Ragam Cerita Dunia Games yang Bikin Industri Gaming Lebih Gemilang | Telkomsel
BAGIKAN

Ragam Cerita Dunia Games yang Bikin Industri Gaming Lebih Gemilang

Article
Ragam Cerita Dunia Games yang Bikin Industri Gaming Lebih Gemilang

Mengoptimalkan perannya sebagai enabler, Telkomsel melalui Dunia Games berupaya untuk senantiasa mendukung perkembangan industri game nasional. Komitmen tersebut pun telah berulang kali dibuktikan melalui penyelenggaraan turnamen berskala nasional dan sejumlah inovasi yang dapat mengakselerasi industri tersebut.

 

Telkomsel percaya bahwa industri gaming dan esports Indonesia memiliki pontensi yang besar untuk terus tumbuh dan menjadi salah satu kekuatan ekonomi digital nasional di masa depan. Nah, bicara mengenai dukungan terhadap industri gaming dan esports Indonesia, Dunia Games sejak didirikan oleh Telkomsel pada 2013 silam terus berkontribusi untuk kemajuan ekosistem gaming di Indonesia.

 

Lalu apa saja sih yang sudah dilakukan oleh Dunia Games dalam mengakselerasikan ekosistem gaming di Tanah Air? Simak perjalanannya melalui artikel di bawah ini.

 

6 Pilar Dunia Games

Tak kenal maka tak sayang. Sebelum kita membahas 6 pilar Dunia Games, ada baiknya kita berkenalan lebih dulu dengan Dunia Games. Apa itu Dunia Games? Dunia Games merupakan game portal dan media platform terbesar di Indonesia. Dunia Games hadir dengan sejumlah layanan unggulan yang siap memanjakan gamer di Indonesia, mulai dari artikel, game review, video, tips, kompetisi game, sampai pembelian voucher game pun bisa dilakoni di Dunia Games.

Sejak pertama berdiri hingga sekarang, Dunia Games selalu fokus mengakselerasi pertumbuhan ekosistem gaming Indonesia melalui 4 pilar utama, yang kini jumlahnya bertambah menjadi 6 pilar. Adapun enam pilar yang dimaksud antara lain Platforms, Media, Publishing, Payments, Esports, dan Events. Untuk lebih jelasnya, simak informasinya di bawah yah.

 

  • Platforms

Menjalankan pilar Platforms, Dunia Games selalu menghadirkan ragam berita dan informasi seputar gaming dan esports, baik dari dalam maupun luar negeri dengan lebih dari 15.000 artikel di dalamnya. Semua artikel tadi dikemas secara lugas dan menarik yang dapat diakses melalui aplikasi Android dan iOS atau melalui website www.duniagames.id. Hingga saat ini Dunia Games telah mencatat angka unduhan aplikasi di lebih dari 1 juta download dengan jumlah pengguna aktif di website mencapai 16 juta user dan 47 ribu user melalui aplikasi setiap bulannya. Mantap betul!

 

  • Media

Informasi seputar industri gaming dan esports nggak melulu dikemas dalam bentuk artikel atau berita. Bosen banget kan kalau begitu? Makanya nih, Dunia Games juga melakukan ekspansi ke sejumlah media lain, termasuk media sosial, seperti Instagram, Facebook, dan TikTok, serta nggak ketinggalan platform video ternama, YouTube. Ada banyak variasi konten yang bisa kamu dapatkan sesuai preferensi.

Di Instagram, akun @duniagames.co.id telah berhasil menggaet 403K followers. Nggak kalah dari Instagram, fan page Dunia Games di Facebook kini telah dihinggapi 994K followers. Begitu pula dengan akun TikTok-nya yang sudah berhasil menghimpun 1,3 juta followers dan channel YouTube dengan jumlah 572.000 subscribers.

 

Baca Juga: Tips Nyaman Bermain Mobile Games

 

  • Payments

Di samping menjadi platform penyedia informasi seputar gaming dan eSports, Dunia Games juga berupaya untuk menjadi payment gateway bagi sejumlah layanan hiburan di Indonesia. Hal ini sejalan dengan komitmen Telkomsel untuk senantiasa menghadirkan kemudahan bagi masyarakat dalam melakukan pembelian (top up) aplikasi dan konten game digital.

Masyarakat nggak perlu khawatir dengan mekanisme pembayaran, karena semua konten di Dunia Games bisa di-top up melalui sistem Direct Carrier Billing (DCB) menggunakan mekanisme pemotongan pulsa atau pembayaran melalui E-Wallet dan Quick Response Indonesia Standard (QRIS). Gampang banget kan?

