 46,3. Hal tersebut membuat Indonesia menduduki peringkat 74 dari 100 negara yang dianalisis dan tergolong dalam kategori Fair bersama Amerika Serikat hingga Malaysia.

Makin melejitnya kebiasaan para pengguna di era baru sosial media ini, maka dibutuhkan juga konektivitas jaringan yang handal untuk menunjang produktivitas dan kreativitas pengguna dalam membuat konten video di berbagai aplikasi tersebut.

Sebagai digital telco company yang berkomitmen untuk mendukung gaya hidup digital para pelanggannya, Telkomsel pun turut meningkatkan kualitas pengalaman video seluler bagi pengguna. Laporan OpenSignal pada Desember 2019 mencatat Telkomsel mengalami peningkatan skor sebesar 4,5 poin menjadi 58,8 dalam kategori Video Experience.

Pencapaian tersebut tidak terlepas dari penguatan dari sisi infrastruktur serta produk dan layanan yang ditawarkan Telkomsel kepada pengguna. Saat ini, Telkomsel telah memiliki lebih dari 209.000 BTS di seluruh Indonesia sebagai pondasi untuk menghasilkan pengalaman penggunaan internet terdepan bagi konsumen.

Lebih lanjut, Telkomsel juga telah meluncurkan by.U sebagai layanan seluler prabayar digital pertama di Indonesia. Dengan by.U, kamu bisa menentukan berapa besar kuota internet utama maupun kuota internet tambahan yang ingin kamu beli dengan mudah melalui aplikasi by.U. Kalau kamu ingin tahu lebih lanjut tentang by.U, kamu bisa download aplikasinya di Google Play Store maupun App Store secara gratis.

Selain by.U yang mampu mendukung gaya hidup digital kamu, Telkomsel juga telah menyiapkan berbagai paket internet yang siap memberikan pengalaman terbaik menonton video, mendengarkan musik, hingga bermain game melalui jaringan 4G terdepan dari Telkomsel. Ada Paket OMG!, Kuota Keluarga, sampai Paket MAXstream yang bisa kamu aktifkan melalui aplikasi MyTelkomsel dan UMB di *363#.

Jadi, yuk persiapkan diri kamu menghadapi era baru media sosial dengan jaringan terdepan dan terluas dari Telkomsel!