Mimpi Moses Angkat Potensi Mahasiswa di Indonesia Timur | Telkomsel
BAGIKAN

Mimpi Moses Angkat Potensi Mahasiswa di Indonesia Timur

Article
Mimpi Moses Angkat Potensi Mahasiswa di Indonesia Timur

Pernah kebayang nggak kehilangan ibunda tercinta saat sedang mengejar cita-cita? Itulah yang dialami Moses Johanes Febrian Manuputty saat mengikuti program IndonesiaNEXT Season 5. Moses adalah mahasiswa jurusan Matematika di Universitas Cenderawasih Jayapura.

 

Dengan mendaftarkan diri di program IndonesiaNEXT, ia ingin mencari pengalaman sekaligus meningkatkan soft skill dan hard skill, seperti communication skill dan Microsoft Excel. Selain itu, masih ada banyak benefit lainnya seperti sertifikat internasional yang menurut Moses sangat dibutuhkan para mahasiswa untuk bekerja di masa depan.

 

Ada serangkaian program IndonesiaNEXT yang diikuti Moses, mulai dari inspiring webinars, area bootcamp, hingga national qualification panel. Semuanya diikuti Moses dengan penuh semangat dan perjuangan tak kenal lelah. Ia percaya, mengikuti program yang berlangsung selama berbulan-bulan ini bisa meningkatkan kemampuan dan kompetensinya untuk bersaing di dunia kerja.

 

Baca Juga: IndonesiaNEXT Season 5 Siap Lahirkan Talenta Digital Tangguh Demi Wujudkan Indonesia Tumbuh

 

Mengikuti IndonesiaNEXT bukan pengalaman yang mudah bagi Moses. Saat hari kualifikasi, Ia kehilangan sosok seorang ibu. Moses yang tadinya menyiapkan presentasi harus mengikuti proses pemakaman sang ibu. Ia sempat ingin mundur karena sedang berduka. Meski merasa sangat sedih dan lelah, Ia tidak mau menyerah. Moses merasa perlu memberikan yang terbaik di kondisi apapun dan tetap melanjutkan proses kualifikasi.

 

Saat diumumkan menjadi Best of The Best Talent di IndonesiaNEXT Season 5, Moses merasa sangat terharu. Ia tidak menyangka perwakilan dari Indonesia Timur bisa jadi salah satu yang terbaik, bersaing dengan belasan ribu peserta lainnya dari seluruh Indonesia. Ia sangat bahagia karena bisa mengharumkan nama daerah, universitas, dan membanggakan orang tua meskipun tidak bisa ditemani oleh sang ibu.

 

Ia sendiri ingin menjadikan IndonesiaNEXT sebagai batu pijakan untuk mengejar cita-cita sebagai seorang data scientist sekaligus menggapai mimpi besarnya. Di masa yang akan datang, ia ingin membangun bootcamp pelatihan untuk meningkatkan potensi dan keterampilan digital generasi penerus bangsa di wilayah Indonesia Timur, khususnya Papua.

 

“Kita sebagai generasi penerus bangsa harus tetap bergerak maju dalam kondisi apapun. Saya harap prestasi saya di IndonesiaNEXT Season 5 ini dapat jadi motivasi untuk teman-teman yang lain, terutama di wilayah Indonesia Timur, agar terus percaya diri dan semangat dalam berjuang,” ungkap Moses.

 

Baca Juga: Tips 5E dan 4F dari Handry Satriago untuk Jadi Leader yang Baik

 

IndonesiaNEXT adalah program pengembangan kompetensi untuk  meningkatkan kemampuan dan talenta para mahasiswa/i agar siap bersaing di dunia kerja yang semakin kompetitif. Dalam waktu dekat kamu bisa mengikuti program IndonesiaNEXT Season 6! Jangan sampai ketinggalan, cek informasi selengkapnya di https://indonesianext.id dan follow Instagram @indonesia_next.