 

  • Esports

Industri eSports di Indonesia mengalami perkembangan yang sangat signifikan dari tahun ke tahun. Berbagai jenis pertandingan eSports pun kerap diadakan, mulai dari tingkat daerah, nasional, hingga berskala internasional. Seolah nggak mau ketinggalan, Dunia Games pun kerap menyelenggarakan lebih dari 500 turnamen dan pertandingan eSports bergengsi di Indonesia, di antaranya Dunia Games League, Indonesia Games Championship, dan Dunia Games Waktu Indonesia Bermain. Semua pertandingan-pertandingan itu berhasil menyedot perhatian para gamer di Tanah Air dengan menghadirkan lebih dari 500 ribu partisipan, lebih dari 5 juta penonton, dan lebih dari 11 juta jam nonton.

 

Baca Juga: Gelaran Dunia Games League Siap Memajukan Ekosistem Games di Indonesia

 

  • Events

Di samping rutin menyelenggarakan pertandingan eSports berskala nasional, Dunia Games juga menghadirkan kegiatan festival dan hiburan untuk komunitas gamer di Indonesia yang diwujudkan melalui event Dunia Games Festival 2021. Melalui event yang diadakan secara virtual itu, Dunia Games menghadirkan rangkaian acara seminar interaktif dengan menggaet puluhan expert untuk membahas perkembangan mengenai ekosistem gaming dan eSports di Indonesia.

Selain DG Festival 2021, Dunia Games juga membuat acara penghargaan yang bernama Dunia Games Awards 2021. Acara ini dibuat dengan maksud untuk memberikan apresiasi terhadap capaian prestasi industri game di Indonesia, termasuk di dalamnya gamer, publisher dan pengembang game lokal, eSports organizer, hingga content creator.

 

  • Publisher

Menjalankan fungsinya sebagai publisher atau penerbit game, Dunia Games memiliki komitmen untuk menjadi wadah dan memberikan dukungan kepada komunitas game dan pegiat game mobile di Indonesia, termasuk developer game lokal. Hingga saat ini telah menerbitkan sejumlah game yang berasal dari berbagai genre game yang berbeda, di antaranya ShellFire, Lord of Estera, Rise of Nowlin, Kolak Express 3, Three Kingdoms: Quest of Infinity, serta game karya anak bangsa, Lokapala. Semua game yang diterbitkan oleh Dunia Games disesuaikan dengan minat para penikmat mobile game di seluruh Indonesia.

 

Berkontribusi Mengharumkan Nama Bangsa

 

Gaes, kalian udah pada tahu belum sih kalau Indonesia menoreh cukup banyak prestasi di ajang SEA Games Vietnam 2021 pada cabang olahraga elektronik atau eSports? Nah, di antara sekian banyak atlet eSports Indonesia yang berlaga di ajang tersebut, ada salah satu atlet yang berasal dari tim DG Esports nih.

 

Ya, DG Esports merupakan tim esport yang berada di bawah naungan Dunia Games yang terbentuk sejak 2017 silam. DG Esports memiliki 5 divisi game yang terdiri dari berbagai genre game, di antaranya PUBGM, Mobile Legends, Free Fire, Call of Duty Mobile, dan Arena of Valor. Sejak pertama kali terbentuk, DG Esports bahkan telah berkontribusi penuh dalam mengharumkan nama bangsa lho.

 

Baca Juga: Perwakilan DG Esports Dunia Games Telkomsel Sukses Hantarkan Indonesia Membawa Medali Perak di Ajang SEA Games Vietnam 2021

 

Sebut saja andilnya sebagai tim esports pertama yang menjuarai Call of Duty Mobile (CODM) Major Series, sebuah pertandingan kompetisi CODM paling bergengsi di Indonesia yang diselenggarakan oleh Garena Indonesia, hingga berkesempatan untuk menjadi wakil Indonesia untuk bertanding di level internasional. Nggak cuma itu, salah satu atlet DG Esports, yakni DG Reeva atau Muh. Fikri Alief Pratama, sukses mendorong Timnas Rajawali untuk meraih medali perak pada cabang esports di ajang SEA GAMES 2021 di Vietnam untuk pertandingan Free Fire. Tentunya, pencapaian yang diraih oleh DG.Reeva ini menjadi sebuah kebanggaan tersendiri bagi Dunia Games, khususnya Telkomsel dalam mewujudkan komitmennya untuk mengasah bakat talenta muda dan mengukir prestasi di industri esports dan gaming skala internasional. Selamat yah!

 

Semua torehan yang disebutkan di atas menjadi satu catatan kecil perjalanan Dunia Games dalam mengakselerasikan ekosistem gaming dan esports di Indonesia. Ke depan, Telkomsel melalui Dunia Games akan terus memperkuat ekosistem esports dan pertumbuhan industri game di Indonesia dengan memanfaatkan solusi teknologi terintegrasi guna mendorong kemajuan ekonomi kreatif nasional.