Feedloop, Startup yang Bikin UKM Makin Terbantu dengan Platform Tanpa Kode | Telkomsel
BAGIKAN

Feedloop, Startup yang Bikin UKM Makin Terbantu dengan Platform Tanpa Kode

Article
Feedloop, Startup yang Bikin UKM Makin Terbantu dengan Platform Tanpa Kode

Kamu ngerasa dagangan atau jasa kamu sepi pelanggan? Mau tau nggak gimana caranya usaha kamu makin moncer? Nggak perlu repot-repot pergi ke gunung atau hutan buat minta wangsit, kamu hanya perlu manfaatin platform berbasis teknologi digital, seperti yang dikembangkan oleh Feedloop.

 

Baru-baru ini Telkomsel melalui unit modal ventura Telkomsel Mitra Inovasi (TMI) melakukan pendanaan Pre-Series A kepada Feedlop. Mengapa Telkomsel berani berinvestasi di Feedloop? Seperti apa kehebatan Feedloop dan apa saja produknya? Simak terus ceritanya di bawah ini ya.

 

Tentang Feedloop

 

Berdiri pada 2018 lalu, Feedloop didirikan oleh tiga sekawan, yakni Ronaldi Kurniawan, Ahmad Rizqi Meydiarso, dan Muhammad Ajie Santika. Feedloop merupakan startup yang bergerak di bidang SaaS (Software as a Service) yang dikenal mengembangkan produk No Code Development Platform (NCDP) atau platform tanpa kode.

 

Platform ini diciptakan untuk membantu sektor korporasi serta usaha kecil dan menengah (UKM) dalam membuat sebuah aplikasi tanpa harus memiliki keahlian coding. Dengan bantuan NCDP, pelaku usaha bisa menciptakan aplikasi sendiri nggak pakai lama, bahkan bisa dalam hitungan hari. Keren kan?

 

Baca Juga: Mengenal Lebih Dekat Pengembangan Ekosistem Startup melalui The NextDev, Tinc, dan TMI

 

Saat ini, Feedloop memiliki dua produk unggulan, yakni Qore dan Customer Data and Experience Platform (CDXP). Qore memungkinkan pengguna untuk membuat aplikasinya sendiri tanpa perlu memahami bahasa pemograman atau memiliki keahlian coding. Sementara CDXP ditujukan untuk mengkombinasikan Customer Big Data dari berbagai channel yang kemudian dikelola oleh kapabilitas marketing modern.

 

Nah, meski baru berdiri sekitar tiga tahun, Feedloop sudah dipercaya untuk meng-handle sejumlah perusahaan besar, di antaranya Bank Rakyat Indonesia (BRI), Paragon Technology and Innovation, Accenture Indonesia, dan GIZ Indonesia. Feedloop juga dipercaya sebagai national partner oleh Kementerian Komunikasi dan Informasi (Kemenkominfo) dalam Gerakan Nasional 1000 Startup Digital untuk membantu para founder startup dalam membangun aplikasi siap pakai dengan waktu kurang lebih satu bulan.

 

Pendanaan dari TMI

 

Sebagai perusahaan ventura, TMI punya komitmen untuk mendorong transformasi digital pelaku UKM. Bak gayung bersambut, komitmen ini sejalan dengan Feedloop yang berusaha untuk menjadi digital enabler bagi pelaku usaha dalam memajukan bisnis melalui teknologi yang dikembangkan.

 

Berangkat dari semangat tersebut, TMI memutuskan untuk memberi pendanaan strategis kepada Feedloop. Investasi ini memacu semangat tim Feedloop untuk menghadirkan digitalisasi layanan di sektor korporasi dan pelaku usaha dan mengakselerasi terwujudnya misi besar Feedloop, yakni melakukan pemerataan transformasi digital di seluruh Indonesia.

 

Dengan adanya strategic investment Pre-Series A ini, Feedloop akan terus mengembangkan solusi berbasis teknologi yang mampu membuka peluang bagi pelaku usaha untuk meningkatkan potensi bisnisnya dan melayani lebih banyak sektor enterprise. Selain itu, Feedloop juga ingin mendorong pembangunan teknologi dan produk, merekrut sumber daya manusia, serta membangun jaringan distribusi untuk pemasaran platform-nya, nggak hanya di Indonesia, tapi juga di kawasan Asia Tenggara.

 

Sementara itu, dari kaca mata TMI pendanaan strategis ini akan dijadikan kesempatan untuk mengembangkan lagi platform NCDP, yang nantinya dapat dimanfaatkan oleh pelaku UKM untuk bisa meluncurkan aplikasi mereka sendiri dengan mudah hanya dalam hitungan hari dan dapat mendorong pelaku UKM untuk segera masuk ke dalam ekosistem digital seperti yang diharapkan juga oleh pemerintah.

 

Baca Juga: Meet Marlin R. Siahaan, Chief Executive Officer at TMI

 

Rencana ke Depan

 

Sebagai langkah awal kerjasama, Telkomsel dan Feedloop akan sama-sama mengembangkan CDXP. Rencananya, platform tersebut akan disiapkan dalam rangka membantu proses akselerasi transformasi digital di semua sektor, termasuk untuk mendukung unit bisnis Badan Usaha Milik Negara (BUMN).

 

Tidak hanya itu, Telkomsel dan Feedloop juga akan mengembangkan CDXP untuk PT Pegadaian dalam memahami kebutuhan pelanggannya dengan lebih baik. Feedloop juga akan membangun aplikasi HRIS di Bank Aceh yang akan dipakai untuk mendigitalisasikan proses kerja di bank tersebut.

 

Kemudian, dengan memanfaatkan Qore, Telkomsel dan Feedloop akan membangun dan menyediakan layanan dan aplikasi market-ready yang akan melayani UKM serta membantu mereka tumbuh dan bisa go digital dengan bisnisnya.